Bagaimana Cara Agar Bisa berhenti merasa Malu, Rendah Diri dan Tak Berani Bicara?

Asalasah ~  Saya berusia 26 tahun dan saya belum pernah punya pacar. Saya terlalu pemalu dan terlihat buruk (saya jelek, gelap, tingginya 5,2 kaki, botak dan memiliki banyak rambut di tubuh saya), jadi saya merasa kurang percaya diri sebelum berbicara dengan cewek mana pun. Bagaimana saya bisa berhenti merasa seperti pecundang?

Jawaban 1 Bagaimana Cara Agar Bisa berhenti merasa Malu, Rendah Diri dan Tak Berani Bicara?
Kuncinya adalah benar-benar mulai mengubah bahasa dan pemikiran yang Anda gunakan terhadap diri Anda sendiri. Alih-alih bertanya bagaimana cara berhenti dari perasaan seperti pecundang, tanyakan bagaimana saya bisa mulai merasa seperti pemenang. Perubahan kecil seperti itu membuat semua perbedaan. Saya memiliki daftar di bawah afirmasi positif yang dapat membantu Anda membuat perubahan itu.

Jawaban 2 Bagaimana Cara Agar Bisa berhenti merasa Malu, Rendah Diri dan Tak Berani Bicara?

  • Berhentilah membanding-bandingkan kemampuanmu dengan orang lain. Setiap orang punya kemampuan dan pencapaian yang berbeda-beda yang tidak untuk dibanding-bandingkan
  • Ekseskusi sesegera mungkin ide dan gagasan brilianmu agar kamu tak punya banyak waktu lagi untuk meremehkan diri sendiri!
  • Jangan mencemaskan apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Tapi cemaslah jika kamu mulai kehilangan semangat dan berhenti melangkah
  • Jangan malu untuk meminta bantuan. Meminta bantuan menunjukkan bahwa kamu mau belajar tentang hal-hal baru yang belum pernah kamu ketahui
  • Bila di tengah jalan bertemu dengan kegagalan, jangan takut! Jadikanlah kegagalanmu sebagai guru dan teman perjuangan
  • Saat kamu merasa ingin menyerah, ingat kembali alasanmu untuk memulai. Berjanjilah pada diri sendiri untuk menyelesaikan apa yang sudah kamu mulai
  • Tuliskan pencapaian yang sudah kamu capai hari ini. Selalu ada hal yang patut untuk kamu syukuri setiap harinya
  • Kepercayaan diri adalah buah dari upayamu untuk mencintai dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri tanpa syarat adalah sumber kekuatan diri yang sesungguhnya

jawaban 3 Bagaimana Cara Agar Bisa berhenti merasa Malu, Rendah Diri dan Tak Berani Bicara?
Orang yang pemalu, minder, serta rendah diri akan mengalami kesulitan bergaul, bahkan ada yang cenderung menarik diri dari pergaulan. Padahal selalu sendirian pun bukanlah kenyataan yang mereka inginkan.  Jauh di lubuk hati yang terdalam ada keinginan untuk bisa bergaul seperti orang lain atau ingin bisa sukses seperti orang lain, tapi apa daya mereka minder karena merasa tak mampu.

Orang yang minder memiliki self image yang rendah, cenderung merasa tidak lebih baik dari orang lain, dengan kata lain sebenarnya dia merasa tidak layak untuk bahagia.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki sifat minder, pemalu dan rendah diri, tapi faktor pendidikan keluarga dan lingkungan sangat berperan. Jika anak terlalu sering dilarang-larang bahkan untuk hal sepele, anak bisa kehilangan kepercayaan dirinya. Jika anak terlalu dikekang dan dibatasi pergaulannya dan disuruh diam di rumah terus, maka mereka bisa jadi pribadi yang pemalu dan tidak percaya diri dalam pergaulan, begitu pula jika mereka sering dimarahi dan dikatai tidak bisa apa-apa, atau tidak dipercaya untuk melakukan hal yang sebenarnya bagus untuk mengasah kemampuannya, maka anak pun akan terprogram sebagai orang yang tidak bisa apa-apa, sehingga mereka akan minder ketika dihadapkan dengan situasi yang membutuhkan kepercayaan diri yang tidak pernah diajarkan oleh keluarga atau lingkungan.

Jika Anda adalah orang yang pemalu, minder dan rendah diri yang terprogram karena pendidikan di rumah dan lingkungan, tentunya Anda tidak suka dengan kondisi seperti itu bukan? Anda pasti tidak mau terus-terusan menjadi pribadi yang minderan dan rendah kepercayaan dirinya.

Pasti Anda ingin menjadi lebih baik dan mengeluarkan potensi Anda yang terbaik. Membangkitkan rasa percaya diri adalah kuncinya, dan meskipun Anda sudah bertahun-tahun menjadi pribadi yang tidak percaya diri, bukan berarti tidak ada solusi, Anda masih bisa menjadi orang yang super percaya diri.

Yang pertama Anda butuh niat dan keinginan kuat untuk berubah, serta siap untuk berproses menjadi pribadi yang lebih baik, dan lebih percaya diri.

Yang kedua, Anda harus siapkan waktu untuk membangun kepercayaan diri. Anda bisa mulai dengan mengamati perilaku orang-orang yang percaya diri, atau membaca kisah-kisah sukses orang yang dulunya sangat pemalu dan tidak pede. Atau juga bisa membaca kisah-kisah sukses orang yang secara fisik lebih tidak beruntung dari Anda. Misalnya ada orang yang cacat tapi tetap pede untuk bergaul, bahkan akhirnya menikah dengan orang yang fisiknya sempurna.

Yang ketiga, jika ternyata Anda merasa butuh bantuan orang lain untuk membantu proses transformasi Anda maka Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan pengembangan diri seperti kelas public speaking, atau ikut workshop berbasis terapi.

Atau jika Anda terlalu pemalu dan sama sekali tidak bisa bergaul, takut untuk mengungkapkan masalah Anda, khawatir ditertawakan, serta memiliki kecemasan-kecemasan lainnya, maka Anda dapat menghubungi seorang terapis untuk membantu membangkitkan kepercayaan diri Anda.

Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah hipnoterapi. Karena hipnoterapi sudah terbukti efektif dalam membantu banyak orang membangkitkan kepercayaan diri dengan cara mengedukasi ulang pikiran bawah sadar, dan mengatasi trauma yang menjadi akar masalah penyebab rasa tidak percaya diri tersebut.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://pondokperubahan.com/menghilangkan-sifat-pemalu/