Ini Dia Sayuran Yang Sangat Manjur Untuk Diabetes dan Ginjal

Asalasah ~  Cara mengolah tanaman okra untuk mencegah diabetes. Mungkin anda bertanya-tanya apa sich tanaman okra ini?? Mungkin ini karena tanaman ini belum begitu populer di negara kita ini. Tanaman okra atau di kenal dengan nama ilmiah Abelmoschus Esculentus akhir-akhir ini mulai menjadi buah bibir di kalangan para ilmuan karena di percaya dapat menjadi obat diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan sulit sekali untuk di sembuhkan. Dengan mengkonsumsi okra ini setidaknya anda dapat mengendalikan gula darah anda, sehingga anda akan lebih mungkin terhindar dari diabetes. Tanaman okra berbentuk seperti jari yang mengerucut, sehingga masyarakat di inggris menyebutnya sebagai Lady fingers.

Cara pengolahan okra yang paling umum adalah di jadikan sebagai sayur. Sayur ini sangat baik bagi pencernaan anda karena mengandung tinggi serat alami.

Di negara-negara di Timur Tengah pengolahan tanaman Okra dimasak dengan daging. Sementara jika di India dan Pakistan mereka memasak okra dengan cara kare. Di Malaysia, okra dimasak dengan banyak tahu dan bernama yong tau foo, atau sup dimasak dengan ikan campuran dan sayuran dan diberi mie yang banyak. di pulau-pulau Karibia dan Haiti, tanaman Okra sangat umum dimasak dengan nasi atau jagung. Sementara di Jepang, Okra disajikan dengan kecap dan bumbu katsuobushi, atau sebagai tempura.

Dengan sering mengkonsumsi tanaman okra ini penderita diabetes bisa saja tidak melakukan suntikan insulin atau minum banyak obat penetral gula darah. Alasan mengapa tanaman okra ini baik untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut :

Tanaman Okra Memiliki indeks glikemik rendah
Apabila anda menderita diabetes sangat disarankan untuk makan makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah. Sebagai contoh gula memiliki GI 100 sehingga tidak baik bagi penderita diabetes. Menurut standar medis, okra memiliki GI relatif rendah yaitu 20 sehingga aman untuk penderita diabetes.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kadar gula darah yang terus tinggi dapat memberikan efek buruk pada ginjal. Manfaat kesehatan yang didapat dari tanaman okra termasuk menghindari tubuh dari penyakit ginjal. Jika Anda memiliki diabetes, makan okra dapat mengontrol kadar gula darah serta memelihara ginjal anda tetap sehat.

Menurunkan Resiko penyakit ginjal
Satu hal yang harus anda waspadai setelah di diagnosis diabetes tipe 2 adalah ancaman kerusakan pada ginjal. Karena kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan kerusak pada ginjal. Untungnya tanaman okra memiliki manfaat mencegah penyakit ginjal dan juga dapat mengendalikan gula darah. dengan makan okra, penderita diabetes menerima manfaat tambahan lainnya yaitu  ginjal akan lebih sehat.

Sumber serat larut
Serat larut sangat baik untuk penderita diabetes karena berperan penting dalam pencernaan karbohidrat. Buah Okra kaya serat larut dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga mengurangi efek dari karbohidrat meningkatkan gula darah.


Tanaman okra yang paling baik untuk menurunkan gula darah adalah okra yang masih segar atau mentah. Apabila anda mengidap diabetes sebaiknya mengolahnya tidak untuk di jadikan sayur atau di masak terlebih dahulu, karena alangkah baiknya menggunakan okra segar sebab okra segar jauh lebih cepat menurunkan gula darah anda. Berikut cara pengolahan okra menjadi obat diabetes.

Pertama siapkan dua sampai tiga okra kemudian iris tipis-tipis seperti mengiris cabai. Jika anda iris seperti itu akan keluar getah putih dari tanaman tersebut, jangan bersihkan getah tersebut karena getah itulaah yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah anda.

Setelah anda selesai mengiris okra tersebut, masukkan irisan tadi kedalam segelas air putih. Biarkan selama satu malam agar sari-sari dari okra tersebut larut di dalam air. Jangan lupa di tutup sebelum di simpan agar tidak ada debut. kotoran atau binatang yang masuk.

Setelah anda biarkan satu malam, keesokan harinya saring dan minum air rendaman okra tersebut sebelum anda sarapan pagi. Lakukan 1 minggu berturut-turut pagi dan sore hari, kemudian cek gula darah anda agar tau hasilnya.

Nah bagi anda yang ingin mencegah diabetes dengan mengkonsumsi okra ini bisa dengan cara membuatnya sayur tumis yang enak. Berikut cara memasak okra super enak untuk anda :

Pertama siapkan bahan-bahannya:

  • Okra 100 gram pilihlah okra yang masih muda dan segar
  • Minyak zaitun 1 sendok makan
  • Bawang bombai 50 gram, iris halus
  • Tomat pure 425 ml
  • Saus chilli 1 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Basil segar 1 sendok makan
  • ¼ sdt thyme
  • ¼ sdt garam
  • Proses memasak

Pertama-tama buang ujung pangkal okra lalu potong atau iris seperti mengiris sayur kacang panjang. Setelah selesai mengiris okra, panaskan minyak zaitun kemudian masukan irisan bawang bombai yang sudah anda persiapkan. Tumis hingga harum, lalu Masukkan tomat puree, saus chilli, gula pasir, thyme, dan garam Masak selama kurang lebih 2 menit. Langkah yang terakhir adalah memasukkan okra dan basil segar dan aduk hingga matang. Setelah 5 menit angkat dan tumis okra sudah siap untuk di sajikan.

Demikian cara mengolah okra untuk obat diabetes dan juga untuk mencegah diabetes yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semuanya.

Asalasah | Sumber: http://bapelkesjabar.diklat.id/2017/04/10/cara-mengolah-okra-menjadi-obat-diabetes/