Tips Panjang Umur Dari Warga Desa Pioppi, Yang Umur Warganya Mencapai 100 Tahun

Asalasah Sebuah desa di Italia bernama Pioppi memiliki penduduk yang sebagian besar panjang umur. Mereka hidup rata-rata hingga 100 tahun. UNESCO menyebut kebiasaan warga di sana bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas.

Dalam satu studi, sebagian besar penduduknya menjalani diet Mediterania sehingga tak heran bila juga disebut sebagai desa paling sehat sedunia. Lalu, apa rahasia mereka jadi panjang umur?
Salah satu rahasianya, ternyata kebiasaan mereka mengonsumsi makanan manis satu kali seminggu.

"Diet merupakan faktor penting karena makanan juga adalah obat," kata dokter yang meneliti gaya hidup orang Pioppi, Aseem Malhotra.

Orang-orang di desa ini hanya mengonsumsi makanan pencuci mulut (dessert) pada hari Minggu, mereka juga membatasi asupan pizza hanya sekali atau dua kali sebulan. Meski mereka tidak olahraga di gym, tubuh mereka bugar karena banyak bergerak.

Selain itu, mereka juga memiliki tingkat stres yang rendah. Satu lagi, mereka tidur paling tidak tujuh jam per malam.

"Agar panjang umur, perubahan gaya hidup itu lebih hebat manfaatnya dibandingkan obat-obatan yang diresepkan dokter," pesan Maholtra mengutip Reader's Digest, Sabtu (1/7/2017).

Manusia Bisa Hidup sampai Usia 150 Tahun Lebih di Masa Depan

Apakah Anda ingin panjang umur dan hidup lebih lama? Jika ya, hal ini mungkin bisa tercapai. Kabar menggembirakan datang dari studi terbaru yang dilakukan ilmuwan asal McGill University di Kanada.

Peneliti melihat usia kehidupan manusia terpanjang, dari Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jepang tiap tahun sejak 1968. Hasilnya, manusia bisa hidup lebih lama lebih dari 150 tahun.

Para peneliti percaya, tubuh manusia tidak memiliki batas usia maksimum yang pasti.

"Kami hanya tidak tahu berapa batas usia maksimum manusia yang pasti. Tapi kami dapat menunjukkan, rentang hidup maksimum dan rata-rata usia manusia dapat terus meningkat di masa yang akan datang, " kata peneliti Siegfried Hekimi, dikutip dari Mother Nature Network, Sabtu (1/7/2017).

Penelitian ini menganalisis tingkat harapan hidup maksimum, yang berbeda dengan tingkat harapan hidup rata-rata manusia.

Harapan hidup makin meningkat

Tingkat harapan hidup rata-rata meningkat secara dramatis dalam 100 tahun terakhir. Pada 1920, harapan hidup rata-rata di Kanada sekitar 60 tahun. Pada 1980, tingkat harapan hidup mencapai 76 tahun, dan pada masa milenial ini meningkat sampai usia 82 tahun.

"Tiga ratus tahun yang lalu, banyak orang hidup dalam usia yang relatif pendek," kata Hekimi. Jika kita memberi tahu mereka, suatu hari nanti, manusia bisa hidup sampai usia lebih dari 100 tahun. Mungkin mereka akan mengatakan, pemikiran kami ini dianggap gila.

Penelitian yang berjudul Many possible maximum lifespan trajectories ini dipublikasikan di jurnal Nature pada 28 Juni 2017.

Asalasah | Sumber: http://health.liputan6.com/read/3007503/jika-mau-panjang-umur-tiru-cara-warga-desa-satu-ini?medium=Headline&campaign=Headline_related_click_1