Wow! Kalkun raksasa Yang Bisa Terbang pernah ada di Australia

AsalasahAhli palaeontologi Universitas Flinders mengklaim spesies kalkun raksasa yang bisa terbang pernah ada di negara ini menyusul penemuan fosil dan tulang yang dikumpulkan dari seluruh Australia.

Mereka mengklaim spesies itu adalah dari kelompok kalkun jenis Mallefowl dan Brush yang ada sekarang.

Analisis yang dilakukan juga menemukan mereka dengan fosil dan tulang lima spesies burung yang telah punah.

Kalkun raksasa setinggi kanguru itu hidup pada zaman Pleistosen yaitu antara 1,6 juta tahun dan 10.000 tahun lalu bersama hewan raksasa lain seperti diprotodon, singa dan kanguru muka pendek.

Pada awalnya para ilmuwan mengira fosil yang pertama kali ditemukan pada tahun 1880-an itu adalah seekor burung purba tetapi hasil tes terbaru menyimpulkan fosil itu adalah milik lima spesies burung.

Di antaranya terdapat kalkun seberat delapan kilogram yaitu empat kali lebih besar dibandingkan ukuran kalkun sekarang selain memiliki ketinggian sekitar 1,3 meter, melebihi ketinggian seekor kanguru.

"Penemuan kali ini adalah luar biasa karena memberi informasi kepada kita bahwa lebih dari setengah dari kalkun Australia telah punah selama zaman Pleistosen tetapi kita tidak menyadarinya sampai sekarang," kata peneliti, Elen Shute.

Menurut dia, hasil penelitian terhadap fosil pada tahun 1880-an dan 1970-an dan spesimen yang ditemukan baru-baru ini turut memberi lebih penjelasan tentang perbedaan antara spesies itu.

Hasilnya mereka menemukan spesies burung terlibat dibagi menjadi dua kategori yaitu 'kalkun tinggi' yang memiliki kaki panjang dan kurus dan 'kalkun berisi' yang memiliki kaki pendek dan tubuh lebar.

Meskipun ukuran kalkun itu besar namun ia memiliki tulang sayap yang kuat dan panjang sehingga menunjukkan unggas itu mampu terbang dan mungkin tidur di atas pohon dibandingkan spesies sekarang yang membangun sarang untuk mengerami telurnya.  

Asalasah | Sumber: https://m.utusan.com.my/berita/luar-negara/ayam-belanda-gergasi-pernah-wujud-di-australia-1.493353