Nama Penyakit Kuku dan cara menghilangkan bau busuk pada jempol kaki

AsalasahJempol kaki, sebuah topik yang tak bosan-bosannya kita explore sana sini, mulai bentuk yang aneh dan beda dari jari kaki yang lain, sampai yang masih terus nge-hits dari dulu sampai sekarang, yaitu bau khas dari jempol itu sendiri alias bau tak sedap.


Pertanyaannya, kenapa kuku kaki, khususnya di bagian jempol bisa mengeluarkan bau tak sedap dan kotoran? Jawabannya cukup bikin pala bawah pusing loh. Ternyata, hal tersebut disebabkan oleh reaksi biologis jempol kuku kaki yang mengeluarkan keringat melalui proses kimiawi yang kuat.

Keringat tersebut memiliki Ph yang cukup asam. Nah, ketika keringat bercampur dengan debu dan kotoran, terjadi reaksi yang membuat debu maupun kotoran tersebut menumpuk. Menumpuknya kotoran tersebut membuat pembusukan bakteri, yang otomatis akan menimbulkan bau tak sedap :D

Bau tersebut akan semakin menyerebak saat kita terlalu sering memakai kaos kaki. Gas NH3 yang ditimbulkan jempol kaki tersebut akan semakin menumpuk dan membuat kaki lembab. Artinya, kaki elu akan semakin bau karenanya :D

Nah, bagaimana cara untuk membuat jempol kuku kaki tetap sehat dan bebas dari bau? Ada beragam solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Pertama, rajinlah menggunting kuku kaki secara teratur. Semakin pendek kuku kita, semakin sedikit kemungkinan bakteri maupun kotoran yang menempel di sela-sela jempol kuku kaki.

Kedua, kurangi intensitas penggunaan kaos kaki. Semakin sering kaki tertutup kaos kaki, semakin besar pula kemungkinan kaki kita lembab dan menyebabkan bau tak enak. Elu bisa ganti kaos kaki dengan kaos oblong, lumayan boi. Bahannya adem :D

kebeneran saya pernah membaca di salah satu artikel tentang hal ini. maaf saat itu lupa nyantumin sumber. wong pas di perpus

Menurut artikel itu, penyebab dari bau tersebut adalah kurang bersihnya kaki (terutama daerah tumit dan sela-sela jari). bau tak sedap dapat bersumber dari kuku dan ujung jari.

Kuku yang menyebarkan aroma tak sedap pada umumnya disebabkan oleh infeksi mikro-organisme, terutama kuman (bakteri) dan jamur.

Penyakit kuku yang paling sering berperan menyebarkan bau, adalah:

  • Paronikia (paronychia)
    Paronikia adalah infeksi kulit yang terjadi di sekitar kuku, baik pada jari tangan dan jari kaki. Paronikia bisa berkembang dalam satu atau dua hari hingga beberapa minggu, tergantung dari penyebab infeksinya. Paronikia yang berkembang menjadi parah dan tidak diobati bisa menyebabkan hilangnya sebagian atau seluruh kuku yang terinfeksi. Segera berkonsultasi dengan dokter jika bengkak kemerahan akibat infeksi sudah mengelilingi kulit sekitar kuku atau muncul bisul bernanah.
  • Kandidiasis (jamur kandida)
    Kandidiasis kuku bisa disebabkan oleh pekerjaan tertentu. Misalnya, obat yang bekerja dengan zat iritasi, atau orang yang terus-menerus di air memiliki risiko penyakit yang meningkat. Kuku rapuh juga bisa disebabkan oleh genetika dan penuaan. Wanita mengalami jamur kuku lebih sering dibanding pria.
  • Onikomikosis(jamur tinea dan ragi) 
    Onikomikosis adalah penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur atau dermatomikosis, kandida dan lainnya yang menyerang daerah kuku jari kaki atau tangan. Onikomikosis bersifat menahun dan sangat resisten terhadap pengobatan. Jamur bisa diperoleh melalui hubungan dengan orang yang terinfeksi atau berhubungan dengan permukaan seperti lantai kamar mandi dimana jamur tersebut ada. Orang yang lebih tua, orang yang menderita diabetes,dan orang yang sedikitsirkulasi pada kakinya yang terutama mudah terinfeksi jamur.

Jika ada infeksi mikro-organisme pada kuku, maka pengobatan diarahkan pada upaya pemberantasan penyebabnya. Selain itu, upaya pencegahan patut mendapatkan perhatian agar kita terhindar dari infeksi kuku.

Lantas pertanyaanpun kembali muncul. "Gimana cara agar gak kena bau itu kakak?"

ini tips perawatan kuku kaki:

  • Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)
  • Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).
  • Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.
  • Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.

Tambahan upaya perawatan:

  • Jika langkah di atas tidak menghilangkan bau, dapat dipertimbangkan serbuk (bedak) pengering, sepanjang tidak menimbulkan iritasi dan efek samping.
  • Usahakan alas kaki (sepatu, sandal) tetap kering untuk menghindari kelembaban yang beresiko menimbulkan bau.
  • Jangan biarkan kaos kaki tak tercuci. apalagi selama 10 semester. baunya bisa memusnahkan peradaban.

Mungkin yang paling ampuh mengilangkan bau tak sedap pada jempol kaki adalah mengamputasi jempol kaki. Ada tips lain ? Monggo berbagi.

Selamat bersih-bersih kuku kaki


Kadang anda mencari ini tadi di google ya?
cara merawat kuku kaki yang busuk
cara menghilangkan bau busuk pada jempol kaki
obat penghilang bau kuku kaki busuk
kuku kelingking kaki hitam

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://tomiazami.blogspot.com/2012/02/kuku-kaki-jempolnya-bau.html