Wanita Gemuk Harus Menurunkan Berat Badan Agar Bisa Hamil

AsalasahBerat badan berlebihan menjadi salah satu penyebab kehamilan yang sulit diperoleh seorang wanita. Penurunan berat badan adalah sedikit ternyata cukup efektif meningkatkan peluang kehamilan.

Dalam satu penelitian, wanita yang mengalami kesulitan hamil (infertilitas), Menurunkan berat sekitar 1.8 Kg dalam waktu 6 bulan akan meningkatkan peluang kehamilan hingga dua kali lipat.

Wanita yang kelebihan berat badan yang harus menurunkan berat badan lebih cepat sedikit untuk hamil

Penurunan berat badan itu sebaiknya dapat dicapai melalui penetapan diet dan meningkatkan aktivitas fisik. Hasil penelitian telah disajikan dalam Rapat Asosiasi Eropa reproduksi manusia dan Embriologi di Helsinki.

Penelitian ini melibatkan 577 wanita kelebihan berat badan yang memenuhi infertilisa. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama diberi saran untuk mengurangi berat badan melalui diet dan latihan dengan target penurunan 5 persen dari berat asli. Kelompok kedua tidak diberikan intervensi.

Kira-kira 1 dari 4 wanita dalam kelompok pertama yang berhasil mengurangi berat badannya hamil, kelompok yang kedua hanya 1 dari 10 orang yang hamil. Menurut Ketua Peneliti, Dr. Anne Van Oers, dampak terbesar akan dirasakan oleh wanita yang kelebihan berat badan yang melakukan aktivitas dengan teratur atau tidak.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi pada pola kehidupan wanita yang kelebihan berat badan akan meningkatkan peluang untuk hamil secara alami, terutama pada wanita yang mengalami ovulasi pengalaman," katanya.

Asalasah | Sumber: kesihatan-ku