bagaimana Pengaruh Tidur Siang bagi Otak Dan Kenapa Kita Harus Melakukannya

Asalasah ~ BAGAIMANA TIDUR MEMPENGARUHI KITA
Tidur siang bukanlah untuk semua orang, saya sering mendengar banyak orang mengatakan bahwa tidur siang tidak membuat mereka lebih baik, jadi saya akan menggali lebih banyak informasi tentang efek tidur siang pada otak anda, apakah benar – benar baik atau tidak.

Seperti yang kita tahu, cukup tidur terbukti sangat menyehatkan. Cukup tidur dapat membuat fungsi jantung membaik, membantu perawatan hormon, membantu perbaikan sel serta meningkatkan ingatan juga fungsi kognitif otak anda. Pada dasarnya tidur membantu tubuh kita untuk menghadapi hari, memperbaiki diri, dan mempersiapkan hari esok.

Disisi lain, kurang tidur dapat membahayakan kita dalam beberapa cara. Bahaya yang paling nyata adalah kurangnya konsentrasi.

KEUNTUNGAN TIDUR SIANG

Pelelitian tentang tidur siang telah menunjukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan fungsi kognitif, berfikir kreatif, dan daya ingat. Seperti yang ditulis dalam artikel Your Body’s Best Time for Everything , tubuh kita di desain untuk tidur 2 kali dalam sehari.

Pemikiran tentang tidur 8 jam per hari sudahlah usang, sebagai contoh, di China jutaan pekerja melakukan tidur siang selama 1 jam di meja kerjanya atau setelah makan siang, begitupula di Inda dan Spanyol bahwa tidur siang merupakan hal yang biasa.

Pakar tidur mengemukakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan banyak hal, seperti meningkatkan kewaspadaan, kreativitas, mengurangi stress, meningkatkan stamina, meningkatkan keahlian motorik dan akurasi, menambah gairah sex, membantu menurunkan berat badan, mengurangi kemungkinan serangan jantung, serta mencerahkan mood dan daya ingat anda.

INGATAN

Tidur siang terbukti membantu proses belajar, membantu kita dalam menangkap dan menyimpan informasi menjadi lebih baik. Dalam sebuah uji coba untuk mengilustrasikan kekuatan ingatan, peserta diharuskan mengingat setumpuk kartu, setelah itu mereka di beri kesempatan untuk istirahat selama 40 menit. Sebagian peserta menghabiskan waktunya untuk tidur, dan sebagaian lagi tetap terjaga. Setelah waktu istirahat usai kedua grup tadi di uji ingatannya tentang kartu tersebut, dan grup yang tidur menunjukan daya ingat yang lebih baik.

BELAJAR

Tidur siang juga ternya ta membantu membersihkan brain’s temporary storage area , sehingga otak anda siap untuk menerima informasi baru. Sebuah penelitian di University Of Callifornia meminta pesertanya untuk mengerjakan tugas pada siang hari. Sekitar jam 2 siang, setelah itu sebagian peserta tidur siang, dan sebagian lagi tidak. Yang paling menarik dari tes ini adalah, tidak hanya pada jam 6 sore para peserta yang tidur siang tampil lebih baik dari yang tidak, akan tetapi faktanya mereka tampil lebih baik dari yang mereka lakukan pagi itu.

Para ahli pun mengatakan bahwa, tidur sebelum belajar menyebabkan otak kita dapat menampung 40 % informasi lebih banyak dibanding tidak tidur terlebih dahulu.

MENGHIDARI OTAK NGEBUL
Penilitian dari Massachusetts menunjukan bahwa tidur siang menjaga otak kita dar kelebihan muatan informasi. Peneliti juga bereksperimen dengan cara lain yang menunjukan bahwa seberapa cepat otak kita menjadi kelebihan muatan, yaitu hanya denga 3 tes cukup untuk menyebabkan tidak optimalnya penerimaan otak akan sebuah informasi.

Penelitian lain menunjukan bahwa 60-90 menit tidur siang sama khasiatnya denga tidur semalam suntuk.

APA YANG TERJADI PADA OTAK KITA KETIKA TIDUR SIANG
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ketika kita tidur siang, otak kanan kita lebih aktif daripada otak kiri. Fakta bahwa 95% populasi dunia adalah pengguna tangan kanan, yang berarti otak kiri bekerja lebih dominan, akan tetapi otak kanan lah yang bekerja pada saat tidur. Seorang peneliti, Andrei Medvedev berspekkulasi bahwa selama tidur otak kanan “kebagian piket” untuk mengerjakan pekerjaan otak ketika tidur.

Jadi, ketika otak kiri kita beristirahat selama tidur, otak kanan kita membersihkan informasi sementara, menyimpan informasi pada penyimpanan jangka panjang, dan memantapkan ingatan yang didapat selama hari ini.

BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN TIDUR SIANG KITA

Tidak semua tidur siang berakhir baik, kadang, setalah bangun dari tidur siang, kita malah merasakan lebih lemas dari sebelumnya, berikut adalah beberapa tips agar dapat memaksimalkan tidur siang kita.

1. Pelajari Berapa Lama Anda Tidur
Setelah anda mengetahui berapa lama anda biasa tidur, anda dapat mempersiapkan alarm untuk membangunkan anda dari tidur siang, tambahkan 15 – 20 menit dari waktu tidur anda. Menggunakan alarm akan membuat anda tenang saat tidur tanpa khawatir akan kebablasan sampai waktu makan malam.

2. Jangan Tidur Terlalu lama
Tidur terlalu lama menyebabkan anda bangun dengan keadaan lemas, ini sering disebut juga sleep inertia, perasaan grogi pada saat bangun dan bahkan merasa lebih lelah dari keadaan sebelum tidur.

Menurut DR. Sara C. Mednick yang menulis Take a Nap! Change Your Life , sleep inertia terjadi ketika bangun ditengah ketidaksadaran yang dalam.

Para peneliti meyakini bahwa tidur siang singkat dapat dilakukan sekitar 10 – 15 menit, atau melakukan tidur siang selama maksimal 90 menit. Tidak ada keuntungan dair tidur siang lebih dari 90 menit. Karena setelah 90 menit anda akan masuk pada tahap selanjutnya dari tidur.

3. Pilih Waktu Tidur
Waktu tidur yang paling ideal adalah setelah makan siang, bagi pekerja yang bekerja dari jam 9 – 5. Jika anda begadang pada malam sebelumnya, anda akan cenderung memilih tidur siang untuk mendapat energi lebih dibandingkan dengan minum minuman energi atau kopi. Cobalah untuk tidur siang singkat sebelum menghadapi sore hari.

4. Latihan
Cara terbaik mendaptkan tidur siang yang maksimal adalah dengan mencobanya sendiri, mencari waktu yang cocok, lama waktu tidur, tempat tidur dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengatur tempat tudur anda sekecil mungkin, dan bawalah selimut agar menjaga anda tetap hangat selama tidur.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5253e2e4f9ca17e94e000001/pengaruh-tidur-siang-bagi-otak-dan-kenapa-anda-harus-melakukannya/?ref=postlist-21&med=recommended_for_you