11 Bahaya Merokok Setelah Makan dan Efeknya 10 Kali Lipat

Asalasah ~ Ternyata Merokok Setelah Makan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Memang sangat sulit untuk membuang kebiasaan ini, sebab sudah lumrah jika sehabis makan kita akan menghisap rokok atau bisa juga setelah meminum kopi hangat. Selaku perokok, sebenarnya sudah kebal akan pemberitaan yang tersiar diberbagai media, bahkan pada bungkus tertera bahwa merokok akan membunuhmu. Namun semua hanyalah sebatas gambar yang tidak berpengaruh bagi yang sudah terlanjur kebiasaan. Apalagi yang sudah kelas berat sehingga mengkonsumsi langsung tembakau yang tanpa filter atau penyaring.
11 Bahaya Merokok Setelah Makan dan Efeknya 10 Kali Lipat
11 Bahaya Merokok Setelah Makan dan Efeknya 10 Kali Lipat
Merokok sehabis makan memang sudah jadi kegiatan rutin dan merupakan aktifitas umum yang sangat sulit ditinggalkan oleh para penguna. Namun jika kita ketahui bahwa efek merokok sesudah makan sangat berpengaruh bagi tubuh khususnya pada sistem pernafasan dan juga sistem pencernaan. Jadi alangkah baiknya jika kita sedikit mengurangi kegiatan tersebut agar umur kita lebih panjang dan tentunya terhindar dari berbagai serangan penyakit seperti kanker, gangguan kehamilan, impotensi, serangan jantung dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya. Bagi kalangan pria, mungkin kesuburan akan berkurang serta menurunkan kejantanan yang berakibat pada keharmonisan keluarga.

Sudah kita ketahui, rokok mengandung Tar dan juga nikotin yang menjadikan perokok sulit untuk meninggalkannya. Apalagi kebiasaan ini sudah dilakukan dalam jangka waktu lama, maka semakin berat pula cara agar bisa berhenti merokok tersebut. Adakalanya jika kita belajar tentang bagaimana tips berhenti merokok dan juga meninggalkan sedikit demi sedikit kegiatan yang merugikan ini.

Apa sih Bahaya Merokok Setelah Makan?

Jika kami lansir dari beberapa sumber, merokok pada waktu biasa ataupun sehabis makan mempunyai bahaya yang sama. Tapi jika dilakukan setelah makan maka kemungkinan besar bahaya yang akan datang semakin cepat. Hal ini dikemukakan oleh Apoteker berkebangsaan Nigeria, tepatnya Lanre Alege yang berasal dari Universitas Ilorin Teaching Hospital, beliau menuturkan bahwa 1 batang rokok yang dihisap setelah makan bahayanya sama dengan merokok 10 batang. Intinya kesehatan terancam 10x lebih cepat daripada merokok pada waktu normal.

Alasan yang diberikan juga sangat masuk akal. Sebab peredaran darah pada saluran pencernaan akan meningkat tatkala pasca makan. Sehingga akan berakibat pada sejumlah besar kandungan dalam rokok akan terserap yang kemudian bisa merusak hati, otak besar, pembuluh darah ke jantung dan masih banyak lagi penyakit terkait. Untuk lebih jelasnya, berikut dampak atau efek merokok setelah makan :


  • Memicu datangnya kanker, entah itu kanker paru-paru ataupun usus.
  • Bisa menyebabkan luka pada lambung yang bisa dikenali dengan terdapatnya bercak darah pada feses. Dan biasanya juga akan mengalir deras.
  • Bisa menjadi penyebab radang pada usus dan juga hati.
  • Mempercepat pembentukan batu empedu.
  • Menyebabkan darah menjadi kotor dan bisa memicu munculnya jerawat, penyakit kulit (gatal-gatal), dll.
  • Memicu impoten, gangguan kehamilan, dan merusak jantung serta paru-paru.
Tidak hanya sehabis makan saja, kegiatan merokok ini sangat tidak sehat meski dilakukan kapan saja. Namun dibawah ini kami menyajikan tips sederhana agar bisa menghindari kegiatan menghisap rokok setelah makan. Berikut selengkapnya :

  • Jangan membawa rokok ketika anda hendak makan. Kenapa demikian? Sebab dengan begini anda mungkin akan tergesa-gesa dan bisa menunda meskipun hanya sebentar. Alangkah baiknya jika tidak menyediakan rokok dirumah ataupun ditempat kerja agar cara ini benar-benar ampuh.
  • Cepat-cepat menggosok gigi sebab kegiatan baik ini bisa mengurangi sedikit keinginan merokok karena dirasa mulut sudah bersih dan sedikit kering. Jadi biasakan langsung menggosok gigi setelah makan.
  • Makan dilingkungan yang ada keterangan Dilarang merokok. Salah satunya restoran, rumah ber-AC (kamar) atau tempat umum lain. Dengan begitu kita akan diingatkan agar kita tidak merokok disembarang tempat.
  • Menyediakan permen untuk pengganti rokok. Cara ini boleh dibilang sangat membantu, sebab kegiatan merokok karena mulut merasa tidak nyaman atau ada sedikit rasa pahit. Jadi dengan permen kegiatan tidak sehat ini bisa dikurangi. Intinya selalu persiapkan permen dalam saku anda.
  • Mencari kesibukan dengan teman. Hal ini bisa dilakukan dengan mengobrol, langsung kembali kerja. Intinya supaya kita lupa dan tidak ada waktu untuk menyempatkan menyulut rokok.

Merokok setelah makan mungkin karena identik dengan rasa pedas, jadi bisa juga dengan sedikit mengurangi makanan pedas agar bisa meminimalisir atau paling tidak mengurangi keinginan merokok sehabis makan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://kesehatandia.blogspot.co.id/2016/05/11-bahaya-merokok-setelah-makan-dan.html