Pas Bangun Kok Kepala Pusing Banget Ya? Kenapa Sih?

Asalasah ~ Padahal semalem tidurnya nggak larut-larut banget. Kok paginya bangun-bangun kepala malah pusing banget ya?

Mungkin ada Agan atau Sista yang selalu mempertanyakan hal ini karena pernah atau bahkan sering mengalami. Biasanya sih, sakit kepala di pagi hari dikarenakan migrain. Tapi pemicunya bisa bermacam-macam. Nah kalau mau tahu bagaimana cara mengatasinya, harus paham dulu apa yang bikin sakit kepala itu.

Asisten profesor neurologi di Wake Forest Baptist Medical Center, Juline Bryson, MD, menyebutkan ada beberapa faktor umum nih yang bikin pagi-pagi kepala sering pusing dan sakit. Juga beberapa solusi yang ditawarkan.

1. Jadwal tidur yang nggak tetap
Ternyata perubahan siklus tidur bisa meningkatkan risiko sakit kepala lho GanSis. Perubahan ini termasuk tidur yang terlalu lama atau terlalu sebentar. Misalnya, kalau GanSis tidur/bangun lebih awal dari biasanya bisa mengganggu hipotalamus (struktur otak yang bertanggung jawab untuk proses bangun dan tidur) yang akhirnya bisa mempengaruhi besar/kecilnya risiko migrain.

Untuk mengatasi sakit kepalanya, jdwalkan tidur yang tetap setiap harinya. Misalnya selama tujuh atau delapan jam semalam. Lalu lakukan ini selama beberapa malam ke depan. Selain itu, bisa juga diatasi dengan minum suplemen melatonin sebelum tidur yang bisa mencegah migrain.

2. Konsumsi makanan pemicu sakit kepala
Sakit kepala atau migrain bisa terjadi karena makanan yang GanSis makan sebelum tidur. Misalnya makanan-makanan yang mengandung alkohol atau makanan olahan. Karena di malam hari, tubuh GanSis punya risiko lebih tinggi dalam mengalami peradangan. Makanan yang nggak sehat bisa memicu pusing-pusing di pagi hari.

3. Kurang cairan
Tahu nggak sih, GanSis, kalau sakit kepala sebenarnya salah satu gejala umum dari dehidrasi. Makanya sebelum tidur pastikan kalian minum cukup air. Buat beberapa orang memang dehidrasi bisa banget memicu migrain. Apalagi kalau malam sebelumnya ditutup dengan minum-minuman beralkohol yang meningkatkan risiko dehidrasi. Banyak-banyak minum air putih ya!

4. Kopi yang ke-sekip
Kebiasaan minum kopi di jam-jam tertentu kayak misalnya pagi hari, terus kemudian di satu hari GanSis nggak sempat minum kopi, bisa banget menyebabkan sakit kepala. Tubuh jadi protes karena biasanya "dicekokin" kafein jam segitu tapi nggak dikasih asupan. Jangankan nggak minum, menunda aja buat beberapa orang bisa jadi masalah lho! Mungkin ini juga bisa jadi penyebab pusingnya.

5. Karena mendengkur
Kalau bukan sakit kepala tipe migrain, tapi cuma tegang di bagian kepala di pagi hari, bisa jadi karena tidur semalam nggak nyenyak akibat mendengkur. Untuk mengurangi mendengkur, coba beresin tempat tidur dan cari bantal yang cocok dan enak digunakan.

Tapi kalau memang apnea tidur atau mendengkurnya udah parah, sampai-sampai mengganggu kesehatan banget wajib dikonsultasikan ke dokter ya GanSis.

Nah semoga infonya bermanfaat.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/59c48751d9d770c17b8b456c/bangun-bangun-kok-kepala-pusing-banget-ya-kenapa-sih/?ref=homelanding&med=hot_thread