Cara Memperbaiki kuku jempol kaki yang rusak

AsalasahBau kaki disebabkan oleh jamur kuku yang dalam istilah medis disebut onikomikosis. Jamur ini paling sering tumbuh di bawah kuku jempol kaki dan menyebabkan infeksi sehingga muncullah bau kaki yang tidak sedap.

Infeksi jamur pada kuku menyebabkan kuku menjadi kering, tebal, berubah warna dan terdistorsi. Sebagai akibat dari infeksi yang semakin memburuk kuku dapat terpisah dari alas kuku dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Infeksi jamur onikomikosis adalah penyebab bau kaki tidak sedap. Jika tidak segera diobati, infeksi dapat menyebar ke kuku lain terutama pada mereka yang memiliki jari-jari kaki berdempetan. Penularan juga bisa terjadi melalui gunting dari kuku yang terinfeksi ke kuku lainnya.

Penyebab Bau Kaki


Kuku kaki yang mengeluarkan bau tidak sedap biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Adapun jenis penyakit kuku yang paling umum dialami orang adalah:

  • Paronikia
  • Kandidiasis
  • Onikomikosis

Jempol kaki adalah bagian yang paling sering mengalami infeksi jamur. Di area tersebut keringat diproduksi lebih banyak, jika keringat bercampur dengan debu atau kotoran maka akan terjadi penumpukan dan akhirnya berkumpul di sela-sela kuku jempol kaki.

Jika debu, kotoran, dan keringat sudah menyatu di sela kuku maka otomatis menjadi sarang bakteri atau jamur. Terjadilah pembusukan akibat gas amoniak yang dihasilkan bakteri-bakteri tersebut. Jika kaki sering lembab dan tidak higienis maka jumlah bakteri akan semakin bertambah banyak dan kaki pun akan semakin bau.

Penyebab-penyebab lain munculnya bau kaki dari kuku jempol adalah kurang menjaga kebersihan, menggunakan kaos kaki dan sepatu dalam waktu lama, berbagi alas kaki dengan orang lain, tidak mengeringkan kaki setelah mandi, atau bisa juga karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kesemua hal tersebut di atas dapat menyebabkan kaki jadi bau.

Bagaimana Memperbaiki Bau Kaki Secara Alami


Jamur pada kuku adalah penyebab utama munculnya bau kaki. Jika anda bisa mencegah jamur tumbuh pada kuku jempol kaki anda maka infeksi dapat dihindari. Caranya anda bisa minta resep obat anti biotik dari dokter atau bisa juga dengan menggunakan ramuan obat tradisional untuk menghilangkan bau kaki secara alami.

Berikut adalah 10 obat tradisional untuk menghilangkan bau kaki secara alami:

1. Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu obat tradisional terbaik untuk menghilangkan jamur penyebab bau kaki. Cuka apel bersifat anti mikroba dan memiliki sifat asam yang ringan sehingga dapat dengan mudah membunuh jamur penyebab infeksi.

Campur cuka apel dengan air hangat. Lalu rendam kuku yang terinfeksi di dalam larutan tersebut selama 30 menit. Setelah selesai, lap kering kaki dan kuku anda menggunakan pengering rambut untuk menghilangkan kelembaban di sela-sela kuku jempol kaki. Lakukan sekali sehari selama beberapa minggu.

Atau, Anda dapat membuat scrub khusus untuk menghilangkan bau kaki anda. Caranya ambil satu sendok makan tepung beras lalu giling kasar dan tambahkan dengan dua sendok teh cuka apel. Campur semua bahan sampai sehingga terbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada kuku yang terinfeksi menggunakan sikat gigi selama 5 menit. Kemudian bilas kaki Anda sampai kering. Lakukan setiap hari selama satu atau dua bulan.

2. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat alkali sehingga sangat aman digunakan sebagai herbal untuk menetralkan sifat asam pada jamur kuku. Baking soda tidak akan membunuh jamur, tetapi dapat secara efektif mencegah jamur tumbuh dan menyebar di sela-sela kuku kaki. Selain itu, baking soda juga dapat membantu menetralkan sifat asam basa kulit.

Campur baking soda dengan air hangat untuk membuat pasta dengan perbandingan 2:1. Oleskan pasta baking soda pada kuku yang terinfeksi menggunakan kapas. Biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian bilas sampai bersih. Ulangi dua kali sehari selama sekitar satu bulan.

Campur empat sendok makan baking soda, satu cangkir cuka putih dan dua sampai tiga cangkir air hangat. Rendam kaki Anda dalam larutan ini selama 15 menit, dan kemudian keringkan dengan handuk kering. Lakukan dua kali sehari selama setidaknya satu bulan.

Untuk mencegah jamur pada sepatu, taburkan sedikit baking soda ke dalam sepatu Anda dan biarkan semalaman. Bersihkan di pagi hari saat akan digunakan

3. Tea Tree Oil

Minyak Tea Tree selain dapat menghilangkan jerawat juga dapat membunuh jamur pada kuku karena memiliki sifat anti septik yang kuat.

Bersihkan kuku anda yang terinfeksi dengan alkohol. Lalu oleskan beberapa tetes minyak tea tree di atasnya. Lakukan setidaknya sekali sehari selama sekitar satu bulan.

Atau, teteskan empat atau lima tetes minyak tea tree dalam bak kecil lalu isi dengan air hangat. Rendam kaki Anda dalam larutan tersebut selama 15 menit, dan kemudian keringkan secara menyeluruh. Lakukan dua kali sehari selama satu bulan.

Keluarkan isi kapsul vitamin E lalu campur dengan minyak tea tree. Gosokkan campuran tersebut pada kuku yang terinfeksi. Biarkan selama setengah jam. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan ini dua kali sehari selama satu bulan.

4. Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat anti septik alami serta anti jamur sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki secara alami.

  1. Campur 4-5 tetes minyak oregano dengan dua sendok teh minyak zaitun extra-virgin.
  2. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut pada kuku yang terinfeksi.
  3. Biarkan selama 10 menit.
  4. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menggosok dan menghilangkan lapisan paling atas kuku. Kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan setidaknya sekali sehari selama tiga minggu.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa anti jamur yang dikenal dengan sebutan ajoene, senyawa ini sangat efektif membunuh jamur pada kuku sehingga dapat menghilangkan bau kaki dengan cepat.

Haluskan 7-8 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki terutama area yang terinfeksi jamur dan diamkan selama 30 menit. Keringkan kaki dan oleskan petroleum jelly pada kuku yang terinfeksi. Lakukan ini sekali sehari sampai jamur hilang sepenuhnya.

Atau, campurkan 2-3 siung bawang putih segar yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada kuku yang terinfeksi jamur menggunakan kapas. Untuk menjaga agar campuran tetap di tempatnya, anda bisa membungkus kuku yang terinfeksi dengan balutan kain kasa. Biarkan selama beberapa jam dan kemudian bilas dengan air hangat. Ikuti petunjuk ini sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu.

Juga, cobalah untuk makan satu atau dua siung bawang putih segar setiap hari. Bawang putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah jamur hidup di kuku kaki.

6. Listerine

Listerine memiliki sifat anti septik yang sangat baik dalam memerangi bakteri dan jamur kuku. Plus, salah satu bahan utama dalam Listerine adalah timol, yang memiliki sifat anti jamur yang membantu membunuh jamur penyebab bau kaki.


  1. Campur listerine dengan cuka apel.
  2. Oles campuran tersebut menggunakan kapas pada jari kaki
  3. Bungkus dengan perban kecil untuk menjaga kapas tetap di tempatnya.
  4. Biarkan selama sekitar 45 menit.
  5. Lalu gosok kuku menggunakan sikat gigi yang lembut

Ikuti petunjuk ini sekali sehari selama sekitar satu bulan untuk menyingkirkan infeksi sepenuhnya.

7. Kunyit

Anda bisa menghilangkan bau kaki secara alami menggunakan kunyit karena kunyit memiliki sifat antiseptik yang kuat yang dapat mengobati jamur kuku dan mencegah infeksi terjadi berulang.


  1. Giling akar kunyit kering sampai menjadi bubuk.
  2. Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air untuk membuat pasta tebal.
  3. Oleskan pasta tersebut pada kuku yang terinfeksi
  4. Biarkan selama dua sampai tiga jam. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan kuku Anda secara menyeluruh.

Ikuti petunjuk ini dua kali sehari sampai infeksi benar-benar sembuh.

8. Indian Lilac

Indian Lilac sering juga disebut nimba, dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi jamur penyab bau kaki, termasuk jamur kuku pada jempol kaki. Lilac memiliki sifat antijamur serta sifat antiseptik yang dapat mengobati serta mencegah jamur menyebar.

Hancurkan segenggam daun nimba dan tambahkan dengan sedikit air untuk membuat pasta. Tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit pada pasta tersebut. Kemudian oleskan pada kuku yang terinfeksi dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air hangat sampai kering. Lalukan dua kali sehari sampai infeksi telah dibersihkan.

Atau, Anda bisa menggunakan minyak nimba. Rendam kapas dalam minyak lilac dan terapkan pada kuku yang terinfeksi. Lakukan dua kali sehari selama setidaknya satu bulan untuk mendapatkan hasil yang baik.

9. Bawang

Bawang memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang sangat kuat dalam membunuh jamur penyebab infeksi [ada kuku kaki.

Potong bawang menjadi irisan-irisan tebal, kemudian gosokkan pada kuku yang infeksi selama lima menit. Tinggalkan ekstrak bawang pada kuku selama setidaknya 20 menit. Kemudian cuci kuku dengan air hangat dan keringkan secara menyeluruh. Ikuti perawatan sederhana ini dua kali sehari untuk menghilangkan bau kaki dengan cepat.

Atau, hancurkan beberapa potongan bawang untuk mendapatkan ekstrak jus bawang. Oleskan jus pada kuku yang terinfeksi dengan kapas dan balut dengan perban. Biarkan selama satu jam dan cuci dengan air hangat dan keringkan. Gunakan perawatan sederhana ini dua kali sehari selama dua bulan untuk memastikan infeksi tidak kambuh lagi.

10. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki asam lemak rantai menengah yang bekerja sebagai fungisida alami yang efektif membunuh jamur penyebab infeksi kuku.

Ambil sedikit minyak kelapa extra-virgin dan gosok dengan lembut pada kuku yang terkena jamur. Biarkan minyak kelapa menyerap dan kering secara alami. Ulangi dua atau tiga kali sehari sampai infeksi teratasi.

Campur lima tetes minyak kelapa dengan satu tetes minyak oregano. Oleskan ke dalam kuku yang terinfeksi. Biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan secara menyeluruh. Lakukan dua kali sehari selama setidaknya empat minggu.

Ingat bahwa Anda harus menggunakan obat tradisional ini secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Merawat Kuku Kaki Untuk Mencegah Infeksi Jamur

Meskipun segala usaha untuk menghilangkan bau kaki selalu dilakukan tapi jika kebersihan kaki tidak dijaga dengan baik maka kuman, bakteri dan jamur dapat kembali dengan mudah. Sehingga cara terbaik dalam mengatasi masalah bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kuku.

  • Potonglah kuku kaki sekali seminggu sehingga kuku tidak panjang. Saat memotong kuku jangan sampai timbul luka yang dapat memicu terjadinya infeksi baru.
  • Banyak orang yang berusaha menghilangkan kotoran dari sela kuku dengan cara mencongkelnya. Padahal mencongkel kuku dapat menyebabkan infeksi dan bau.
  • Jangan biarkan kuku kaki selalu lembab.
  • Saat mandi, bersihkan kuku kaki terutama area jempol menggunakan sabun atau bisa juga dengan menyikatnya sampai bersih.
  • Pastikan alas kaki yang anda gunakan tetap kering.
  • Kaos kaki sebaiknya diganti setiap dua hari.

Demikian informasi singkat bagaimana cara menghilangkan bau kaki akibat infeksi jamur kuku secara alami. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan beri Like dan Bagikan ke teman yang lain.

Baca Juga :

Asalasah | Sumber: