Suka Nenen? Ini Fakta Tentang Puting Payudara yang Perlu Anda Ketahui!

Asalasah ~ Puting payudara termasuk bagian tubuh yang sensitif dan menyimpan banyak fakta unik yang jarang diketahui. Baik wanita maupun pria memiliki puting payudara, umumnya berjumlah dua.

Tapi, apakah kamu sudah mengetahui ternyata ada manusia yang lahir dengan lebih dari dua puting payudara? Selain itu, ada beberapa fakta unik lainnya tentang puting payudara, di antaranya:

 Puting Lebih Dari Dua 
Bukan hal yang aneh jika wanita maupun pria dilahirkan dengan tiga puting susu (bahkan empat, lima, atau tujuh). Puting ekstra yang dikenal sebagai puting supenumerary ini menyerupai tahi lalat atau tanda.

Menurut National Institutes of Health, puting ekstra ini bisa muncul di manapun di tubuh. Meski demikian, puting ini tidak pernah berkembang menjadi payudara yang sebenarnya.

Muncul Lebih Dulu  
Puting payudara sudah mulai terbentuk selama manusia berada di dalam rahim. Dikutip dari idiva.com, puting payudara disebut muncul terlebih dulu sebelum organ seks lainnya. Itulah mengapa baik wanita maupun pria pasti memiliki puting payudara.

Zona Erotis Wanita
Journal of Sexual Medicine pada tahun 2011 menyebut puting payudara sebagai zona erotis pada banyak wanita. Pada sebuah studi ditemukan bahwa saat puting payudara dirangsang, pusat “kesenangan” di otak akan menyampaikan hal sama seperti saat merangsang klitoris dan vagina.

Penelitian yang sama juga mengatakan, hanya dengan merangsang puting payudara saja bisa menyebabkan orgasme. Namun, cuma sebagian kecil wanita yang dapat mengalaminya.

Faktor Etnis Memengaruhi Warna Puting
Warna puting susu pada setiap orang berbeda di seluruh dunia. Faktor etnis dan warna kulit ternyata berpengaruh dalam hal ini. Alyssa Dweck, M.D., ginekolog di Westchester, New York, menyebut warna puting payudara juga bisa berubah saat seorang wanita melahirkan.

“Sama seperti ukuran puting susu berubah saat Anda memiliki bayi, begitu juga warna puting susu dan perubahan warna permanen. Ini adalah hasil dari hormon saat kehamilan,” kata Dweck.

Puting Dapat Berubah Warna
Periksakan jika puting Anda tiba-tiba berubah warna. Ini bisa saja menjadi alarm yang harus Anda waspadai. Salah satu gejala yang sering ditunjukkan kanker payudara adalah perubahan warna pada puting

Tumbuh Rambut di Sekitar Puting
Seorang dermatolog asal New York, Lance Brown, M.D., mengatakan tidak ada yang salah jika suatu saat Anda menemukan rambut yang mulai tumbuh di area payudara.

"Tubuh kita memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak, termasuk di sekitar puting susu, jadi selalu ada potensi pertumbuhan rambut," ujarnya.

Seperti bagian tubuh lainnya, puting payudara ternyata juga kompleks, bukan? Tak sesederhana yang Anda duga. Fakta-fakta unik di atas mungkin bisa membuat Anda lebih peduli terhadap kesehatan puting payudara.

Asalasah | Sumber: http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3015624/fakta-unik-puting-payudara-yang-perlu-anda-tahu