Lebih Baik Pindah Ke Negara mana? Indonesia atau Malaysia?

AsalasahNegara manakah yang lebih baik untuk pindah ke Indonesia atau Malaysia?

Karena memiliki budaya yang sangat mirip, terkadang bisa sangat berbeda dalam banyak hal.
Saya pribadi orang Indonesia tapi saya belajar dan bekerja di Malaysia (total 4 tahun), dan rasanya seperti rumah kedua bagi saya.

Namun, itu juga tergantung pada pilihan Anda. Saya mungkin mengatakan kedua negara memiliki sisi positif dan negatif. Sebagai contoh:

Malaysia

  • Positif : tinggal di pusat kota sangat nyaman dan menyenangkan. Angkutan umum dirancang dengan baik dan nyaman. Juga untuk berjalan di pejalan kaki mudah ditemukan. Bagi ekspatriat/migran akan sangat mudah dan tidak begitu berbeda dengan negara asalnya. Banyak apartemen dan pusat perbelanjaan, makanannya juga beragam dan kebanyakan orang berbahasa Inggris setiap hari. Orang-orang juga multikultural di mana Anda bisa bertemu dengan orang-orang Melayu, Cina dan India (secara harfiah) yang berbicara secara berbeda. Mayoritas orang suka meniru orang-orang Inggris (mungkin karena sejarahnya).
  • Negatif : Saya akan mengatakan hidup monoton, tidak begitu banyak hiburan dibandingkan dengan Indonesia, 3 ras utama di Malaysia masih belum tercampur aduk di negara dimana Anda dapat dengan mudah menentukannya dan orang-orang tidak akan sepaham orang Indonesia.

Indonesia

  • Positif : Orang yang sangat ramah dan membantu, bagi ekspatriat kebanyakan akan tinggal di pusat kota seperti Jakarta, dimana banyak apartemen dan mal dan daerah ekspatriat. Semua ras di Indonesia tercampur rata, bahkan Anda akan menemukan orang Cina yang lahir dan besar di Indonesia, berbicara bahasa lokal dan tidak dapat berbicara bahasa Mandarin. Harganya murah, terutama di kota kecil (yaitu Jogja). Indonesia juga memiliki tujuan wisata tanpa akhir yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Ada banyak hiburan juga.
  • Negatif : transportasi umum sangat buruk, masih berkembang dan orang lebih memilih untuk pergi kemana-mana dengan mobil pribadi atau motor atau taksi (aplikasi online). Situasi politik tidak begitu stabil dalam hal korupsi dan semacamnya. Dan baik Malaysia maupun Indonesia sangat kuat dalam agama (Islam), sehingga Anda akan merasakan nilai religius dimana-mana.

Secara keseluruhan, saya menyarankan Anda untuk belajar dan menemukan lebih banyak dari kedua negara di mana Anda pikir adalah yang paling sesuai untuk diri Anda sendiri, nilai dan harapan Anda. Keduanya adalah negara yang indah dan Anda dapat mengunjungi salah satu dari itu kapan saja.

Jawaban lainnya oleh Seorang Netizen Indonesia :
Keduanya bukan tempat yang cocok untuk bekerja. Kedua negara dapat dikategorikan memiliki masalah ras (mereka memiliki sentimen yang tinggi terhadap ras lain), keduanya memiliki masalah korupsi, dan keduanya juga memiliki banyak masalah dalam pemerintahan dan sistem mereka sendiri.

Namun jika Anda memintaku untuk memilih, saya akan memilih Indonesia. Karena negara ini punya banyak potensi untuk tumbuh. Banyak survei mengatakan bahwa Indonesia mungkin menjadi salah satu negara dewasa dan berkembang di dunia.

Jawaban Lainnya :

Malaysia lebih modern dan tertib. Jika Anda menikmati kehidupan metropolitan modern, Anda akan menyukai Kuala Lumpur. Tapi hanya KL saja. Hal-hal yang sangat berbeda di luar KL.

Jakarta kurang tertib dari KL, tapi lebih berwarna. Jika Anda berkulit putih, Anda akan menemukan pintu lebih mudah dibuka untuk Anda daripada di Malaysia.

Tapi jika Anda orang India, Anda pasti akan merasa lebih nyaman di Malaysia. Indonesia memang memiliki komunitas India yang semarak, tapi tidak seperti Malaysia.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.quora.com/Which-country-is-better-to-relocate-to-Indonesia-or-Malaysia