Bill Gates Cuma Punya 2% Microsoft. Lalu Dari mana kekayaannya berasal?

Asalasah ~ Ya kamu benar. Sebagian besar kekayaan Bill tidak berasal dari Microsoft. Sampai hari ini, Bill Gates bernilai $ 86 miliar - orang terkaya di bumi, dan kebanyakan orang berpikir bahwa uangnya berasal dari Microsoft, tapi ini tidak benar.

Pada tahun 2013, WSJ menulis bahwa:
Bill Gates memiliki kekayaan bersih hampir $ 82 miliar, dimana hanya $ 14 miliar ada di saham Microsoft . Sebagian besar sisanya - $ 64 miliar - diinvestasikan dalam berbagai aset melalui Cascade Investment LLC, perusahaan investasi swastanya, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Kas, beberapa investasi dan aset teknologi kecil seperti rumah seluas 66.000 kaki persegi di Medina, Wash, membentuk potongan $ 4 miliar terakhir...https://blogs.wsj.com/moneybeat/2014/09/19/breaking-down-bill-gatess-wealth/

Pada Juli 2016, Bill memiliki lebih dari 190 juta saham Microsoft, yang akan menjadi $ 13,3 miliar dengan harga Microsoft $ 70 per saham saat ini.

Jadi, sebagian besar kekayaan Bill Gates berasal dari Cascade Investment LLC , dan Anda tahu apa? Bukan Bill yang mengelola dana luar biasa ini - melainkan Michael Larson .
Michael Larson adalah salah satu orang paling berkuasa dalam manajemen kekayaan AS yang belum pernah Anda dengar. Dia adalah kepala investasi Bill and Melinda Gates Investments (BMGI), dan karena itu bertanggung jawab mengelola kekayaan pribadi Bill melalui Cascade Investment, serta menangani asuransuran Bill & Melinda Gates Foundation Trust. Meskipun memiliki pekerjaan berprofil tinggi, dia bekerja keras dan berhasil untuk tetap berada di luar mata publik - Cascade menolak untuk berbicara mengenai tujuan artikel ini.... kata artikel Financial Times. 
Berbasis di Kirkland, Washington, Cascade menghindar dari perhatian media. Ini menolak berkomentar mengenai strategi investasinya namun diketahui berinvestasi secara global dan di banyak kelas aset. Lima saham ekuitas terbesar yang diungkapkan publik adalah: Kereta Api Nasional Kanada; Layanan Republik, perusahaan pemindahan limbah; Ecolab, pembuat desinfektan; Femsa, kelompok minuman; dan Deere, pembuat mesin pertanian.
Cascade memiliki kepemilikan di perusahaan properti dan non-teknologi. Perusahaan ini memegang sekitar 4 persen saham di grup investasi Berkshire Hathaway Warren Buffett, memiliki 47 persen perusahaan hotel Four Seasons dan sekitar 6 persen dari Bunzl, kelompok distribusi dan outsourcing. Pada bulan Agustus, ia meningkatkan kepemilikannya di Strategic Hotels and Resorts menjadi 9,8 persen.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.quora.com/Bill-Gates-owns-just-2-of-Microsoft-Where-did-most-of-his-wealth-come-from