Fenomena Langka Lautan Busa Melanda Cape Town

AsalasahSebuah fenomena luar biasa telah terjadi di kawasan pesisir pantai di Cape Town, Afrika Selatan. Ia dianggap sebagai fenomena langka ketika daerah tersebut dibanjiri dengan air buih yang tersangat banyak.

Kejadian seperti ini memang luar biasa dan jarang terjadi menyebabkan kawasan pesisir pantai di Cape Town, Afrika Selatan dibanjiri oleh air buih 'Cappucino'. Gelembung tersebut terlihat jelas melimpah sehingga melebihi pesisir pantai dan masuk ke area tempat umum. Ada lagi 8 gambar jika Anda teruskan membaca artikal ini.







Kejadian aneh ini dikenal sebagai "buih laut" atau bahkan "busa pantai" dan itu terjadi karena reaksi air laut dengan kotoran bahan organik, seperti plankton, ikan mati, tanaman mati dan lain-lain elemen yang mengambang di permukaan air.

Arus yang kuat menyebabkan air membentuk gelembung kecil yang memiliki kecenderungan untuk "bergabung" dan menyebabkan fenomena ini terjadi.



Ilmuwan telah mengatakan bahwa jika kecepatan angin lebih dari enam meter per detik, maka energi yang ditransfer dari angin untuk air secara proporsional lebih tinggi, dan kekuatan yang dikenal sebagai ketegangan yang air biasa tidak cukup untuk memegang molekul di permukaan bersama-sama.

Justru air terputus sehingga menjadi butiran kecil disebabkan oleh ketegangan permukaan yang menyebabkan mereka untuk muncul sebagai buih putih.

Asalasah | Sumber: http://v12gether.blogspot.co.id/2013/10/fenomena-ganjil-lautan-buih-melanda.html