11 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal Anda

AsalasahGinjal yang sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh; Ginjal menyaring limbah dari darah Anda dan memungkinkan Anda mengeluarkannya dari tubuh Anda dalam bentuk urin.

Mereka mengatur mineral di tubuh Anda dan menghasilkan hormon yang menjaga tekanan darah turun dan membantu menghasilkan sel darah merah.

Namun, ada kebiasaan rutin yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal, jadi penting untuk sadar bagaimana menjaga kesehatan ginjal dengan baik.

Inilah 11 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal Anda


1) Menyalahgunakan obat penghilang rasa sakit : Obat antiinflamasi nonsteroid dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri, tapi bisa membahayakan ginjal.

Mereka aman dalam keadaan sedang, tapi sering berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan gagal ginjal total.

2) Terlalu banyak garam:  Mengonsumsi terlalu banyak garam secara teratur dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan masalah kesehatan lainnya. Ginjal memetabolisme 95 persen natrium yang dikonsumsi melalui makanan.

Bila asupan garam tinggi, ginjal perlu bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal, menyebabkan retensi air dalam tubuh. Retensi air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

3) Mengonsumsi terlalu banyak daging:  Yayasan Ginjal menjelaskan bahwa protein yang berasal dari daging menciptakan banyak asam dalam darah yang dapat menyebabkan asidosis, suatu kondisi di mana ginjal Anda tidak dapat menyingkirkan asam cukup cepat. Protein penting untuk diet sehat tapi harus diimbangi dengan banyak buah dan sayuran segar.

4) Tidak minum cukup air:  Fungsi utama ginjal adalah membuang limbah metabolik dari tubuh dan mengatur produksi eritrosit.

Bila tubuh kekurangan air secukupnya, ini menghambat kemampuan ginjal untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Saat Anda mengalami dehidrasi, darah Anda menjadi lebih terkonsentrasi, dan sedikit mengalir melalui ginjal Anda.

5) Terlalu banyak alkohol:  Racun yang ditemukan dalam alkohol tidak hanya merusak hati, tapi juga ginjal Anda.

Jika ginjal Anda sehat maka tidak masalah minum secukupnya tapi minum lebih dari empat hari telah terbukti melipatgandakan risiko penyakit ginjal Anda.

6) Merokok:  Merokok memperburuk tekanan darah dan Diabetes Tipe 2 (dua penyebab utama penyakit ginjal), dan memperlambat aliran darah ke ginjal.

Orang yang merokok lebih cenderung memiliki protein dalam urin - tanda kerusakan ginjal.

7) Duduk yang lama:  Duduk dalam jangka waktu yang lama sekarang telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal.

Diketahui bahwa aktivitas fisik yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa, keduanya merupakan faktor penting dalam kesehatan ginjal.

8). Terlalu Banyak Makanan Tinggi Gula: Gula berkontribusi terhadap obesitas yang meningkatkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal.

Gula sering ditambahkan pada makanan dan minuman yang mungkin tidak Anda anggap "manis." Hindari bumbu, serealia sarapan, dan roti putih yang semuanya merupakan sumber gula olahan yang licik.

9) Hilang Saat Tidur:  Tidur sangat penting bagi seseorang. Saat ini tubuh Anda menyembuhkan dan memperbaharui diri, termasuk jaringan ginjal. Jika Anda tidak cukup tidur atau kualitas tidur Anda buruk, itu bisa menghalangi arteri Anda. Hal ini meningkatkan tekanan darah Anda. Apa pun yang meningkatkan tekanan darah Anda bisa merusak ginjal Anda. Jadi, dapatkan 7-8 jam tidur yang nyenyak setiap hari.

10) Tidak Mengobati Infeksi dengan Cepat:  Satu studi menemukan bahwa infeksi virus yang tidak diobati dapat membahayakan ginjal Anda.

Lain kali Anda terkena flu, pastikan untuk mengobatinya dan ikuti antibiotik lengkap.

Juga, jangan beristirahat jika Anda menderita flu, flu, tonsilitis, atau faringitis yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal Anda.

11) Tidak Memantau Tekanan Darah Anda:  Penting untuk melacak tekanan darah Anda karena hipertensi adalah penyebab utama kerusakan ginjal. Simpan ke tingkat yang disarankan yang ditetapkan oleh dokter Anda dan lakukan tindakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Tingkat biasanya ditetapkan di bawah 140/90 mmHg.

Kesebelas kebiasaan ini sayangnya biasa terjadi pada gaya hidup modern, namun sangat penting untuk menjaga ginjal kita. Dan itu tidak sulit dilakukan: tetap bugar dan aktif, minum banyak air, menjaga diet seimbang, mengurangi rokok dan alkohol, dan hanya mengkonsumsi obat bebas saat benar-benar diperlukan. Yang terpenting adalah kita sadar akan konsekuensinya sehingga kita lebih siap untuk membuat pilihan sehat.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://skyvins.blogspot.co.id/2017/10/11-habits-that-can-damage-your-kidneys.html