Ternyata Benjolan Kecil Di Payudara Belum Tentu Kanker

AsalasahSalah satu gejala kanker payudara adalah adanya benjolan abnormal di payudara. Namun hal tersebut tidak selamanya benar. Benjolan di payudara belum tentu kanker. Tetapi Anda tetap harus mewaspadainya. Kemungkinan lain yang mungkin terjadi bila ada benjolan pada payudara adalah  tumor jinak. Lalu apakah tumor sama berbahayanya dengan kanker?

Tumor jinak pada payudara adalah kondisi dimana terdapat benjolan padat pada payudara. Benjolan ini umumnya tidak akan berpindah-pindah, dan tidak akan menyebar ke anggota tubuh lainnya. Sementara, kanker adalah tumor ganas, yaitu benjolan pada payudara, yang terjadi akibat pertumbuhan sel secara abnormal pada payudara. Penanganan yang terlambat, dapat membuat kanker menyebar ke anggota tubuh yang lain.

Untuk memastikan apakah benjolan payudara itu tumor atau kanker, diperlukan sejumlah pemeriksaan. Saat mencurigai adanya benjolan pada payudara, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, maka Anda dapat segera mengetahui penanganan apa yang harus dilakukan. Anda tidak perlu khawatir atau merasa ketakutan akan hasil pemeriksaan.

Bila mengalami tumor, Anda hanya perlu melakukan tindakan operasi pembedahan untuk mengangkat tumor. Setelah itu biasanya masalah akan selesai. Dokter juga akan memberikan sejumlah saran, agar tumor tidak kembali lagi. Sementara pada kasus kanker payudara, Anda harus menjalani sejumlah tindakan pengobatan, seperti kemoterapi, radiasi, atau operasi. Semua tindakan tersebut, dilakukan berdasarkan tingkat keparahan kanker.

Tidak ada orang yang menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada payudaranya. Maka Anda sebaiknya melakukan berbagai tindakan pencegahan. Selain faktor genetik, faktor risiko yang menyebabkan terjadinya tumor atau kanker payudara adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, serta ketidakseimbangan hormon.

Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya menerapkan pola makan teratur dan bergizi seimbang, jauhi rokok dan alkohol, tidur cukup, aktif bergerak, dan pandai mengelola stres. Dengan menerapkan hal-hal tersebut, maka Anda dapat terbebas dari penyakit tumor atau kanker payudara, serta berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Asalasah | Sumber: http://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/benjolan-di-payudara-belum-tentu-kanker.html