Jangan Cuma Tau Manfaat! Ini Juga Bahaya Konsumsi Air Perasan Lemon Berlebihan

Asalasah ~ Minuman dari perasan lemon memang sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan. Namun, jika berlebihan, minum air lemon juga dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Efek samping dari terlalu berlebihan minum air lemon ini tidak bisa disepelekan. Berikut 6 efek samping minum air lemon berlebihan bagi kesehatan seperti dikutip Boldsky, Rabu (30/3/2016).

Infeksi ginjal

Kulit lemon mengandung oksalat. Ketika oksalat ini terkonsentrasi di tubuh, akan mengkristal dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan ginjal. Contohnya adalah batu ginjal dan infeksi ginjal. Bahkan, kandungan oksalat tersebut juga bisa mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Sering buang air kecil

Lemon dikenal sebagai diuretik yang meningkatkan produksi urin dalam ginjal. Ini membantu untuk menghilangkan kelebihan jumlah natrium dan racun cepat dari tubuh. Maka tak heran, usai minum air lemon akan membuat Anda sering kencing.

Gigi erosi 

Mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman asam seperti air lemon, dapat menyebabkan kontak dengan gigi. Bahayanya akan mengikis email gigi, serta membuat gigi sensitif terhadap makanan dan minuman panas atau dingin.

Asam lambung kambuh

Tingkat asam yang tinggi pada jus lemon dapat mengganggu perut sampai dapat dicerna sepenuhnya. Akibatnya, asam lambung naik dan efeknya sangat mulas. Bagi Anda yang ingin tetap meminumnya, batasi dalam seminggu tidak lebih dari 4 gelas.

Jantung berdebar 

Minum jus lemon berlebihan dapat memicu jantung berdebar. Hal ini dapat menyebabkan perut Anda mulas yang disertai dengan rasa terbakar. Maka, Anda diminta untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan rasa asam, untuk mengurangi gejala kambuhnya maag dan asam lambung.

Maag

Kandungan asam dalam air lemon dapat mengiritasi lapisan esofagus. Akibatnya lapisan lambung Anda terluka dan maag pun datang menyakitkan.

Asalasah | Sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/03/29/481/1348142/6-efek-samping-minum-air-lemon