Perempuan Memang Cerewet, Ternyata Ini Alasan Ilmiahnya

AsalasahKetika Anda memasuki kantin, suara siapa yang paling ramai terdengar? Pasti suara para perempuan. Makin riuh perbincangan yang dilakukan, makin kencang suara mereka. Sepertinya, masing-masing berusaha mengalahkan suara yang lainnya.
Perempuan memang sejak lama diketahui lebih banyak berbicara daripada pria. Menurut penelitian terbaru dari University of Maryland School of Medicine, hal ini disebabkan tingkat senyawa kimia yang disebut FOXP2 dalam otak kaum perempuan.

FOXP2 bolehlah disebut "protein bahasa", yang memegang peran penting dalam perkembangan bahasa. Perempuan memiliki lebih banyak protein bahasa sehingga rata-rata perempuan berbicara 20.000 kata sehari. Itu artinya, 13.000 kata lebih banyak daripada rata-rata pria.

"Penemuan utama kami adalah bahwa protein FOXP2 ini terlibat dalam vokalisasi. Kami tidak bisa mengatakan bahwa ini satu-satunya alasan, tetapi merupakan satu dari kemungkinan-kemungkinan pertama ketika kita bisa mulai mengeksplorasi mengapa perempuan cenderung lebih verbal daripada pria," ungkap Mike Bowers, salah satu dari tim peneliti.

Dalam studi yang diterbitkan di Journal of Neuroscience ini, peneliti menguji sekelompok anak berusia 4 dan 5 tahun, dan mendapati bahwa pada anak-anak perempuan ditemukan protein bahasa 30 persen lebih banyak.

Meskipun demikian, para peneliti menegaskan bahwa mereka masih perlu memahami lebih jauh bagaimana gen ini mampu memengaruhi kemampuan berbicara manusia, terkait dengan fungsi-fungsi otaknya.

Perbedaan Otak Wanita dan Pria

Pada dasarnya kita tuh, memiliki 2 bagian otak, otak kanan dan otak kiri. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Otak kanan fungsinya: kreativitas, sintesa, imajinasi, , gagasan, bentuk, ruang, warna. Sedangkan otak kiri fungsinya: proses bicara, detail, matematika, logis, serta syair.

Namun ada beberapa perbedaan antara otak kanan dan kirinya cowok dengan cewek. Perbedaan pertama, fungsi proses bicara pada otak cowok hanya ada di otak kiri. Tapi, pada cewek ternyata dobel! Nggak cuma di otak kiri, sedikit di otak kanan juga ada bagian yang memiliki fungsi proses bicara.

Jadi jangan heran kalau cewek itu cerewet banget.
Urusan mulut ini sering jadi masalah. Masalah kuping anak cowok “panas” lalu jadi kesel gara-gara ngedengerin adik perempuan, saudara, teman wanita. Di sisi lain, deretan cewek itu pun suka sebel lantaran cowok yang suka irit ngomong

Buat cowok pernah ngalamin temen, atau kakak perempuan ngambek gara-gara waktu diajak ngomong sesuatu, kita menanggapinya dengan omongan sepotong-sepotong? Pernah ngalamin adik atau kakak cewek ngediemin gara-gara ketika dia mau curhat atau minta tolong, omongan kita terkesan nggak connect?

Semua disebabkan cewek banyak yang nggak ngerti kalo cowok dasarnya emang nggak pandai berkomunikasi! Mungkin dalam hati cowok sebenernya ingin berbicara panjang lebar. Hanya, cowok sering kali kehabisan kata-kata karena otaknya yang memiliki fungsi proses bicara emang lebih sedikit.

Asalasah | Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2013/02/22/11445524/ini.penyebab.perempuan.lebih.cerewet