5 Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan! Waspadalah, Coba Cek Apa Kamu Masuk?

Asalasah ~ Gejala diabetes tipe 2 tidak melulu ditunjukkan dengan tanda yang khas seperti sering ke kamar kecil. Terkadang gejala yang timbul justru hal-hal kecil dan tak terduga. Gejala itu justru sering diabaikan oleh penderita diabetes.

Gejala-gejala kecil tersebut bisa saja sudah terasa namun belum disadari sebagai awal penyakit diabetes. Berikut 5 tanda ‘kecil’ diabetes yang tak terduga:

5 Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan!


Perubahan pada kulit  
Jangan abaikan jika ada perubahan yang terasa pada kulit. Perubahan bisa saja ditandai dengan kulit yang menjadi lebih gelap, bersisik. Kondisi tersebut bisa jadi menjadi tanda awal Anda terkena diabetes.

“Meskipun genetika atau kondisi hormonal dapat menyebabkan gangguan kulit yang disebut acanthosis nigricans. Hal pertama yang saya lakukan pada pasien ialah melakukan tes gula darah," kata Sanjiv Saini, MD, dermatolog di Edgewater, Maryland seperti dikutip dari lama prevention.

Kadar insulin yang tinggi mendorong pigmen yang menimbulkan bercak hitam pada kulit. Sanjiv menyarankan untuk melakukan diet dan penurunan berat badan agar mengurangi tingginya kadar gula darah dan dapat membantu pembersihan kulit.

Penglihatan menjadi lebih tajam 
Penglihatan yang tiba-tiba menjadi jelas, tanpa bantuan alat bisa jadi satu tanda awal diabetes.

“Penglihatan dapat berubah jadi lebih baik atau lebih buruk," kata Howard Baum, MD, asisten profesor kedokteran dari divisi diabetes di Vanderbilt University.

Dalam kondisi ini, penglihatan pasien berangsur membaik ketika kadar gula darah mereka naik, namun setelah mereka mulai menjalani pengobatan diabetes, mereka membutuhkan kacamata lagi.

Gatal yang Tak Kunjung Reda 
Tak perlu sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika merasa gatal yang tak kunjung reda di tubuh. Bisa jadi itu adalah gejala diabetes yang tak terduga.

“Beberapa pasien baru diabetes mengeluhkan rasa gatal berlebih di sejumlah bagian tubuh, seperti tangan, kaki,” ungkap Baum.

Pendengaran Menjadi Kurang Jelas 
Jika saat menonton televisi, bahkan setelah mengencangkan volume, masih tidak terdengar dengan jelas, segera lakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi penurunan pendengaran tersebut juga satu tanda serangan diabetes.

Mendengkur 
Menurut Osama Hamdy, MD, direktur manajemen diabetes di Joslin Diabetes Center, Boston, penderita diabetes tipe 2 kerap memiliki gangguan napas saat tidur.

“Jadi ketika Anda mengalami dengkuran keras saat tidur, sering mengalami kantuk di siang hari, saatnya melakukan tes gula darah ,” ungkapnya.

Dengan mengenali kelima gejala ringan dari penyakit diabetes di atas, Anda bisa lebih dini mengenali penyakit ini. Jika gejala tersebut menyerang Anda, segera konsultasikan kepada dokter. 

Asalasah | Sumber: http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3012005/gejala-ringan-diabetes-yang-sering-diabaikan