4 Tips Untuk Hidup Bebas Stres

AsalasahHari ini sangat jarang menemukan orang yang tidak memiliki tingkat stres dalam kehidupan sehari-hari mereka. Entah itu kecemasan yang berhubungan dengan pekerjaan dengan tenggat waktu dan rekan yang marah atau hanya stres karena terlalu banyak hal di piring Anda dan sedikit waktu untuk melakukannya, stres dan kecemasan bisa sangat menyita orang rata-rata.

Hal terburuk yang bisa Anda lakukan saat Anda menderita stres adalah dengan berpikir bahwa Anda harus hidup dengan itu. Berurusan dengan stres dalam kehidupan sehari-hari Anda tidak harus menjadi hal yang rumit, terkadang hanya perlu beberapa langkah mudah.

Berikut adalah empat tips mudah yang akan membantu Anda menjadi bebas stres hari ini.

1. Belajar Bernapas
Salah satu trik paling sederhana  yang bisa Anda lakukan setiap menit setiap hari.

Itu benar, salah satu cara termudah untuk mengurangi stres adalah bernapas lebih, tapi yang lebih penting lagi, belajar bernafas dengan benar.

Belajar mengendalikan pernapasan telah terbukti memiliki  banyak manfaat ¹ , termasuk menurunkan tekanan darah dan menenangkan dan merelaksasi tubuh Anda. Ini adalah dua langkah penting dalam mengurangi stres, yang biasanya merupakan reaksi emosional terhadap apa yang tubuh Anda coba katakan kepada Anda.

Ada beberapa jenis teknik pernapasan yang direkomendasikan ² untuk menghilangkan stres. Yang paling mudah dilakukan adalah " pernapasan perut " yang melibatkan berbaring telentang dengan satu tangan di perut Anda. Saat Anda menarik napas dalam-dalam, Anda pasti ingin memastikan perut Anda bergerak naik dan turun tapi bukan di dada Anda.

Ini adalah teknik yang bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres setelah seharian bekerja, tetapi juga untuk menambah rutinitas akhir pekan Anda selama latihan atau rutin yoga untuk masuk ke mode zen sebelum stres mulai terasa.

2. Makan lebih baik
Anda mungkin pernah berpikir untuk diet dengan cara hanya agar lebih sehat secara fisik, tapi makanan yang baik juga bisa melakukan hal-hal yang luar biasa untuk kesehatan mental Anda   juga.

Ada banyak sains di balik bagaimana bahan kimia yang berbeda mempengaruhi kimia otak kita yang mengubah cara kita merasakan situasi tertentu dan di sekitar orang-orang tertentu. Yang cukup menarik, makanan tertentu bisa sangat mempengaruhi kimia otak ini. Hal-hal seperti gula atau kafein bisa membuat terlalu banyak adrenalin dan berantakan dengan kemampuan Anda untuk fokus.

Di sisi lain, makanan yang tinggi dalam hal-hal seperti blueberry dan sayuran hijau akan membantu Anda tidak hanya memperoleh nutrisi yang lebih  penting, tetapi juga mengandung manfaat untuk fokus dan memori yang akan membantu mellow suasana hati Anda.

Cobalah mengganti makanan tertentu satu per satu. Memilih pengganti alami seperti minyak kelapa untuk mentega atau madu mentah untuk gula untuk melihat bagaimana hal itu dapat mempengaruhi mood Anda dari hari ke hari.

3. Berolahraga Lebih banyak
Jika Anda pernah merasa bahwa "tinggi" setelah berolahraga, Anda akan memiliki ide mengapa berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik Anda.

Menurut  Anxiety and Depression Association of America ³ , latihan bekerja sebagai sejenis obat penghilang rasa sakit alami. Ini terbukti bekerja dengan baik dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi orang karena menghasilkan endorfin di otak yang membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Jika Anda pernah mengalami salah satu dari tidur nyenyak hebat setelah berolahraga besar, Anda merasakan efek dari sains ini! Karena kurang tidur adalah salah satu kontributor terbesar stres pada orang dewasa, menemukan cara alami dan sehat untuk membantu Anda tidur lebih baik selalu merupakan nilai plus.

Secara keseluruhan, rutinitas kebugaran fisik yang konsisten telah terbukti melakukan keajaiban bagi otak. Tidak hanya memperbaiki tidur, juga mengurangi ketegangan, menenangkan suasana hati yang tidak menentu, dan meningkatkan harga diri seseorang sesuai dengan ADAA.

Mencari cara mudah untuk memadukan olahraga? Bahkan hanya dengan rata-rata 8.000 langkah sehari akan membawa Anda menuju jalan bebas stres. Cobalah penghitung langkah untuk membuat Anda tetap pada jalurnya!

4. Hidrasi
Setelah bernafas, ini mungkin tip termudah kedua dalam daftar ini. Jika Anda mendengarkan ibumu saat kecil, Anda akan tahu bahwa 8 gelas air sehari cukup banyak sebagai  pekerja keajaiban . Ini bisa melakukan segalanya dari meningkatkan energi untuk mencapai usus sehat untuk membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Tapi tahukah Anda hidrasi juga memiliki efek besar pada otak Anda?

Banyak penelitian ⁴ telah dilakukan tentang bagaimana hydrating sering dan konsisten dapat menjadi cara yang bagus untuk  mengurangi tingkat stres . Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, mereka kekurangan persyaratan penting dalam memproduksi bahan kimia yang sehat dan menjalankan fungsinya yang mendasar. Salah satu bahan kimia utama yang penting adalah kortisol, sering disebut hormon stres, bahwa penelitian menunjukkan dapat meningkat meski Anda hanya setengah liter yang mengalami dehidrasi.

Jadi, mulailah minum air itu! 8 gelas sehari bisa pergi jauh untuk tidak hanya sehat secara fisik Anda, tapi juga lebih bahagia dan bebas stres.

Sudahkah anda mencoba salah satu tips ini? Beri tahu kami bagaimana mereka bekerja untuk Anda dalam komentar!

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.youngandraw.com/4-tips-to-live-stress-free-today/