Berbagai Keuntungan Yang Didapat Dari Panen Pohon Gaharu

AsalasahPohon Gaharu, kini menjadi primadona untuk petani hal itu dikarenakan tingginya nilai jual dari getah pohon gaharu tersebut, disisi lain kemudahannya dalam hal penanaman karena pohon gaharu ini sangat cocok untuk kawasan tropis.

Pohon Gaharu sendiri merupakan  sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, serta mempunyai kandungan kadar damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu yang tumbuh secara alami dan telah mati, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi baik secara alami atau buatan pada pohon tersebut, dan pada umumnya terjadi pada jual bibit Gaharu Aquilaria Mallacencis.

Untuk masalah harga dari getah pohon gaharu terbilang bervariasi, tergantung pada kulitas dari pohon gaharu itu sendiri, biasanya berkisar di angkat Rp.5-20 juta per kilogram. Untuk getah gaharu yang memiliki kualitas rendah dan berwarna kuning laku dijual Rp.5 juta per Kg, sedangkan untuk getah pohon gaharu yang berwarga hitam atau dengan kualitas baik laku dijual Rp15-20 juta per Kg.

Sekarang ini yang menjadi primadona dalam proses budidayanya adalah jenis Gyrinops spp. Dan Aquilaria spp. Oleh karena itu jual bibit gaharu aquilaria mallacencis dan gyrnops sangat lag laku dan diminati masyarakat untuk dibudidayakan.

Pohon gaharu menurut “Jual Bibit Gaharu Aquilaria Mallacencis “bisa berkembang dengan baik pada lahan dataran rendah hingga perbukitan hingga mencapai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dengan kondisi tanah lembut liat berpasir (pH : 4,0 – 6,0).

Pola tanam pohon gaharu menurut “jual bibit gaharu aquilaria mallacencis “bisa dilaksanakan dengan monokultur (sejenis) dan Polikultur (campuran). Untuk penanaman pola Monokultur dilakukan dalam lahan kosong dengan jarak 2 x 2 m, 2 x 3 m dan 3 x 3 m.

Sedangkan penanaman pola Dikultur dapat dilakukan bersama dengan tanaman keras lainnya seperti : coklat, karet, kopi, kelapa sawit, sengon atau ditanam dalam pekarangan/perladangan yang sudah ada kumpulan tanamannya (pengkayaan).

Semoga bermanfaat, selamat menanam. Semoga Anda menjadi orang kaya....

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lp2macehutara.blogspot.co.id/2013/06/menikmati-keuntungan-dari-menanam-pohon.html