Sejarah Dan Asal-usul Permainan Catur serta Fakta Menarik Catur

AsalasahCatur merupakan permainan strategi yang dimainkan 2 orang pemain di sebuah papan 64 petak dengan 16 buah catur untuk setiap orang.

Ada 3 fase dalam permainan catur yaitu pembukaan (opening), perm ainan pertengahan (middle game) dan pengakhiran (end game).

Permainan yang resmi atau formal akan diberikan jam mekanis atau digital bagi setiap meja.

Catur berasal dari permainan yang disebut 'Chaturanga' yang diyakini berasal dari India pada abad ke 6.

Chaturanga adalah ayat Sansekerta yang mengacu pada empat bagian ketenteraaan India lama yaitu gajah, kavaleri, mobil perang (pedati kuda) dan infantry.

Dari India, permainan ini tersebar ke Persia. Ketika orang-orang Arab menaklukkan Persia, catur telah diambil oleh dunia Islam dan kemudian menyebar ke Eropa Selatan.

Permainan catur yang dimainkan pada hari ini adalah permainan yang telah modifikasi. Permainan catur atau dalam bahasa arabnya 'Shatranj' telah dimodifikasi dan beberapa peraturan baru telah ditambahkan.

Fakta Menarik Catur

Kata "catur atau catur" itu sendiri berasal dari kata "Chaturanga". Kata 'checkmate' berasal dari frase Persia, "shah mat" dimana artinya "Raja Telah Mati".

Buku kedua yang pernah dicetak dalam bahasa Inggris adalah terkait dengan catur. Papan catur yang pertama memperkenalkan warna terang dan gelap pada tahun 1090 di Eropa.

Jam catur mekanik pertama diciptakan oleh Thomas Wilson pada tahun 1883 dan telah disempurnakan oleh Veenhoff pada tahun 1900.

Pertandingan catur internasional pertama diadakan pada tahun 1851 di London.

Permainan catur tertua tercatat dalam sejarah adalah dari 900-an, di antara seorang ahli sejarah dari Baghdad dan muridnya.

Permainan catur juga umpama Matematika dan Sains. Ada beberapa rumus dan teori untuk dihafal dan diterjemahkan melalui gerakan gerakan, lebih lebih lagi pada fase awal.

Antara nama nama strategi pada fase awal (opening) adalah scorch Opening, English Opening dan Spanish Opening. Tempat variasinya pula ialah Dragon Variation dan Bird Variation.

Ada ratusan, mungkin ribuan formula yang berbeda setiap lamgkah bagi strategi pembukaan atau awal permainan.

FIDE yaitu Federation Internationale des Echecs atau Organisasi Catur Dunia didirikan pada tahun 1924 di Paris, Perancis. FIDE menggunakan motto "Gens Una Sumus" dalam bahasa latin yaitu "We Are One People".

Permainan catur juga memilik gelar atau penghargaan yang diakui FIDE.Ianya dimulai dengan Candidate Master (CM), FIDE Master (FM), International Master (IM) dan yang tertinggi adalah Grandmaster (GM).

Biasanya dalam bentuk yang singkat, ia dapat digunakan sebagai gelar seorang. Misalnya Viswanathan Anand dapat digelar sebagai "GM Viswanathan Anand".

Julukan ini dimulai pada tahun 1950 dengan Rusia memiliki paling banyak pemain kelas Grandmaster melebihi dari mana-mana negara lain dengan berjumlah 156 orang. Jerman adalah kedua dengan 61 orang dan Amerika Serikat mengikuti rapat dengan 60 orang.

Berdasarkan ranking sementara, Rusia menduduki tempat pertama dalam olahraga catur diikuti Amerika dan Cina. India peringkat ke 5 dan Israel pada tempat ke 12.

Di kawasan ASEAN, Vietnam menjuarai peringkat dengan peringkat ke 38 dan Malaysia peringkat ke 77 dan Singapura menempati peringkat ke 62.

GM Magnus Carlsen yang berasal dari Norwegia menduduki tangga pertama dan diikuti oleh GM Wesley So (USA) dan Vladimir Kramnik (Rusia).

Antara pemain catur terbaik sepanjang zaman adalah Garry Kasparov dari Rusia yang sekarang bertindak sebagai politisi berhaluan kiri. Ia juga merupakan guru kepada pemain no 1 dunia.

Tidak ketinggalan juga seorang legenda berasal dari Amerika yaitu Bobby Fisher. Karakternya diperankan dan diceritakan kembali dalam film "Pawn Sacrifise" (2014) yang memiliki Tobby Maguire sebagai Fisher.

Fisher adalah seorang yang anti-Semit (meskipun memiliki darah yahudi) dan perjalanan hidup beliau memang penuh dengan liku-liku seperti ditangkap oleh pemerintah dan pindah randah disesebuah negara karena memiliki masalah dengan pemerintah Amerika.

Dia hilang dari pandangan umum pada tahun 1992 dan meninggal pada tahun 2008 di Islandia.

Tahukah Anda, seseorang pemain mampu bermain catur tanpa melihat papan catur? Permainan tersebut disebut "blindfold game".

Pemain hanya akan berkomunikasi melalui 'catur notation' atau sinyal bagi gerakan catur untuk bermain.

Biasanya, pemain akan menggunakan seseorang untuk menggerakkan buah catur tersebut.

Semoga bermanfaat. 

Asalasah | Sumber: https://www.thepatriots.asia/archives/864