Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Sehat

AsalasahKali ini asalasah akan jadi penasihat kesehatan dengan memberi tips untuk menurunkan berat badan lalu mencapai berat badan yang ideal. Seperti yang kita tahu, semakin banyak warga Malaysia yang telah mencapai tingkat obesitas.

Berdasarkan statistik yang dihasilkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebanyak 29% penduduk dewasa memiliki berat badan yang lebih dan 14% mengalami obesitas di Malaysia pada tahun 2006. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan juga sehat.


  • Kunyah makanan lebih lama dari biasa. Ini akan membuat Anda merasa cepat kenyang lantas akan mengurangi asupan makanan.
  • Kurangi konsumsi makanan yang tidak sehat sedikit demi sedikit. Makan makanan yang kurang lemak. Kurangi makanan yang mengandung jumlah gula yang tinggi seperti air bersoda, kue kue, dan makanan ringan.
  • Jika Anda terasa lapar, makan hanya sedikit saja nasi dan banyakkan makan buah-buahan dan sayuran untuk menghilangkan rasa lapar. 
  • Jangan makan larut malam. Jika Anda termasuk golongan ini, kurangi saja sedikit demi sedikit dan makan paling lambat 3 jam sebelum tidur. 
  • Jika anda terbangun dari tidur pada waktu malam dan terasa lapar, minum air kosong atau makan sebiji buah seperti epal atau pisang.
  • Jangan lewatkan atau sengaja melepaskan waktu makan anda dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Anda hanya akan berhasil menurunkan metabolisme tubuh hanya dengan cara ini. Langkah terbaik adalah makan 5-7 hidangan sederhana sehari. 
  • Kendalikan nafsu makan Anda karena akan membuat Anda makan lebih dari yang seharusnya. Inilah sebabnya Anda harus makan 5-7 kali hidangan sehari demi untuk mengontrol nafsu makan Anda.
  • Jika Anda masih gagal mengontrol nafsu makan, Anda bisa membeli 'protein shakes' dan memakannya di antara hidangan dua kali sehari yaitu antara sarapan dan makan siang serta antara makan siang dan makan malam.
  • Anda dapat menggunakan pil diet untuk mempercepat proses menurunkan berat badan. Tapi itu akan menjadi sia-sia jika Anda tidak mengamalkan cara makan yang benar dan sehat.
  • Meningkatkan aktivitas fisik Anda. Latih diri berjalan setidaknya 400 meter per hari. Anda tidak perlu harus pergi ke gym atau jogging di lapangan permainan. Tujuan utama adalah untuk membakar lebih banyak kalori. Lakukan kegiatan seperti park mobil Anda lebih jauh dari tujuan yang hendak dituju dan pilih untuk menggunakan tangga daripada menggunakan lift.
  • Buat latihan 'sit up' dan 'push up' setiap kali bangun tidur pada waktu pagi dan pada waktu petang setelah balik kerja. Lakukan sebanyak 20 kali setiap set. Tambahkan jumlah 'sit up' dan 'push up' dari hari ke hari sehingga mampu untuk membuat 100 kali setiap set. Dengan cara ini, Anda tidak hanya dapat menurunkan berat badan dengan cepat, malah berpotensi untuk mendapatkan abs yang cantik kental. 
Asalasah | Sumber: http://azizie.com/tips/cara-menurunkan-berat-badan-dengan-cepat-dan-sihat