Yuk Coba 4 BISNIS MUSIMAN Ini Untuk Tambahan Uang Saku

AsalasahTak terasa bulan Ramadan sudah berjalan hampir dua pekan. Tidak sedikit kalangan yang memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan.

Maklum, pada musim perayaan seperti saat ini, begitu terbuka peluang usaha yang laris manis dan digemari pembeli. Utamanya yang berkaitan dengan makanan dan minuman.

Bila Anda masih ingin memanfaatkan momentum bulan perayaan ini untuk mendulang untung usaha, masih ada banyak ide bisnis yang bisa Anda jalankan menjelang berlangsungnya tradisi mudik dan perayaan Lebaran nanti.

Berikut ini beberapa inspirasi bisnis seputar Lebaran dan tradisi mudik, berdasarkan riset Halomoney.co.id:

1. Berjualan perlengkapan mudik

Mudik menjadi tradisi tahunan khas masyarakat Indonesia sekian lama. Jutaan perantau di kota-kota besar berduyun-duyun pulang ke kampung halaman.

Ada yang memakai transportasi publik seperti kereta api, bus, pesawat terbang, juga kapal laut. Ada juga yang memilih mudik memakai kendaraan pribadi.

Mudik bisa menghabiskan waktu lebih dari sehari bila tempat tujuan memang cukup jauh. Di sinilah muncul peluang bisnis dari berjualan serba serbi perlengkapan mudik.

Misalnya, berjualan kasur mobil supaya anggota keluarga yang ikut mudik bisa beristirahat di dalam mobil, atau bisa juga berjualan tas bepergian untuk mengangkut keperluan mudik.

2. Menjual bingkisan Lebaran

Ketika datang Lebaran, banyak orang yang saling memberi ucapan selamat dalam bentuk bingkisan seperti hampers atau parcel.

Biasanya, pengiriman bingkisan seperti ini dilakukan oleh kalangan yang terhubung karena urusan pekerjaan atau pada kerabat yang jauh. Anda bisa menjajaki peluang penjualan bingkisan Lebaran ini.

Anda bisa memproduksi sendiri atau menjadi reseller. Memproduksi sendiri akan memungkinkan Anda meraih untung lebih besar. Tapi, Anda juga harus siap merogoh modal lebih banyak dan menyiapkan strategi pemasaran yang jitu.

3. Menyewakan mobil untuk mudik

Masih berkaitan dengan kebutuhan mudik. Banyak orang yang memutuskan mudik memakai kendaraan pribadi karena tidak kebagian tiket pulang. Namun, tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi sendiri. Ini adalah peluang bagi Anda membuka jasa penyewaan mobil untuk mudik.

Bisnis ini cukup menguras modal dan risikonya besar. Namun, bila Anda saat ini memiliki kendaraan pribadi yang tidak terpakai, mengapa tidak coba Anda tawarkan pada calon penyewa? Untuk pengelolaan risiko, Anda bisa meminimalisasi dengan meminta jaminan yang sepadan pada penyewa.

4. Menjual kue Lebaran

Perayaan Lebaran kurang lengkap tanpa kehadiran kue-kue kering khas Lebaran. Anda bisa menjajaki peluang bisnis yang pasti ramai pembeli ini.

Bila Anda punya keahlian membuat kue, cobalah memulai usaha kecil dengan target pasar teman-teman sendiri atau komunitas yang Anda ikuti.

Bagaimana bila kita tidak memiliki keahlian membuat kue kering sendiri? Anda masih bisa menjadi reseller kue dengan berbelanja di pusat grosir kue. Atau, menggandeng teman atau keluarga yang pandai membuat kue dan mengurus penjualannya juga bukan ide yang buruk.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2984756/4-ide-bisnis-yang-pasti-laris-manis-saat-lebaran?HouseAds&campaign=Ramadan2017_Home_STM