Puasa Tunda Proses Penuaan Dini, Ini Kajiannya

AsalasahPenuaan sering dikaitkan dengan penyakit, uzur, kebutuhan akan layanan sosial dan kesehatan, bantuan keuangan, kecacatan dan ketergantungan pada pengasuh atau anggota keluarga.

Pengamatan Survei Kesehatan Mental dan Mutu Hidup di kalangan warga lanjut usia di Malaysia dari tahun 2000 sampai 2006 menunjukkan bahwa 13,8 persen dikategorikan sukses dalam penuaan.

Dalam penelitian ini, penuaan telah berhasil didefinisikan berdasarkan model multidimensional yang bebas dari penyakit kronis, cacat fisik dan fungsi kognitif yang lebih baik. Yang mengkhawatirkan adalah bahwa lebih dari satu dekade, tingkat penuaan berhasil berdasarkan definisi yang sama di kalangan lansia hingga 11 persen.


Ini adalah hasil dari Longitudinal Study of Neuroprotective Model Formation for Healthy Aging pada tahun 2015.

Profesor Nutrisi dan Diet Pusat Medis Universitas Kebangsaan Malaysia (PPUKM), Prof Dr Suzana Shahar mengatakan, antara penyakit utama yang sering dihidap orang tua adalah obesitas, penyakit kardiovaskular seperti darah tinggi, kencing manis, kanker, osteoporosis, demensia (pikun) dan sebagainya .

"Penuaan adalah hal yang wajar. Namun fenomena penuaan yang terjadi di sebagian besar negara Asia sangat mengkhawatirkan karena tidak sejalan dengan kenaikan Indeks Nasional Bruto (GNI) dan pembangunan infrastruktur terutama yang berkaitan dengan dukungan sosial dan kesehatan bagi populasi yang menua.

"Seiring dengan transisi demografis ini, Malaysia juga telah mengalami perubahan pola penyakit dari penyakit menular hingga penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian besar saat ini," katanya di Ceramah Penghargaan Profesor tentang Tip Nutrisi untuk Penuaan Sehat di Fakultas Ilmu Kesehatan (FSK) UKM, baru saja.

Menurutnya, kesehatan fisik dan fungsi kognitif yang lebih baik, dukungan sosial yang kuat, tingkat pendidikan yang lebih tinggi diidentifikasi berkontribusi pada penuaan yang sehat.

Selain itu, kurang keterlibatan dalam perombakan mekanis dan tidak menggunakan teknologi modern dan sedikit buah dan jus selain jarang cepat juga berperan penting.

"Puasa setiap Senin dan Kamis dapat mengurangi gangguan emosional, termasuk memperlambat proses penuaan di kalangan warga lanjut usia.

"Jika praktik berlangsung selama tiga bulan, kebiasaan menurunkan berat badan dan menurunkan persentase lemak tubuh, tekanan darah dan kadar lipid darah," katanya.

Dr Suzana mengatakan praktik berpuasa yang menggabungkan diet terbatas kalori (FCR) mengurangi 300 sampai 500 kalori per hari, mengurangi berat badan, persentase lemak tubuh, tekanan darah dan tingkat lipid darah.

"Orang yang berpuasa cepat menunjukkan penurunan kerusakan DNA dibanding mereka yang tidak berpuasa.

"Diet 'superfood' mencakup sumber protein dari ikan dan meningkatkan asupan buah dan sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan lansia," katanya.

Ikan dari spesies salmon kaya omega kaya akan fungsi otak dan jantung serta berolahraga untuk memperkuat fungsi otot.

Ia mengatakan ikan lokal seperti kembung dan cencaru mengandung asam lemak omega yang bahkan lebih tinggi dari omega susu yang dijual di pasaran.

Memasak dengan menggunakan teknik memanggang dan memanggang seperti pedas, asam pedas atau sup menjaga kadar omega lebih dari menggoreng.

Makanan super lainnya adalah makanan penutup seperti daun kesum, hidangan raja dan daun selom yang kaya akan polifenol sehingga selom daun lebih meningkatkan daya ingat dan fungsi sosial lansia yang mengalami gangguan emosional. Dia juga mengingatkan bahwa berat badan yang sehat juga merupakan salah satu faktor kunci penuaan sehat terutama bagi orang paruh baya.

"Beberapa penelitian jangka panjang telah menunjukkan bahwa hubungan antara berat dan risiko kematian berbentuk U, yang meningkatkan angka kematian pada berat badan berlebih atau berat badan terlalu tinggi.

"Penting bagi orang paruh baya untuk mencapai berat badan ideal yang ideal sebagai faktor penuaan yang sehat.

"Namun, pakar kesehatan masyarakat sangat prihatin dengan gejala obesitas yang telah semakin mewabah di kalangan masyarakat Malaysia akhir-akhir ini," katanya.

Dr. Suzana juga menjelaskan asupan buah tropis seperti jambu yang berpotensi meningkatkan fungsi otak termasuk meningkatkan daya ingat sehingga mengurangi risiko nyuuk.

Selain itu, status gizi masyarakat Arab mengurangi risiko depresi di institusi perawatan senior.

Ini adalah sejenis minuman barley yang dimasak dengan susu dan dipermanis dengan madu (25 gram air dalam 100 mililiter air hangat).

Hadir pula Wakil Rektor UKM, Prof Datuk Seri Dr Noor Azlan Ghazali.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.hmetro.com.my/sihat/2017/09/264238/puasa-lengah-proses-penuaan