8 Cara Terbaik Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat!

AsalasahTidak ada jalan pintas untuk menumbuhkan rambut yang panjang. Rata-rata, rambut tumbuh sekitar setengah inci per bulan. Kesehatan, kesejahteraan, dan faktor genetik Anda mempengaruhi tingkat pertumbuhan rambut Anda.

Anda bisa mendorong pertumbuhan rambut dengan menjaga kesehatan rambut melalui diet yang baik dan perawatan rambut yang tepat. Ramuan tertentu bisa membantu membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat juga.

Berikut adalah 8 cara terbaik untuk membantu rambut Anda tumbuh lebih cepat.

1. Makan makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan kaya protein dan vitamin dan mineral vital merupakan prasyarat penting bagi pertumbuhan rambut sehat. Memilih makanan tinggi vitamin A, B, C, dan E, besi, seng, tembaga, magnesium, dan selenium. Vitamin B-kompleks, khususnya, sangat penting untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

Jadi, sertakan berbagai makanan seperti susu, keju, yogurt, ayam, telur, biji-bijian, salmon, bayam, brokoli, paprika, kol, peterseli, grapefruit, alpukat, roti coklat, gandum, dan alfalfa dalam makanan Anda untuk memberi makan. Rambut dan kulit kepala Anda. Plus, minumlah jus buah dan sayuran segar, seperti jeruk, grapefruit, wortel, bit, dan jus selada.

Ikan, biji rami, kenari, kacang-kacangan, squash musim dingin, minyak zaitun, dan makanan lain yang kaya akan asam lemak omega-3 juga baik untuk pertumbuhan rambut karena sekitar 3% batang rambut terdiri dari asam lemak omega-3.

Hindari kekurangan gizi karena cenderung mempengaruhi rambut Anda secara negatif. Misalnya, kekurangan vitamin E dan seng menyebabkan rambut menipis dan mereda .

2. Gunakan minyak jarak
Karena kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial, terutama asam lemak omega-9, minyak jarak mendorong pertumbuhan rambut secara alami.

Karena minyak ini cukup kental, campurkan minyak jarak dengan minyak kelapa, zaitun, atau almond dengan perbandingan yang sama. Pijat kulit kepala Anda dengan itu dan biarkan selama 30 sampai 45 menit. Lalu keramas rambutmu.

Anda juga bisa menambahkan minyak esensial, terutama rosemary, peppermint, eucalyptus, lavender, atau minyak thyme, ke minyak jarak dan kemudian taruh di rambut Anda.

3. Pijat kulit kepala Anda
Memijat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya merangsang folikel rambut. Selain itu, dalam seminggu sekali gunakan perawatan hot oil atau masker rambut conditioning .

  • Oleskan minyak (sebaiknya hangat) atau kondisioner ke rambut Anda.
  • Gosokkan jari Anda dengan lembut ke kulit kepala Anda dalam gerakan melingkar selama tiga sampai lima menit.
  • Bilas minyak atau kondisioner dari rambut Anda.


4. Balikkan rambut Anda ke atas 
Inilah salah satu trik paling populer untuk mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Balikkan rambut Anda ke atas dengan membalikkan kepala selama dua sampai empat menit setiap hari. Hal ini diyakini bisa bekerja dengan memperbaiki sirkulasi.

5. Tetap bebas stres 

Stres adalah salah satu faktor terpenting yang berkontribusi terhadap rambut rontok. Hal ini diyakini bahwa stres dapat mengganggu siklus rambut normal dan memicu rambut untuk memasuki fase telogen atau fall-out. Jadi, saat mengupayakan pertumbuhan rambut lebih cepat, minimalkan stres dalam hidup Anda.

Untuk mengatasi stres, Anda bisa menggunakan meditasi, latihan pernapasan, atau teknik relaksasi lainnya. Plus, pastikan untuk mendapatkan kecantikan tidur karena hormon pertumbuhan dilepaskan saat tidur.

6. masker telur 

Telur sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut lebih cepat karena dikemas dengan protein dan juga mengandung zat besi, sulfur, fosfor, seng, dan selenium. Anda bisa menggunakan masker rambut telur minimal sebulan sekali.

Obat rumah untuk pertumbuhan rambut lebih cepat

  • pecahkan telur. Campur dalam empat sendok makan minyak biji anggur dan beberapa tetes minyak lavender. Oleskan pada rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama setengah jam. Akhirnya, bilas dan cuci rambut Anda seperti biasa.
  • Oleskan campuran dua kuning telur dan dua sendok makan minyak zaitun extra-virgin di kulit kepala Anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Cuci dengan air dingin lalu keramas rambut Anda.
  • Sebagai alternatif, kocok telur dan tambahkan satu cangkir susu, dua sendok makan minyak zaitun extra-virgin, dan jus dari setengah lemon ke dalamnya. Oleskan pada kulit kepala Anda dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum mencuci dan keramas rambut Anda.

7. Infus rambut Anda dengan ramuan herbal 
Herbal seperti rosemary, catnip, nettle, burdock, horsetail, dan sage mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat. Rosemary, khususnya, sangat baik untuk pertumbuhan rambut karena merangsang folikel rambut. Ini juga menambahkan kilau ke kunci Anda. 

Selanjutnya, sifat polifenol dan anti-inflamasi teh hijau juga terkait dengan pertumbuhan rambut. Plus, kebanyakan ramuan menstimulasi pertumbuhan rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi.
  • Siapkan infus herbal dengan menyedot ramuan ini ke dalam air panas selama 10 sampai 20 menit. Gunakanlah itu sebagai bilasan akhir setelah keramas dan pengkondisian rambut Anda. Selain mendorong pertumbuhan rambut, ini akan memperkuat rambut Anda dan membuatnya lembut dan mudah diatur.
  • Anda juga bisa mencampur infus herbal atau minyak esensial di sampo Anda.
  • Minum teh herbal.

8. Ambil suplemen vitamin dan herbal 
Selain mengonsumsi makanan yang tepat, Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti asam folat, biotin, kelp, minyak ikan, minyak biji rami, minyak evening primrose, ginseng, ginkgo biloba, saw palmetto, dan lainnya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Asam folat dan biotin adalah vitamin B kompleks (vitamin B9 dan B7) yang membantu pertumbuhan rambut lebih cepat. Sebelum mengkonsumsi suplemen apa pun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: