13 Aroma Bunga dan Buah Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kita

Asalasah ~ Tahukah anda, selain makanan dan minuman yang menyehatkan atau yang menyembuhkan ada pula aroma-aroma yang dapat membuat hidup kita lebih sehat atau biasa disebut aromatherapy dalam dunia kesehatan. Berikut ini adalah 13 Arom Yang Baik Untuk Kesehatan Kita :


1. Lavender
Merupakan tanaman yang mengandung ekstrak alami untuk menenangkan syaraf dan mengurangi stres yang anda derita. Oleh karena itu apabila anda menderita insomnia atau sedang stres, cobalah untuk menghirup aroma lavender dari minyak lavender.


2. Lemon
Aroma lemon segar tak hanya membuat seseorang lebih tenang dan nyaman, karena aroma ini juga membantu meningkatkan konsentrasi. Menikmati secangkir teh lemon saat bekerja akan mengurangi kesalahan yang mungkin akan terjadi hingga lebih dari 50%.


3. Jeruk/Orange
Aroma jeruk, jika anda sakit kepala dan tidak hilang, setelah minum obat analgesik, minyak yang diambil dari grapefruit atau jeruk Bali dapat membantu. Dalam dunia aromatherapy, minyak tersebut dikenal memiliki sifat analgesik (menahan rasa sakit atau nyeri). Sebuah studi di Australia menemukan aroma citrus dapat meredam kegelisahan. Alasannya karena aroma yang terdapat pada buah ini dapat memengaruhi kinerja bagian otak penghasil relaksasi. Hirup aroma ini sesaat sebelum melakukan presentasi dan anda pun akan lebih tenang.


4. Kopi/Coffee
Tidak hanya minuman kopi yang dapat membuat anda berenergi karena kandungan kafein di dalamnya, namun aroma kopi yang anda hirup pun ternyata dapat membuat anda lebih berenergi serta dapat menyingkirkan rasa lelah.


5. Ekaliptus/Eucalyptus
Ekaliptus adalah termasuk tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Menghirup aroma ekaliptus dapat melegakan hidung tersumbat dan telinga yang sedang mendengung karena dingin. Aroma ekaliptus juga dapat melancarkan peredaran darah dengan cara mengaktivasi fungsi sel darah merah. kondisi ini membuat suplai oksigen meningkat ke seluruh tubuh. Efeknya, konsentrasi dan kapasitas daya pikir akan meningkat.


6. Min/Mint
Aroma mint melambangkan kesegaran dan dapat menjernihkan pikiran anda. Sehingga dengan menghirupnya, maka dapat meningkatkan konsentrasi anda. Aroma mint dapat meringankan gejala stres dengan menginduksi rasa tenang, selain itu aroma mentol bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi. Mint melonggarkan konstraksi bronkus pada penderita asma sehingga membantu memperlancar pernapasan.


7. Melati/Jasmine
Bunga melati yang harumnya khas, memang sangat disukai banyak orang, khususnya wanita. Namun selain wangi bunga nya yang menggoda, melati juga memiliki khasiat untuk membantu menenangkan. Hirup aromanya sebelum tidur sehingga tidur anda pun menjadi lebih berkualitas.


8. Mawar/Rose
Aroma bunga mawar yang harum dapat meregangkan otak syaraf dan mengurangi stres setelah seharian beraktivitas. Itulah sebabnya, mengapa bunga mawar dipilih sebagai salah satu bunga hias yang biasa diletakkan didalam rumah. Bahkan pengobatan menggunakan bunga mawar sudah dilakukan oleh masyarakat Romawi kuno dan Yunani kuno, mawar menjadi pereda rasa cemas dan obat depresi.


9. Coklat/Chocolate
Aroma coklat dapat menghasilkan endorfin, yaitu hormon yang membuat seseorang merasa bahagia. Suasana hati anda akan bahagia saat menghirup aroma cokelat. Kabar baiknya, anda tak harus makan coklat untuk mendapatkan efek ini, menghirup aromnya memberi efek yang sama.


10. Saffron
Aroma saffron, anda sering mengalami nyeri pada saat menstruasi? Cobalah untuk menghirup aroma saffron. Aroma ini mampu menghilangkan stres, nyeri dan perasaan tidak nyaman selama PMS (Pre-Menstrual Syndrome).


11. Kayu Manis/Cinnamon
Dengan mencium aroma kayu manis diketahui dapat meningkatkan aktivitas otak, selain itu aroma kayu manis juga dipercaya meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, serta kecepatan kerja dalam otak manusia dan tentunya aroma harumnya sangat menenangkan bukan?


12. Kayu Cendana/Sandalwood
Kayu cendana merupakan tanaman yang memberikan aroma yang bermanfaat untuk kesehatan. Cendana dapat menjernihkan pikiran anda dan meningkatkan konsentrasi.


13. Apel Hijau/Green Apple
Apel hijau membuat anda kurus. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang mencium aroma manis dari apel hijau akan menghilangkan berat sebesar 13,6 Kg dalam waktu enam bulan. Menurut ahli neurologi dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, aroma apel hijau dapat menekan selera makan. Anda pun tidak akan makan banyak.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.facebook.com/notes/ade-kurniawan-hs/13-aroma-yang-berguna-untuk-kesehatan-kita/755412591166967/