Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk

AsalasahBanyak aktivitas yang berkaitan dengan menekuk lutut, misalnya saja mengambil barang yang terjatuh. Namun, saat lutut sakit saat ditekuk hal tersebut tentu bisa mengganggu aktivitas.

"Lutut sakit saat ditekuk bisa jadi salah satu gejala nyeri lutut. Tapi perlu dipikirkan lagi beberapa penyebabnya," ucap dr Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, dr Ghuna mengatakan penyebab lutut sakit saat ditekuk bisa karena adanya robekan pada meniskus. Selain itu, bisa juga karena tulang rawan atau kapsul sendi yang kerusakan.

Kemudian, penyebab lainnya bisa terjadi karena berlebihannya cairan sendi. Sebab saat cairan berlebih pada kapsul sendi, proses melipat dan meluruskan akan terganggu.

"Saat kapsul sendi berisi cairan, melipat dan meluruskan bisa terganggu karena akan agak terisi balon jadi kencang dan sulit bergerak dan sakit," sambung dokter yang praktik di RS Hasan Sadikin Bandung ini.

"Nah, kalau dibiarkan juga cairan tersebut bisa berisiko ke pelukan tulang rawan karena pada dasarnya cairan normalnya 7 sampai 10 cc," pungkas dr Ghuna.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://health.detik.com/read/2017/08/29/195657/3620626/763/lutut-sakit-saat-ditekuk-hmm-bisa-jadi-ini-penyebabnya