di Indonesia Sering Dengar "Para Alim Ulama hadir di acara", Padahal Alim dan Ulama Beda

AsalasahDi Indonesia kedua kata ini sering digunakan bersamaan. "Para Alim Ulama hadir di acara....."
Padahal ALIM dan ULAMA artinya beda. Lho kok?

Saat mendengar kata Ulama sebagian besar dari kita pasti langsung membayangkan sosok seorang laki laki berumur yang berjenggot dan bergamis atau bersarung.

Trus apa sebenarnya arti ALIM dan ULAMA?


‘Aalim adalah isim fa'il dari kata dasar 'ilmun atau Ilmu. Jadi Aalim atau Alim adalah orang yang berilmu. Dan 'ULAMA adalah bentuk jamak dari Alim. Kalo Alim bentuk Tunggal, bentuk jamak nya adalah Ulama.
Naaaaah salah kan jadinya pemakaian kata Ulama yang kita gunakan selama ini...

Ulama itu BANYAK bukan satu orang. Kalo menyebut Ulama artinya beberapa orang bukan cuma satu. Kalo satu orang aja namanya Aalim.

Sementara di Indonesia, Alim itu diartikan orang yang baik banget, rajin ibadahnya. "Si Fulan itu Alim banget ya..." atau ada temen yang tiba-tiba rajin ke masjid lalu kita menggoda nya dengan kalimat, "Cieeeeee.... Alim ni yee..."

Ya ga salah salah amat sih.... Kalo orang rajin ibadah pasti dia tau ilmu nya kan. Makanya jadi rajin.... Hehehe Dan penggunaan kata Ulama yang kadang kurang tepat di Indonesia. "Gus Mus adalah seorang Ulama dari Jawa Timur." Padahal yang benar seharusnya "Gus Mus adalah seorang 'Aalim dari Jawa Timur."
Jadi sekumpulan Alim disebut Ulama....

Orang orang yg layak disebut 'Ulama bukanlah semua orang yg memiliki 'ilmu. Tetapi hanya untuk orang-orang yang memiliki rasa takut kepada Allah.
Asalasah | Sumber: