7 Kebaikan Yang Anda Dapatkan Dari Menangis

AsalasahSeberapa sering Anda menangis? Bertahun-tahun sekali? Setahun sekali? Sebulan sekali? Seminggu sekali? Sehari sekali? Berkali-kali sehari?

Aku akui ya aku memang jarang sekali menangis. Biasa la kan lelaki ni sering ego sikit. Kalau aku menangis pun bila ada kematian anggota keluarga terdekat, yang paling terbaru pun arwah opah aku pada beberapa tahun yang lalu. Lagi satu dapat jugak menangis kalau tengok cerita sedih yang betul-betul menyentuh jiwa. Dengar lagu jiwang pun dapat jugak la, tapi tengok mood macam mana. Mari kita lihat kelebihan air mata orang yang menangis, aku cedok dari forum tapi dah edit sikit-sikit.


1. Membantu penglihatan
Air mata dapat membantu penglihatan seseorang. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah pengeringan pada membran mata yang membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri
Tak perlu tetes obat mata, cukuplah air mata yang berfungsi sebagai anti bakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri.

3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa mengurangi tekanan dengan menangis, dengan itu mood seseorang akan datang kembali. Air mata yang dihasilkan melalui menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam menormalkan sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan akibat gangguan mata.

4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari menangis karena emosi adalah mengandung racun. Keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui mata.

5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis mengurangi stres? Air mata mengeluarkan hormon stress yang ada dalam tubuh yaitu endorphin leusin-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan tingkat stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Mengenal arti sosial
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga membantu seseorang membangun sebuah komunitas dlm masyarakat. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya dengan teman-temannya atau seseorang, dan hal ini meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan
Semua orang ingin merasa demikian. Walaupun anda diduga dengan berbagai macam masalah dan cubaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di fikiranmu dan menangis, jangan dipendam lama-lama perasaan itu.

Lepas ni kalau nak menangis jangan segan-segan lagi. Tapi menangis karena Allah jangan dilupa juga ya wahai kawan-kawan sekalian.

Baca Juga :

Asalasah | Sumber: http://ezany-kun.com/7-kebaikan-air-mata-yang-menangis/