4 Makanan untuk meningkatkan Hormon testosteron dalam tubuh pria

AsalasahJenis makanan untuk meningkatkan kadar hormon testosteron didalam tubuh pria.  Testosteron merupakan salah satu hormon yang paling penting sebagai proses dalam membangun otot dan kinerja seksual di dalam tubuh seorang pria. Testosteron banyak diproduksi selama masa pubertas, selain berfungsi untuk pengembangan karakteristik seksual dan memiliki efek mendalam bagi fungsi organ seluruh tubuh. Hal tersebut dipengaruhi reseptor testosteron yang ditemukan hampir disemua jaringan tubuh, sehingga kadar atau jumlah hormon tersebut sangat mempengaruhi fungsi seluruh sistem organ dalam tubuh manusia.

Sebagai contoh, testosteron sangat peranan dalam tumbuhnya bulu-bulu yang tumbuh pada wajah dan dibagian tubuh lain dalam sel kulit. Kemudian kegunaan testosteron yang paling penting bagi pria adalah untuk merangsang serat sel otot demi terciptanya pertumbuhan massa otot dan juga 'mematangkan' fungsi kerja alat kelamin. Testosteron merupakan hormon seks utama laki-laki yang merupakan "steroid anabolic" asli (natural) yang sangat dibutuhkan baik dalam kegiatan seksual maupun dalam aktifitas olah raga.

Namun sayangnya hormon testosteron dalam tubuh jumlahnya sangat terbatas. Sehingga penting adanya untuk me-maintenance-nya agar selalu dalam kondisi prima baik kualitas dan kuantitas sehingga keberadaan dan fungsinya dalam tubuh tetap maksimal. Penting pula untuk diketahui bahwa hanya testis dan kelenjar adrenalin yang bertangung jawab dalam proses produksi testosteron. Dalam buku yang bertajuk Williams of Endocronology yang terbit tahun 2003 silam menerangkan bahwa, "Hati dan ginjal berfungsi hanya untuk menghancurkan dan mengeluarkan hormon dari dalam tubuh".

Peningkatan kadar darah dalam tubuh sering terjadi setelah kita latihan. Hal sedemikian bisa terjadi lantaran disaat bersamaan peningkatan produksi hormon dari testis juga mengalami peningkatan. Meningkatnya produksi hormon juga disebabkan oleh penurunan "clearance testosterone" dari tubuh. Yaitu aliran darah ke ginjal dan hati berkurang selama proses latihan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ada beberapa cara untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh secara alami, salah satunya dipengaruhi oleh jenis makanan yang biasa kita konsumsi, waktu atau jam makan dan juga suplemen yang dikonsumsi. Ingin tahu apa jenis makanan "ajaib" yang idealnya dapat  membantu rasa percaya diri yang lebih di atas "tempat tidur" dan mencapai kekuatan yang maximal saat nge-gym ?

Dibawah ini adalah Jenis Makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar Hormon Testosteron didalam tubuh pria diantaranya :
.

1. Telur 
Telur merupakan sumber protein dan kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa testosteron terbentuk dari proses sintesis antara kolesterol dan protein yang juga merupakan pembentuk hormon penting di dalam tubuh. Telur merupakan sumber makanan yang paling alami, dan kadar kolesterol yang terdapat pada telur  sangat tidak membahayakan bagi tubuh seperti yang sering dibayangkan. Jadi sediakan selalu telur di rumah anda.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA : Buatlah sarapan berupa omlet dari 3-4 buah telur atau telur setengah matang yang ditemani dengan salad.

2. Tiram 
Tiram atau kerang banyak mengandung protein, magnesium dan zinc. Tiram mengandung lebih banyak zinc di bandingkan dengan semua sumber makanan lain. Hanya dengan makan enam kerang kecil saja dalam sehari, dapat memberikan efek tujuh kali lipat zinc. Yang nantinya memegang peranan penting dalam pertumbuhan otot dan tingkat testosteron. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung zinc akan membuat peningkatan yang signifikan pada jumlah testosteron dan juga membuat penampilan atlet jauh lebih baik. Penelitian yang dilakukan oleh para pecinta dunia binaraga menunjukkan bahwa zinc dapat mencegah berkurangnya jumlah testosteron dalam tubuh, sekalipun setelah melakukan latihan keras. Tambahan lagi, zinc adalah salah suatu zat yang paling penting dalam proses sintesis testosteron.
BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA : Cobalah untuk menyantap kerang paling sedikit sekali dalam seminggu, baik mentah, dimasak ataupun yang sudah dikalengkan

3. Daging Merah
Daging merah ialah daging yang tidak berlemak dan merupakan sumber makanan yang sangat sempurna, karena mengandung protein, zat besi, magnesium dan zinc. Tetap usahakan pilih secara tepat daging yang mengandung lemak jenuh. Daging merah merupakan bahan pokok yang paling penting dalam meningkatkan testosteron. Daging sapi mengandung dua zat penting yang berperan langsung dalam mengoptimalkan kadar testosteron dan pembentukan otot tubuh, yakni protein dan zinc.

Dalam sebuah studi penelitian yang membandingkan 2 grup yang sama-sama ingin meningkatkan angkatan pada program latihannya atau dikenal dengan istilah “pumpy iron” dengan cara yang berbeda dalam kurun waktu 12 minggu. Grup pertama memilih diet secara vegetarian dan grup kedua memilih diet dengan makan daging merah. Dari hasil yang ditunjukkan dari kedua grup tersebut, hanya grup yang makan daging merah-lah yang menunjukkan kemajuan yang berarti. Selain ditunjukkan dengan berkurangnya lemak, juga hasil pembentukan otot yang lebih baik. Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan yang memberikan keuntungan dalam pembentukan massa otot dan meningkatkan testosteron. Walau dalam penjelasan sebelumnya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lemak jenuh, namun pada dasarnya tubuh tetap membutuhkan lemak ini untuk memproduksi testosteron.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKANNYA : makan-lah daging yang diolah dengan cara dipanggang atau dikukus. Entah disajikan dalam bentuk steak dengan cita rasa yang sedikit pedas untuk memberikan rasa.

4. Buah buahan 
Terakhir, masukkan juga buah-buahan pada makanan diet kalian. Karena buah-buahan termasuk penghasil sumber antioksidan dan serat. Menurunnya jumlah tetsosteron dalam tubuh, dikarenakan kerusakan akibat racun yang dihasilkan oleh tubuh pada jaringan penghasil testosteron. Dari hasil penelitian mengatakan bahwa peran dari antioksidan adalah mengatasi ketidak seimbangan hormon pada pria atau kekurangan zat endrogen pada pria lanjut usia. Peneliti mengindikasikan bahwa antioksidan (vit. A, vit. E, zinc dan elenium) men-support produksi dari testosteron. Selain sebagai sumber dari serat dan nutrisi lainnya, buah-buahan juga dapat menstabilkan berat badan yang tentunya berhubungan pada tingkat testosteron.

CARA MENDAPATKANNYA : Makanlah buah-buahan dalam bentuk salad atau dapat ditambah dengan yoghurt atau keju cottage. Jangan lupa untuk tetap memprioritaskan konsumsi buah-buahan yang berwarna cerah guna menjaga kulit kita untuk meningkatkan kandungan antioksidan dan serat.

Arnold S. pernah berkata, ” Jangan pernah menjadi lelaki yang feminim”. Makanan seperti Alpha Male secara alami dapat mendorong testosteron anda dan meningkatkan stamina. Selain itu juga berperan dalam membentuk otot, serta performa di atas tempat tidur. Makanlah makanan yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dengan suplemen pendukung yang tepat untuk mempermudah dalam mem-pumpy iron, membuatnya menjadi besar, dan meningkatkan gairah sex Anda, serta stamina menjadi tidak terduga. Nah itu dia empat Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Testosteron, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Asalasah | Sumber: https://sfidn-blog.blogspot.co.id/2016/09/jenis-makanan-untuk-meningkatkan.html