Gejala dan Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Asalasah ~Jika dulunya penyakit ini populer di kalangan orang lanjut usia, kini karena pola hidup yang tidak sehat, anak muda juga bisa terkena darah tinggi. Penyebab darah tinggi pada usia muda dapat muncul antara usia 13 sampai 18 tahun akibat gaya hidup dan kebiasaan buruk seseorang .

Darah tinggi atau yang lebih familiar disebut penyakit hipertensi pada awalnya menyerang manusia dengan gejala yang tidak terlihat namun seiring gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat terus berlangsung maka penyakit darah tinggi tersebut tidak bisa dihindari.
Gejala Darah Tinggi Pada Usia Muda

  • Menderita sakit kepala yang berulang dan lebih sering datang dengan mendadak dengan intensitas rasa nyeri yang ringan sampai berubah menjadi parah. Penyebab darah tinggi pada usia muda paling sering terjadi berawal karena stres yang berkepanjangan dan akhirnya lama kelamaan menyebabkan pembuluh darah menyempit karena tekanan dari strees itu sendiri yang akhirnya memicu munculnya sakit kepala. 
  • Menderita kesulitan tidur dapat menyerang usia muda karena peredaran darah dikepala tidak lancar . Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan munculnya penyakit insomnia. (Baca Juga: Cara Mengobati Insomnia)
  • Terjadi pendarahan dirongga hidung dengan debit darah yang ringan sampai berat. Kondisi ini disebabkan karena meningkatknya tekanann darah menyebabkan suhu panas meningkat didalam tubuh sehingga menekan pasokan darah menjadi terhamabatsehingga terjadi penggumpalan.
  • Ketika tekanan darah meningkat diusia produktif maka gejala yang paling mudah dilihat adalah wajah berubah memerah dan nampak pucat setelahnya. Penyebab darah tinggi pada usia muda lebih banyak disebabkan karena adanya tekanan akibat aktivitas sehari hari. (Baca Juga: Obat Hipertensi)
  • Sering mengalami kantuk dan merasa kehausan walaupun sudah minum air putih dengan jumlah yang memadai. Kondisi ini dipicu karena tekanan darah telah menyebabkan organ arteri bekerja berat dan harus dibantu oleh cairan tubuh , Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan tubuh.  
  • Tulang, Persendian dan otot tubuh mengalami penurunan fungsi karena menderita kelemahan akibat aliran darah yang tidak stabil dibeberapa arteri dalam tubuh. Tubuh akan mudah lemas dan kelelahan. 
  • Mengalami pusing yang seakan akan tubuh berputar putar atau yang sering disebut sebagaia vertigo. Vertigo pada penderita peningkatan tekanan daraha terutama usia muda bisa berlangsung berulang ulang atau hanya sebentar saja.
  • Kehilangan kemampuan untuk bisa fokus atau berkonsentrasi pada apa yang sedang dihadapi. Seringkali linglung, Mudah lupa dan melamun. 
  • Mudah tersinggung , Sering panik, Gelisah dan tidak mampu mengendalikan emosi atau menjadi lebih sensitive pada hal hal yang sebenarnya tidak penting untuk tetap ditanggapi. 


  • Pola makan buruk yaotu terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak garam, Makanaan yang dimaksud adalah jenis jeroan, Makanan siap saji atau makanan gorengan yang diamsak dengan menggunakan minyak kelapa yang telah dipakai berulangkali.  
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat merusak pembuliuh darah diseluruh tubuh terutama arteri yang menuju kepala, Jika saraf pusat terganggu maka akan menghambat jalannya pasokan darah yang berisi oksigen untuk amsuk kebagian kepala akibatnya peningkatan tekanan darah tak bisa dihindari lagi. 
  • Kebiasaan merokok pada usia muda apalagi dalam jumlah yang berlebihan rentan terserang pengahambatan pasokan darah bersih didalam arteri menuju otak, Nikotin dalam rokok dapat melukai dinding pembuluh darah, Mencemari darah dan menghambat kinerja jantung ketika memompa darah untuk disebarkan keseluruh tubuh. 
  • Faktor genetik adalah dimana salah satu orangtua atau kedianya adalah penderita hipewrtensi yang sudah atau belum sembuh sangat berpotensi akan menurunkan penyakitnya pada keturunannya walaupun kenyataannya tidak semua keluarhga akan mengalaminya.
  • Malas berolahraga adalah pemicu utama munculnya darah tinggi pada usia muda karena tanpa berolahraga pembuluh darah tidak akan sehat, Saraf saraf tubuh menyempit dan pasokan darah baru yang berisi oksigen tidak memadai . (Baca Juga: Akibat Kurang Olahraga)
  • Kegemukan dan penyakit obesitas rentan menyebabkan tekanan darah meningkat karena kelebihan lemak didalam tubuh dapat menfgahambata jalannya darah dan memperlambat darah untuk menyebar keseluruh peredaran darah terutama yang menuju otak. 50 % tekanan darah tinggi cepat meningkat pada para remaja disinyalir karena mereka kelebihan berat badan. (Baca Juga: Penyebab Obesitas pada Anak)
  • Stres berat dan berkepanjangna akan merangsang pembuliuh darah menjadi menyempit dan darah yang mengalir menjadi tersendat sendat. Kondisi ini dapat menekan saraf kepala yang memicu munculnya hipertensi pada anak muda. (Baca Juga: Cara Menghindari Stres)

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://halosehat.com/penyakit/darah-tinggi/penyebab-darah-tinggi-pada-usia-muda