4 Manfaat Mandi Biasa Sehari-Hari Untuk Tubuh

AsalasahKepala berdebar dari tekanan sinus yang disebabkan oleh alergi musiman? Otot sakit dari minggu stres di tempat kerja? Kesulitan tidur di malam hari? Anda mungkin berpikir bahwa masalah kesehatan minor yang tampaknya tidak terkait ini tidak memiliki kesamaan, kecuali Anda salah.

Ternyata ada satu aktivitas sederhana dan sering diabaikan bisa menjadi kunci untuk memperbaikinya. . . mandi.
Mengurangi nyeri otot
Nyeri punggung bawah dan leher terlalu sering terjadi pada orang-orang yang hidup di era digital, banyak di antaranya menghabiskan hari demi hari duduk di meja kerja di komputer, mempraktikkan kebiasaan postur tubuh yang buruk dan hampir tidak cukup meregangkan atau berolahraga setiap minggu. . Mandi memberi kesempatan unik bagi otot untuk dibasahi air hangat, membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi sinyal rasa sakit yang dikirim kembali ke otak.

Serupa dengan mengoleskan pad panas atau salonpas ke punggung yang sakit, berbaring di air mandi hangat dapat mengurangi rasa sakit dan ketegangan otot yang tumpul, dan berpotensi mencegah Anda untuk mengambil alih obat sakit penghilang rasa sakit. Sendi rematik yang mengalami kekakuan, pembengkakan, dan rasa sakit juga bisa mendapat kelegaan baik di dalam maupun di luar bak mandi. Beberapa hydrotherapies termasuk berbaring di bak mandi yang sejuk, atau pemandian es, dan ketika seseorang kemudian beralih ke bak mandi hangat, aliran darah mengalir kembali melalui pembuluh dan arteri yang menyiram asam laktat dan produk samping limbah padat, dan memberikan oksigen dan nutrisi segar ke melawan peradangan dan perbaikan jaringan bantuan.

Meningkatkan Tekanan Sinus
Tekanan, nyeri, dan sakit kepala bergejala inflamasi sinus bisa melemahkan, sehingga sulit dilakukan bahkan dengan tugas sehari-hari yang paling sederhana sekalipun. Tulang pipi, dahi, dan jembatan hidung bisa terasa sakit akibat infeksi sinus, alergi musiman, flu, flu, dan sebagainya. Apa yang menyebabkan rasa sakit itu? Paling sering, tekanan sinus diakibatkan oleh pembengkakan lapisan lorong hidung serta potensi penumpukan lendir dan gunk lainnya di rongga hidung yang mengakibatkan penyumbatan.

Uap dari bak mandi air panas dapat memberikan bantuan beberapa tekanan sinus sementara dengan membuka jalur hidung dan menghilangkan beberapa penyumbatan. Jaringan hidung yang meradang karena bersin konstan dan hembusan hidung juga bisa diuntungkan dengan mengendurkan uap dari bak mandi, terutama bila airnya disempurnakan dengan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus. Para ilmuwan juga menemukan bahwa peningkatan suhu tubuh (seperti demam atau mandi) sebenarnya merangsang respons kekebalan yang lebih kuat di tubuh yang berpotensi membantu Anda mencegah infeksi.

Menutrisi Kulit yang kering
Tahukah Anda bahwa sekitar 500 juta sel kulit akan mati di permukaan tubuh Anda setiap hari? Sementara banyak jatuh dan menjadi debu di rak dan jendela Anda, jutaan tetap terbangun, menyumbat pori-pori, dan membuat tampilan kulit Anda tampak kusam atau kasar. Mandi air hangat setelah mengelupas kulit Anda bisa melakukan keajaiban untuk menggosok sel kulit mati yang telah diperbaiki untuk memperbaiki nada, tekstur, dan ukuran pori. Pakar merekomendasikan mandi dan pengelupasan terlebih dahulu dengan kain, sarung tangan, atau sikat seperti scrubber belakang - untuk scrubber belakang, klik URL ini .

Ini membasmi sel kulit mati dan rusak, minyak, lotion, dan kontaminan potensial lainnya yang ada di kulit Anda. Mengikuti rutinitas ini dengan mandi air hangat kemudian membantu mengirikan kembali kulit Anda, yang secara teknis adalah organ terbesar di tubuh Anda. Panas air meningkatkan suhu tubuh Anda, yang dapat menyebabkan Anda berkeringat, proses pembersihan alami tubuh Anda, serta detak jantung Anda, merangsang aliran limfatik dan sirkulasi darah.

Bikin Tidur Sehat
Kombinasi penghilang rasa sakit, pembersihan, dan pereda stres yang dibawa mandi merupakan resep untuk tidur yang nyenyak di malam hari, bagaimanapun, ada cara yang unik untuk mandi air hangat juga membantu proses ini. Tubuh secara alami memasuki masa dingin ketika waktunya untuk tidur, membantu Anda rileks dan memasuki ketidaksadaran yang dalam dimana fungsi sistem mulai membaik, mulai dari otak hingga otot Anda.

Saat Anda keluar dari bak mandi hangat ke udara yang lebih dingin secara alami, terutama tepat sebelum tidur, pelepasan melatonin dipicu di dalam tubuh, hormon yang bertanggung jawab untuk membantu Anda tertidur. Mandi dengan menyalakan lilin, mendengarkan musik yang menenangkan, dan menghindari melihat perangkat digital sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan bahkan mendapatkan tidur berkualitas lebih baik.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://blog.medfriendly.com/2017/09/powerful-health-benefits-of-taking-bath.html