Posisi Duduk yang Benar dan Sehat saat Bekerja agar Tulang Belakang Sehat

Asalasah ~ Kalau dihitung-hitung dalam satu hari mungkin kita bisa menghabiskan waktu sampai dengan 10 jam hanya untuk duduk. Mulai dari pagi hari berkendara menuju tempat kerja, di dalam kantor, istirahat makan siang bahkan saat beribadah pun kita melakukan gerakan duduk. Gerakan duduk yang salah dapat menimbulkan penyakit pada tulang belakang yang apabila tidak ditangani sedini mungkin efek sampingnya baru akan terasa di masa yang akan datang. Salah posisi duduk bisa menyebabkan tubuh jadi sakit semua, atau juga punggung yang nyeri. Dan apabila Anda membiasakan diri duduk di posisi membungkuk, tubuh juga jadi tidak tegap dan postur tubuh berubah.


Tidak dapat dipungkiri, bahwa sebagian besar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dalam posisi duduk, sehingga sangatlah penting untuk mengetahui posisi tubuh saat duduk yang benar untuk menjaga kesehatan tulang punggung kita. Beberapa tips yang dapat dilakukan jika kita sedang duduk adalah:

Posisi Duduk yang Benar dan Sehat saat Bekerja agar Tulang Belakang Sehat


0. Duduk yang terlalu lama merupakan salah satu faktor risiko pembetukan batu ginjal. Oleh sebab itu, selain melakukan peregangan teratur, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air minum yang cukup.

 1. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang
Jika bokong telah menyentuh bagian belakang kursi, misalnya kursi kantor, tandanya Anda telah duduk dengan benar. Normalnya, lengkungan pada tulang belakang akan tampak saat kita duduk. Letakan bantal kecil sebagai penyanggah untuk membuat posisi lengkungan tulang belakang Anda normal.

2. Tekuk lutut pada sudut yang benar
Pastikan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul, agar posisi duduk Anda proporsional.

3. Hindari menyilangkan kaki
Biasakan kaki Anda berpijak pada palang kayu yang ada di bawah meja. Dengan berpijak, kaki akan berada pada posisi tegak dan membuat tubuh Anda otomatis berada pada posisi duduk yang benar.

4. Letakkan kursi dekat dengan meja
Semakin dekat dengan meja tempat Anda bekerja, semakin sedikit pula otot yang bekerja untuk menariknya. Oleh karena itu, pastikan tempat duduk Anda dekat dengan tempat Anda bekerja agar otot lebih rileks.

5. Istirahatkan lengan dan siku
Regangkan sesekali lengan dan siku Anda sehingga bahu akan terasa lebih rileks. Tangan dibuat senyaman mungkin di atas meja, namun jangan lupa untuk mengistirahatkan lengan dan siku Anda. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan sandaran tangan untuk membantu mengurangi beban pada bahu dan leher Anda agar tidak mudah lelah.

6. Jangan melintir punggung
Saat Anda akan mengambil barang dalam posisi duduk, putarlah seluruh tubuh untuk meraihnya. Ini juga berlaku saat Anda duduk di kursi kantor dan jenis kursi lain yang dapat diputar.

7. Usahakanlah istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri, peregangan sesaat, atau berjalan-jalan di sekitar meja kerja Anda untuk mengembalikan kesegaran tubuh Anda agar dapat tetap berkonsentrasi dalam bekerja

Asalasah | Sumber: http://rsjakarta.co.id/artikel-dokter/posisi-duduk-yang-benar-agar-tulang-belakang-sehat/