7 Cara Mudah Memperkuat Mental Diri

AsalasahOrang yang sukses harus bisa berpikir dengan cepat dan cekatan menerima tantangan. Sangat mudah terjebak dalam rutinitas harian, tapi kalo Agan mengikuti enam tips ini, Agan bisa mempertajam pikiran dengan cepat.

0. Dekatkan dengan agama
Mereka yang punya prinsip agama dan keyakinan pada tuhan yang tinggi cederung sangat berani

1. Bebaskan Diri dari Rutinitas

Pikiran yang mengikuti kebiasaan adalah pola pikir yang terbatas. Mereka yang mengikutsertakan diri ke dalam pengalaman baru, menantang, dan seru cenderung mempertahankan fungsi kognitif yangg tinggi, kata sebuah studi oleh Association for Psychological Science. Keterlibatan pasif tidak akan membantu -- contohnya mendengar musik yang berbeda dari biasanya dan bahkan memainkan game komputer berkategori "melatih otak" sulit menghasilkan perkembangan mental.

"Tidak cukup hanya keluar dan melakukan sesuatu -- yang paling penting adalah pergi keluar dan lakukan sesuatu yang enggak familiar dan menantang mental dan memberikan stimulasi mental dan sosial yang luas," kata Denise Park, ilmuwan psikologi yang memimpin penelitian di University of Texas di Dallas. "Saat Anda berada dalam zona nyaman, Anda bisa jadi berada di luar dari zona peningkatan."

Cobalah sekali dalam seminggu melakukan sesuatu di luar zona nyamanmu -- dengan begitu bahkan Agan bisa menemukan passion baru.

Nah mumpung berada di Kaskus, Agan bisa coba tuh terlibat dalam forum-forum komunitas yang belum pernah Agan coba sebelumnya. Mumpung Kaskus ngasih sarananya kan.

2. Terus Bergerak

Berolahraga jelas bermanfaat bagi fisik kita, tapi tubuh yang sehat juga berkaitan dengan pikiran yang sehat. Pada musim semi tahun 2014, seorang peneliti di University of Minnesota menemukaan bahwa olahraga cardio pernapasan berkolerasi langsung dengan kemampuan kognitif yang meningkat di masa depan -- khususnya dengan memori verbal yang lebih baik dan kecepatan psikomotor yang lebih baik.

Aktivitas fisik juga memiliki efek positif terhadap penyakit mental seperti depresi dan gangguan kecemasan, yang sering mencegah kita menyelesaikan sesuatu bahkan terhadap hal yang berhubungan dengan ambisi kita.

Nah coba deh buat yang kerja kantoran, mulai rencanain lari sore (sepulang kantor) atau lari pagi sebelum berangkat, biar pikiran dan mood kita positif terus.

3. Tidur yang cukup

Pekerja dan pengusaha sering mengorbankan tidur yang cukup demi bekerja keras, tetapi kalo Agan enggak tidur dengan cukup, mungkin itu jadi alasan kenapa perkembangan bisnis dan personal Agan menurun.

Sebuah studi dari Brown University mengonfirmasi bahwa tidur yang cukup mengunci pengetahuan yang didapat dari belajar hal/tugas baru, khususnya oleh sigma brainwaves, yang paling aktif ketika kita tidur.

Kebanyakan orang enggak tahu meskipun mereka dapat memiliki waktu untuk tidur, mengantuk dapat "mematikan" otak tanpa sadar, membuat sebagian besar pembelajaran sehari-hari atau kerja yang Agan lakukan sejak Agan mengantuk jadi tidak masuk, alias tidak berguna. Proyek yang Agan selesaikan selama 19 jam kerja karena begadang sangat tidak berkualitas, dan itu semua karena kekurangan tidur. Kebanyakan orang dewasa butuh tujuh jam tidur setiap malam, tetapi setiap orang pada dasarnya berbeda kebutuhannya. Kalo Agan menggunakan otak untuk mengerjakan tugas yang menuntut selama Agan bangun, mungkin Agan butuh tambahan jam tidur.

4. Tetap Jaga Ritme Circadian Agan

Ritme Circadian atau jam biologis adalah proses-proses yang saling berhubungan yaang dialami tubuh dalam rentang waktu kurang lebih 24 jam. Fungsi-fungsi tubuh antara lain adalah suhu badan, tingkat metabolisme, kesiagaan, detak jantung, tekanan darah, pola tidur-bangun, kemampuan mental, dan komposisi kimia tertentu pada tubuh. Fungsi-fungsi tubuh tersebut akan meningkat atau sangat aktif pada siang hari tetapi akan menurun atau tidak aktif pada malam hari atau sebaliknya.

Meskipun siklus ini beroperasi sendiri, siklus tidur dan bangun bisa dimanipulasi dengan temperatur dan cahaya. Riset menunjukkan bahwa paparan cahaya pada saat yang tepat seperti pagi dan siang hari bisa menjaga ritme circadian tetap berada di jalur, sedangkan paparan pada waktu yang tidak tepat (seperti sebelum tidur, atau tengah malam, bisa membuat Agan terbangun pada waktu-waktu yang tidak enak, sehingga, bisa mengganggu kemampuan seseorang berpikir dengan jernih.

Untuk mengatur ritmen circadian Agan, ekspose diri Agan pada cahaya alami di pagi hari dan siang dengan membuka jendela atau bahkan bekerja di luar -- hanya dengan jalan-jalan singkat ke luar selama istirahat makan siang bisa membantu nih. Pada malam hari, hal terbaiknya adalah menjauhi komputer, smartphone, dan tablet pada malam hari karena cahaya biru yang dipancarkan bisa mengganggu ritme circadian kita. Tapi kalo pekerjaan malam tidak bisa dihindari, cobalah mengunduh software seperti f.lux untuk menambahkan cahaya kuning virtual pada layar Agan.

5. Makanlah Makanan yang Meningkatkan Kemampuan Otak

Terus makan ikan dan sayuran hijau sesaat sebelum interview kerja mungkin memang enggak akan membantu Agan lolos wawancara, tetapi dalam jangka panjang, makan itu bisa meningkatkan kemampuan mental Agan. Makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging, telur, sayuran berwarna hijau gelap berperan dalam peningkatan konsentrasi dan IQ yang tinggi, sedangkan sereal whole-grain dan roti, yang mengandung vitamin B1, bisa memperbaiki kecepatan proses mental Agan.

Antioksidan, yang ditemukan dalam blueberi dan acai beri, bisa memperlambat efek yang merugikan seperti radikal bebas di dalam otak. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan dan kacang, bisa memerangi depresi dan meningkatkan kognitif. Jangan lewatkan sarapan -- kekurangan makanan di pagi hari bisa mengganggu kemampuan kognitif dan memori.

6. Tertawa

Tertawa dan berbagai bentuk hal-hal positif, seperti menonton film komedi singkat atau menerima hadiah yang berarti, mampu meningkatkan kemampuan untuk berpikir jernih, kreatif, dan melihat masalah dari perspektif baru dan out-of-the box. Ini bukan berarti Agan harus menghabiskan waktu produktif untuk menonton video kucing di YouTube atau bermain monster-monsteran dengan anak Agan, tapi sangat direkomendasikan untuk tertawa secara teratur dan konsisten untuk merilis endorfin, mengurangi hormon stres, dan membantu menghilangkan epinefrin, yang menyebabkan hipertensi dan gagal jantung.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/59c1ffb29e740445708b4569/6-cara-mudah-memperkuat-mental-agan/?ref=htarchive&med=hot_thread