Karya Seni Senilai Rp 2,6 Miliar Hancur Gara-Gara Wanita Ini Selfie

AsalasahSeorang perempuan di Los Angeles membuktikan bagaimana sebuah selfie atau swafoto mampu menghancurkan deretan karya seni yang bernilai ratusan ribu dolar.

Selfie pembawa petaka itu terekam video di pameran yang digagas kelompok seniman yang menamakan diri mereka 14th Factory yang digelar di Lincoln Heights, Los Angeles.

Dalam rekaman itu menunjukkan seorang wanita yang tampaknya membungkuk untuk mencoba mendapatkan sudut yang sempurna untuk selfie di deretan karya seni bertajuk Hypercaine, karya artis ternama asal Hong Kong Simon Birch bersama serangkaian kolaborator internasional.

Dia kehilangan keseimbangan dan bersandar sedikit terlalu jauh, menjatuhkan pilar pertama dan membuat patung berbentuk mahkota di atasnya terjatuh. Lalu, pilar berikutnya rubuh sehingga menimbulkan efek domino.

Dikutip dari The Guardian pada Sabtu (15/7/2017), insiden itu terjadi pada dua minggu lalu di sebuah instalasi seluas 14.000 meter persegi. Aksi perempuan itu menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki bagi beberapa dari 12 patung mirip mahkota yang dipajang di atas pilar.

Patung mirip mahkota itu dibuat dari berbagai bahan berbeda, termasuk logam mulia, marmer, kayu, nilon, dan besi tua.

Gloria Yu, salah satu seniman yang terlibat dalam pameran tersebut, mengatakan kepada situs seni dan budaya Hyperallergic, "Tiga patung rusak permanen dan lainnya dengan hancur dengan tingkat yang berbeda-beda. Perkiraan biaya kerusakan adalah US$ 200.000, atau sekitar Rp 2,6 miliar."

Sebuah swafoto yang mahal.



Asalasah | Sumber: http://global.liputan6.com/read/3023111/selfie-pembawa-petaka-hancurkan-karya-seni-senilai-rp-26-miliar