Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah dan Darah Tinggi

Asalasah ~ Cara Hipotensi Mengatasi Tekanan Darah Rendah 

merupakan kondisi tekanan darah yang tidak normal karena terlalu rendah. Seeorang dikatakan bertekanan darah rendah bila tensinya kurang dari 90/60 mmHg.

Hipotensi biasanya baru menjadi perhatian bila sudah menimbulkan gejala atau gangguan yang berarti. Seperti, merasa pusing lalu jatuh, atau bahkan sampai pingsan. Yang jadi masalahnya, mengobati hipotensi lebih sulit dibandingkan menangani hipertensi. Sebab, obat hipertensi yang sudah banyak dijual di pasaran. Sedangkan, obat untuk mengatasi tekanan darah rendah, nyaris tidak ada obatnya.

Apa pemicunya?

  • Dehidrasi karena kurang minum, demam, diare hebat dan muntah.
  • Mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, obat jantung, antidepresi, obat disfungsi ereksi, atau obat untuk parkinson. Penggunaan obat diuretik secara berlebihan, misalnya pil pelangsing.
  • Mengalami anemia, infeksi berat, gangguan jantung, gangguan sistem saraf pusat, gangguan endokrin (termasuk hipotiroid, hipertiroid, diabetes, dan kadar gula darah rendah).
  • Terlalu lama terpapar udara panas, kehamilan, terlalu lama berbaring karena sakit, usia makin tua.
  • Cara mengatasinya :

Pada prinsipnya tekanan darah rendah tidak memerlukan pengobatan. Bila anda merasakan gejala, segeralah berbaring dan biasakan mengubah posisi duduk ke berdiri secara perlahan. Berlawanan dengan pengidap hipertensi, penderita tekanan darah rendah justru dianjurkan menambah konsumsi garam dapur, termasuk makanan asin bergaram. Disarankan total asupan garam sehari diperkirakan setara dengan 10-20 gram (1-2 sendok makan).

Tekanan darah rendah juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi kopi, bayam, cabe, coklat, lada, hati ayam kampung/sapi/kambing, susu, mentega, keju dan jahe merah. Sebaliknya hindari makanan yang pahit, asam, dan ketimun.

Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat.

Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis untuk melancarkan peredaran darah.

Saya tidak akan lebih bahagia, tapi saya akan lebih puas. Kebahagiaan saya berasal dari keluarga dan teman saya. Dan mereka mencintaiku sama apakah aku punya $ 2 atau $ 200 juta.

Saya tidak pernah cemburu pada orang-orang kaya ultra - gaya hidup, perhiasan, rumah mewah dan jet pribadi mereka. Tapi, saya merasa iri dengan cara mereka dapat mempengaruhi dunia.

Misalnya, tahukah Anda bahwa George Clooney menciptakan dan mendanai perusahaan yang menggunakan satelit untuk memantau tentara Sudan dan memperingatkan warga sipil tentang serangan yang akan segera terjadi, yang menyelamatkan ribuan nyawa? Saya berharap bisa melakukan hal seperti itu.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit pembunuh paling dahsyat di dunia saat ini. Faktor utama penyakit darah tinggi adalah usia, sehingga penyakit ini sering didapati pada usia lanjut. Dari tahun ke tahun penderita penyakit darah tinggi semakin bertambah banyak, dan sebagian besar dari mereka mencoba mengobati penyakit darah tinggi atau obat penurun tensi dari bahan sintetis (farmasi / kimia).

Pharmacy berasal dari kata Yunani, pharmacon yang berarti racun. Mengonsumsi obat dapat diartikan memasukkan racun ke dalam tubuh. Bedanya, racun tersebut diberikan secara tepat dengan memperhitungkan dosis tertentu sehingga dapat menyembuhkan penyakit. Namun sekali racun, tetaplah racun. Tak ayal, obat-obatan terkadang justru menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Atas alasan inilah banyak penderita penyakit darah tinggi dan bahkan para dokter dan herbalis menganjurkan untuk mengimbangi dengan mengkonsumsi obat herbal alami yang sesuai untuk darah tinggi / hipertensi.

Faktor dominan yang menyebabkan hipertensi adalah pola makan dan aktivitas tubuh. Akibat dua hal seiring bertambahnya usia semakin meningkatkan resiko kemunculan penyakit.

Pengendalian hipertensi antara lain yaitu:

  1. Diet rendah garam, kolesterol, dan lemak jenuh. Mengurangi asupan garam ke dalam tubuh. Harus memperhatikan kebiasaan makan penderita hipertensi. Pengurangan asupan garam secara drastis akan sulit dilaksanakan, jadi sebaiknya dilakukan secara bertahap dan tidak dipakai sebagai pengobatan tunggal.
  2. Berhenti merokok dan alkohol.
  3. Latihan fisik secara teratur.
  4. Menghindari stres. Buatlah suasana yang menenangkan dan lakukan relaksasi-relaksasi rutin setiap hari. Hal ini penting untuk memberi efek ketenangan yang dapat mengontrol sistem saraf sehingga dapat menurunkan tekanan darah.
  5. Memperbaiki gaya hidup yang kurang sehat. Penting melakukan olahraga seperti senam aerobik atau jalan cepat sekitar 30 menit sebanyak beberapa kali dalam sepekan.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://ristiyanarahayuxtkj1.blogspot.co.id/2012/01/cara-mengatasi-tekanan-darah-rendah-dan.html