Minimal Gaji Agar Dapat Tinggal dan Hidup Layak Di 7 Kota Besar di Indonesia

AsalasahKebutuhan Hidup Layak (KHL) adalah standar kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seorang pekerja untuk hidup dengan baik secara fisik, non fisik, dan sosial.

Nilai KHL di suatu daerah pun kerap dijadikan sebagai acuan untuk menetapkan upah minimum di daerah tersebut. Tentunya standar kebutuhan hidup layak berbeda di setiap daerah, penasaran berapa sih standar KHL di tempat kamu tinggal saat ini?


Cekaja.com mengolah data yang diambil dari Badan Pusat Statistik dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dengan penyesuaian akumulasi kenaikan KHL rata-rata 10% dari tahun sebelumnya. Berikut ulasannya.

DKI Jakarta – Rp 3,33 juta

Untuk kalian yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, mungkin bisa menjadikan acuan KHL di Jakarta untuk hidup secara layak. Standar KHL di Jakarta sekitar Rp 3,33 juta. Sementara, upah minimum DKI Jakarta mencapai Rp 3,35 juta. DKI Jakarta dan daerah di sekitarnya memang memiliki angka KHL paling tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.

Bandung –  Rp 2,79 juta

Bandung yang terkenal sebagai kota kembang terus berkembang pesat hingga sekarang. Angka KHL di Bandung juga terbilang tinggi yaitu sekitar Rp 2,79 juta. Sementara untuk tahun 2017 ini, upah minimum di Bandung mencapai Rp 2,83 juta.

Surabaya – Rp 2,38 juta

Eksistensi Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia memang tidak bisa dibantah lagi. Walau begitu, bukan berarti biaya hidup di Surabaya terbilang mahal. Berdasarkan penelitian, angka KHL di Surabaya hanya sekitar Rp 2,38 juta sementara upah minimumnya mencapai Rp 3,29 juta.

Yogyakarta – Rp 1,12 juta

Siapa yang tidak kenal Yogyakarta? Terkenal sebagai kota pelajar dan destinasi wisata murah, biaya hidup di Yogyakarta juga sangat ramah kantong. Dengan Rp 1,12 juta maka seorang lajang di Yogyakarta sudah dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama sebulan penuh. Sementara upah minimum di kota ini, mencapai angka Rp 1,57 juta.

Malang – Rp 2,37 juta

Kota Apel, Malang, merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Jawa Timur. Guna menatap masa depan kota yang lebih baik, pemkot Malang bersiap membangun techno park dan pusat industri kreatif digital. Untuk hidup secara layak di Malang, setidaknya pendapatan seseorang harus lebih dari Rp 2,37 juta.

Medan –  Rp 2,36 juta

Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Utara, Medan memang memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibanding daerah lain di sekitarnya. Angka KHL di Medan mencapai Rp 2,36 juta, namun tidak perlu khawatir karena upah minimum di Medan saat ini mencapai Rp 2,52 juta per bulan.

Bali -Rp 1,95 juta

Bali kerap kali dijadikan sebagai tujuan wisata. Keindahan alam, budaya, serta keramahan masyarakat setempat membuat Bali memiliki daya pikat yang tinggi. Terkenal sebagai daerah wisata tak berarti membuat biaya hidup di Bali tinggi. Pasalnya, angka kebutuhan hidup layak di Bali terbilang rendah yaitu hanya sebesar Rp 1,95 juta.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.cekaja.com/info/minimal-harus-punya-gaji-segini-jika-ingin-hidup-layak-di-7-kota-besar-ini/