Profesi Desainer Web Photoshop Tak Akan Redup

AsalasahDulu saya sering dikata-katain, katanya masa-masa desainer web itu akan segera berakhir karena sekarang ini udah ada teknologi untuk membuat website tanpa harus pake Photoshop, bikin website pake HTML/CSS ajapun udah bisa bagus, atau beli template yg cuman $15, atau pake aplikasi yg instan dan mudah seperti wix. Iya memang bener tanpa photoshop pun bisa tapi tetep aja klo ga punya sense desain yg bagus tampilan websitenya ya begitu2 aja.

Tau ga sih, kebanyakan klien saya justru bilang klo ngedesain itu jangan sama kayak template, harus beda, mereka berani bayar mahal UI Desainer karena ga kepengen websitenya mirip template. Atau ada juga yg pesen desain karena awalnya dia bikin pake Wix, mereka ga ngerasa bangga kalo websitenya pake wix, ga keliatan profesional katanya. Jadi tetep aja klopun nanti ada aplikasi canggih utk desain website tetep ga akan pernah sempurna, selalu akan ada 'pasar' yg menginginkan hal yg berbeda karena yg dibikin pake aplikasi instan itu ga pernah memuaskan hasrat.

Dan juga yg namanya desain itu ada Trendnya, coba aja cek desain website taun 2000-an sama 2010 beda banget, desain web tahun 2010 sama 2015 aja udah beda, tampilan google yg dulu sama yg sekarang ga sama, tren desain website bisa berubah seiring dgn berubahnya pula teknologi, skill (manusia) bisa ngikutin sementara aplikasi krn keterbatasannya cenderung bisa mati karena teknologinya yg berubah. Dulupun Friendster pernah jaya, sekarang mati, bisa jadi Facebookpun 10 tahun kedepan bisa mati digantikan dgn yg lain sebagaimana Nokia yg sekarang ini ga lagi berjaya karena telat ngambil start oleh Blackberry, Samsung dan Apple dalam hal teknologi.

Nah jadi kitapun mesti berubah nih harus selalu 'update skill', kalo skill kita masih sama kayak skill kita 10 tahun yg lalu bisa jadi skill ini udah ga kepake lagi dijaman sekarang yg menyebabkan kalahnya kita dalam persaingan, sama seperti misal kita dihari ini punya Pejer mahal sementara oranglain udah pake smartphone, semahal-mahalnya pejer pastinya udah ga jaman lagi kali hari ini pake pejer  

Asalasah | Sumber: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1489469531111342&set=a.102692633122379.4143.100001449281055&type=3