4 Tips Mencegah Stres Bagi Pencari Kerja

AsalasahMencari pekerjaan bisa terasa sangat menegangkan, tapi mungkin kita tidak menyadari bahwa pikiran negatif yang kita miliki saat mencari pekerjaan sebenarnya adalah hal yang mencegah kita mendapatkannya.

Terlalu sering, adalah pikiran negatif kita untuk menemukan pekerjaan yang bisa membuat kita meragukan kemampuan atau kelayakan kita, dan beberapa dari pemikiran yang merongrong atau mengurangi ini, pada kenyataannya, dapat membahayakan kesempatan kita untuk dipekerjakan. Tanpa menyadarinya, energi negatif di sekitar pikiran kita bisa mengeluarkan getaran negatif disekitar kita, dan kita bahkan mungkin tidak tahu bahwa pembicaraan kritis yang terjadi di kepala kita, adalah hal yang bisa menyabotase kita mendapatkan hal yang sangat kita butuhkan; sebuah pekerjaan.

Itulah mengapa penting untuk menyadari pikiran negatif tersebut saat mereka mulai meresap dan mendatangkan malapetaka dengan emosi kita, dan menyadari bahwa inilah saatnya untuk berpisah darinya. Kata siapa? Metode adalah cara bertanya yang lurus dan kuat dan menantang pemikiran-pemikiran sendiri. Dengan menghadapi pemikiran negatif dengan sebuah pertanyaan, kita mengetahui apakah itu benar - atau jika kita bisa membiarkannya pergi. Ini adalah pendekatan yang bisa digunakan seseorang untuk mengatasi pikiran negatif sehingga Anda bisa lebih siap dan percaya diri saat mencari pekerjaan.

4 Tips Mencegah Stres Bagi Pencari Kerja


Inilah cara menyingkirkan pikiran negatif tersebut dalam 4 langkah sederhana:

1. Akui stres. Kenali keberadaannya, biarpun sudah menjengkelkan. Jangan menyangkalnya atau mencoba mendorongnya. Mengakui Anda merasa stres saat mencari pekerjaan, dan menerima bahwa Anda memiliki pikiran negatif itu. Dengan melakukannya, Anda dapat berfokus pada apa yang terjadi "sekarang," yang sebenarnya dan nyata, alih-alih berfokus pada emosi yang mengelilingi pikiran.

2. Shift menjadi mode pengamat. Shift keluar dari mode reaktif ke mode pengamat. Dalam mode reaktif, Anda tidak memiliki jarak dengan pikiran negatif Anda sendiri. Tapi dalam mode pengamat, Anda berubah menjadi saksi yang terpisah dan terlepas dari mereka. Kemudian Anda berada dalam posisi untuk mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri untuk membantu agar tenang dan beralasan.

3. Tanyakan pikiran negatif itu, "Kata Siapa?" Anda menuntut pemikiran itu untuk mengungkapkan siapa yang bertanggung jawab atas hal itu. Dengan kata lain, bagaimana itu bisa masuk ke dalam pikiran Anda? Begitu Anda tahu, Anda bisa memutuskan apa yang harus dilakukan mengenai hal itu. Apakah itu pemikiran orisinil Anda, ataukah orang lain yang Anda anggap sebagai milik Anda sendiri? Anda bahkan mungkin menemukan itu adalah pemikiran lama yang telah menjadi bagian dari keyakinan inti Anda, dan sekarang saatnya untuk menantangnya dan membiarkannya pergi.

Katakanlah Anda selalu berpikir, "Saya tidak akan pernah menemukan pekerjaan yang tepat." Tanya, "Says Who?" Benar-benar berarti: "Mengapa saya mengatakan bahwa saya tidak akan pernah menemukan pekerjaan yang tepat?" Kemudian pergi satu langkah kedepan. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah itu saya? Jika demikian, mengapa saya memikirkan sebuah pemikiran yang membuat saya merasa tidak aman atau ragu? "

4. Sekarang Anda siap melanjutkan proses tanya jawab. Pertanyaan selanjutnya setelah "Says Who?" Selanjutnya menantang pikiran negatif tersebut. Meminta, "Pernahkah saya mendengar seseorang mengatakan pemikiran ini sebelumnya?" Membantu Anda mengetahui apakah pikiran negatif adalah pendapat Anda atau pendapat orang lain. Meminta, "Apakah saya menyukai pemikiran ini?" Memberi Anda lisensi untuk mempertimbangkan apakah ini layak untuk dipikirkan. Dan pertanyaan seperti "Apakah pemikiran ini bekerja untuk saya?" Dapat membantu Anda mengubah pemikiran negatif itu menjadi sesuatu yang positif dan mendukung kehidupan. Itulah jenis pemikiran yang akan membantu Anda merasa nyaman dengan diri Anda sehingga Anda bisa menjelajah untuk mencari pekerjaan yang tepat untuk Anda, dan itu layak Anda dapatkan.

Kata siapa? ini adalah Metode yang ampuh untuk menghentikan pikiran negatif dan stres yang dapat kita temukan tentang menemukan pekerjaan. Itu karena kita cenderung menilai diri kita sendiri, terutama saat kita merasa rentan. Metode ini menghentikan "keraguan diri berulang" yang cemas, sehingga Anda bisa berhenti menilai diri Anda dengan sangat kasar, dan bersikap proaktif dalam menemukan pekerjaan yang baik. Anda bisa menjadi lebih efektif, sukses, dan produktif. Alih-alih merasa terbebani, ini membantu Anda merasa diberdayakan - melakukan dan menjadi yang terbaik.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://theglasshammer.com/2017/09/26/4-tips-overcome-stress-job-hunters/