Tanda Kaki Terkena Kolesterol! Waspadai dan Ayo Cegah

AsalasahPada dasarnya kolesterol menyerang semua bagian tubuh yang memiliki pembuluh darah. Kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah jantung, tapi bisa juga mempengaruhi kaki.

Menurut Direktur Terapi di Montefiore Medical Centre, sebanyak 12 juta orang di Amerika memiliki kolesterol yang menyerang bagian kaki. Berita baiknya, menurut health.com penyakit ini bisa diobati.

Berikut adalah tanda-tanda ketika kolesterol menyerang kaki Anda.

Nyeri pada kaki 
Gejala yang umum adalah klaudikasi. Rasa nyeri pada kaki ini diakibatkan arteri tersumbat sehingga tidak bisa mengantarkan cukup darah ke kaki untuk menstabilkan tenaga. Jika terserang rasa ini, kaki Anda akan terasa berat atau lelah bahkan teasa sakit seperti terbakar.

Rasa sakit bisa terjadi di bagian kaki manapun, dari betis hingga paha dan bokong. Rasa sakit itu terjadi saat berjalan dalam jarak tertentu. Lalu terjadi lagi saat berjalan dalam jarak yang sama.

Kram pada malam hari 
Saat tidur, Anda mungkin pernah mengalai kram atau kejang, biasanya di bagian tumit atau kaki depan. Darren Schneider, MD, Direktur Pusat Bedah Vaskular dan Endovaskular di Rumah Sakit Presbyterian New York / Weill Cornell Medical Center mengungkapkan, rasa sakit di kaki bisa dihilangkan dengan menjuntaikan kaki dari tempat tidur atau duduk di kursi. Cara ini memungkinkan aliran darah turun ke kaki.

Perubahan kulit dan kuku 
Kolesterol menghambat kaki Anda menerima aliran darah atau makanan secara normal. Akibatnya pertumbuhan rambut di kaki menjadi lambat. Kulit kaki mengencang, dan kuku kaki bisa menebal atau tumbuh lebih lambat.

Perubahan kulit yang tidak biasa 
Perhatikan perubahan warna kaki Anda. Saat diangkat, kaki mungkin berwarna putih karena aliran darah terganggu. Kemudian, saat kaki digantung dari meja, bisa berubah warna kemerahan atau keunguan. Pada beberapa orang dengan penyakit ini, kaki berwarna pucat atau kebiruan saat mereka duduk, karena kurang sirkulasi.

Disfungsi ereksi 
Ini bukan kejadian biasa, tapi mungkin saja gangguan kolesterol pada kaki ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Arteri iliaka internal bertugas menyediakan suplai darah untuk ereksi.

Pengurangan otot betis 
Orang dengan kolesterol yang tinggi, juga mengalami atrofi atau pengurangan otot betis. Pada tingkat mikroskopik, kekurangan aliran darah cukup dapat menyebabkan penurunan jumlah dan ukuran serat otot. Mereka dengan penyakit ini bisa kehilangan lebih dari separuh serat otot mereka di daerah yang terkena.

Luka yang tidak sembuh 
Seseorang dengan bagian kaki yang terkena dampak dari kolesterol biasanya menunjukan warna coklat atau hitam. Kondisi ini seringkali terasa menyakitkan.

Ketika Anda merasakan salah satu gejala rasa sakit pada kaki seperti di atas, segera kendalikan kolesterol Anda agar Anda bisa beraktivitas dengan nyaman. 

Asalasah | Sumber: http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3010862/tanda-tanda-kaki-anda-terserang-kolesterol