Yang Terjadi Pada Pria Ketika Gaji Istri Lebih Besar

Asalasah Siapa sangka, ternyata ada hubungan antara besarnya jumlah rekening tabungan istri dengan status kesehatan yang buruk pada pria.

Menurut sebuah studi terbaru dari Rutgers University, pria yang menghasilkan uang lebih sedikit dibanding istrinya kemungkinan besar memiliki masalah kesehatan. Studi yang dipublikasikan di Journal of Aging and Health itu menganalisa pendapatan dan data kesehatan dari 1.000 pasangan yang menikah setidaknya 30 tahun pada tahun 1992.

Jika pada awal hubungan wanita sebagai pencari nafkah utama (ketika pria berusia 20 dan 30an) dan terus berlanjut, maka suami akan menghadapi resiko penyakit jantung, maag dan bahkan penyakit paru-paru kronis, dari pada pria yang memiliki penghasilan lebih tinggi, menurut penelitian tersebut.

Para pria yang mengalami transisi di usia 50-an dan 60-an juga memiliki sedikit peningkatan resiko tekanan darah tinggi dan cenderung mengalami penurunan dalam mood mereka.

Apa hubungan antara kesehatan dan gaji istri? Salahkan egomu. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kehilangan perasaan dominasi atau pengaruh sosial sebagai pencari nafkah utama dapat menurunkan sistem kekebalan dan pembuluh darah serta jantung.

Terlebih lagi, sebagian pria mungkin merasa terancam dan mencari kompensasi dengan melakukan perilaku yang identik dengan kesan tangguh dan kasar, seperti merokok, terlalu banyak minuman keras, makan apa pun yang diinginkan, atau melewatkan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Kombinasi semua hal itu tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan.

Perlu dicatat. Peserta penelitian ini lahir pada tahun 1930-an, dan norma gender yang mereka anut jauh berbeda dari sekarang.

Ketika Anda melihat statistik terbaru, 37 persen istri memperoleh pendapatan lebih besar daripada suami mereka pada tahun 2014, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat.

Dalam sebuah studi lain dari American Sociological Association disebutkan, pria yang menghasilkan lebih banyak uang daripada istri mereka sebenarnya mengalami kesehatan fisik dan mental yang buruk.

Faktanya, beberapa pria mungkin merasa lega ketika istri mereka mulai mengambil lebih banyak tanggung jawab finansial, dalam kasus ini dapat mengurangi stres yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Karena uang adalah salah satu penyebab ketegangan dalam hubungan, Anda akan berpikir bahwa memiliki pasangan yang dapat membantu keuangan keluarga bisa mengurangi beban.

Tetapi, itu juga tergantung pada perasaan Anda terhadap karier saat ini. Jika Anda termasuk dari 70 persen pekerja yang merasa tidak bahagia dengan pekerjaannya, memiliki pasangan yang bergaji lebih besar mungkin akan sedikit melegakan. Paling tidak Anda tidak merasa dituntut untuk bekerja lebih panjang dan itu berarti lebih menderita menghadapi pekerjaan yang membuat stres.

Manfaat lain dari memiliki istri yang bekerja dan berpenghasilan bagus adalah mengurangi risiko depresi ketika kehilangan pekerjaan secara mendadak.

Jika Anda sedang bermasalah dengan karier—entah Anda baru saja kehilangan pekerjaan, memiliki pendapatan lebih sedikit dari istri, atau tidak bisa berdamai dengan atasan—membuat sedikit perubahan gaya hidup lebih sehat dapat berdampak positif pada kesehatan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/07/113500620/yang-dialami-pria-ketika-gaji-istri-lebih-besar