Anak Kecil 7 Tahun Tewas Terkena Rabies

AsalasahAnak berusia 7 tahun tewas kena wabah rabies | Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) ingin menginformasikan perkembangan terbaru wabah rabies di Serian Sarawak yaitu kasus rabies ketiga, seorang anak perempuan berumur 7 tahun dari Kampung lebor, Serian telah meninggal dunia pada pukul 2:16 petang 13 Juli 2017 akibat rabies encephalomyelitis.

http://www.asalasah.com/2017/07/anak-kecil-7-tahun-tewas-terkena-rabies.html
Sampai 13 Juli 2017, ada empat (4) kasus dikonfirmasi rabies di Serian, Sarawak di mana tiga (3) kasus telah meninggal dunia dan satu kasus yaitu kasus keempat sedang dirawat di bangsal PICU Rumah Sakit Umum Sarawak dan dalam kondisi kritis. Tidak ada kasus rabies baru dilaporkan.

Active Case Detection (ACD) untuk mendeteksi kasus gigitan anjing telah dilaksanakan di daerah kejadian wabah rabies di Serian oleh Kantor Kesehatan Serian bersama Departemen Kesehatan Negara (JKN) Sarawak. Aktivitas ACD telah dilaksanakan di 96 permukiman yang melibatkan 5,663 rumah dan 21,978 penduduk diwawancarai bagi sejarah gigitan anjing.

Sebanyak 225 kasus gigitan anjing telah terdeteksi di daerah wabah Daerah Serian dan telah diberikan perawatan. Kegiatan pendidikan kesehatan terkait rabies juga telah diberi ke desa bersangkutan.

KKM ingin menasihati orang awam yang tinggal di Daerah Serian agar mengambil langkah-langkah pencegahan seperti berikut untuk mencegah terinfeksi penyakit rabies:

1.Dapatkan perawatan segera di klinik kesehatan atau rumah sakit terdekat jika mengalami gigitan anjing (anjing peliharaan atau anjing liar);

2.Pastikan anjing peliharaan telah mendapat suntikan anti-rabies di klinik hewan terdekat dan hindari kontak dengan anjing liar;

3.Jika anjing peliharaan ditemukan tidak sehat atau berperilaku agresif dapatkan perawatan segera di klinik hewan dan laporkan ke Kantor Departemen Layanan Hewan terdekat;

4.Laporkan Otoritas Lokal jika ada anjing liar yang berkeliaran di area tempat tinggal; dan

5.Sentiasa menjaga tingkat kebersihan diri yang tinggi seperti praktek sering mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun setelah kontak dengan anjing peliharaan atau anjing liar.

KKM dan JKN Sarawak selalu dan akan terus bekerjasama dengan Pemerintah Negeri Sarawak dan Departemen Layanan Hewan serta lembaga lain terkait untuk memastikan infeksi virus rabies dalam kalangan manusia dapat dikontrol dan tidak ada penularan terjadi. 

Asalasah | Sumber: http://eberita.org/budak-7-tahun-maut-kena-wabak-rabies/