6 Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah Menjadi Normal Secara Alami

Asalasah ~  Tekanan darah tinggi diderita oleh sekitar 75 juta orang di Amerika Serikat atau satu dari tiga orang menderita tekanan darah tinggi. Sedangkan tekanan darah rendah , atau hipotensi, diderita jauh lebih sedikit orang namun masih memiliki konsekuensi serius.

Tekanan darah dinyatakan dalam satuan "millimeters of mercury," atau mmHG, dan dikirimkan dalam bentuk dua nomor yang berbeda: angka yang tinggi mengukur tekanan darah pada dinding arteri selama detak jantung, dan angka yang rendah, yaitu tekanan antara denyut jantung. Tekanan darah normal didefinisikan kurang dari 120/80 mmHg, sedangkan tekanan darah rendah kurang dari 90/60 mmHg. Jika seseorang tidak mengalami gejala yang mengkhawatirkan dengan pembacaan tekanan darah rendah, dokter biasanya tidak akan merasa itu adalah sesuatu yang perlu diobati. Tapi jika tiba-tiba tekanan darah turun, hal tersebut bisa menyebabkan interupsi dalam suplai darah ke jantung, ginjal, dan otak. Gejala negatif tekanan darah rendah meliputi:

Ciri Tekanan Darah Rendah


  • Pusing
  • Pingsan
  • Ketidakmampuan berkonsentrasi
  • Penglihatan kabur atau menyimpang
  • Mual
  • Kelelahan


Terkadang seseorang mungkin memiliki gejala tekanan darah rendah saat mereka pergi dari posisi duduk untuk tiba-tiba berdiri. Ini dikenal sebagai hipotensi ortostatik . Biasanya ini tidak berbahaya kecuali perubahan posisi menyebabkan tekanan darah seseorang turun dengan cepat, yang bisa menyebabkan pingsan.

Dalam situasi ekstrim, tekanan darah rendah bisa menyebabkan syok. Seseorang yang mengalami syok memerlukan perhatian medis darurat segera, karena akan ada berkurangnya aliran darah ke seluruh tubuh - yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memiliki hipotensi, namun memiliki tekanan darah rendah bisa menjadi pertanda kesehatan yang baik, terutama jika Anda tidak mengalami efek samping negatif. Umumnya, kebanyakan orang dengan tekanan darah rendah tidak memerlukan obat atau intervensi medis lainnya untuk menaikkan tekanan darah. Tetapi jika Anda khawatir dengan tekanan darah Anda, mengalami beberapa gejala yang tercantum di atas dan telah mengesampingkan kondisi mendasar yang mungkin menjadi penyebabnya, ada banyak perubahan gaya hidup alami yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah rendah.

6 Cara Menaikkan Tekanan Darah Rendah Menjadi Normal Secara Alami


Konsumsilah makanan sehat yang mengandung sodium. Tidak semua orang perlu diet natrium rendah. Orang dengan tekanan darah rendah terutama tidak dibantu oleh kesalahpahaman bahwa lebih sedikit garam lebih baik. Garam membuat tubuh Anda menahan air, dan air ekstra yang tersimpan dalam tubuh Anda dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Usahakan meningkatkan asupan natrium secara bertahap hingga sekitar 2000 miligram per hari. Hal ini paling baik dilakukan dengan memilih makanan sehat yang secara alami memiliki kadar sodium lebih tinggi, seperti bit, wortel, bayam, seledri, melon, rumput laut, daging, udang, kerang dan artichoke. Memercikkan sedikit garam pada makanan juga salah satu triknya.

Minum lebih banyak air untuk membantu meningkatkan volume darah.  Tidak memiliki cukup darah di tubuh Anda bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Selain membantu meningkatkan volume darah, mengkonsumsi banyak cairan setiap hari membantu menghindari dehidrasi. Pria membutuhkan antara 10-13 cangkir air sehari, dan wanita harus minum antara 8-11 gelas.

Makan makanan kecil lebih sering. Pastikan untuk tidak melewatkan makan atau makan makanan besar secara teratur. Entah situasinya bisa memberi kontribusi pada penurunan tekanan darah. Sebagai gantinya, makanlah pada jadwal reguler, dan cobalah untuk makan makanan kecil lima sampai enam kali sehari. Ini memiliki dampak besar pada menjaga tekanan darah Anda diatur.

Pelan Pelan saja, Hati-hati jangan sampai berdiri dari posisi duduk atau berbaring terlalu cepat. Hal ini dapat menyebabkan rasa pusing, pusing, atau pingsan potensial pada penderita hipotensi. Alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena jantung belum memompa cukup darah melalui tubuh cukup cepat untuk memperhitungkan perubahan mendadak pada posisi atau ketinggian. Jika Anda pernah mengalami pusing jenis ini sebelumnya, cobalah membuat gerakan Anda lebih bertahap saat beralih ke posisi berdiri. Jika Anda berbaring, duduklah dulu selama beberapa detik dan kemudian perlahan berdiri.

Tinjau ulang obat Anda dengan dokter Anda. Obat tertentu dapat menyebabkan penurunan tekanan darah . Karena itu, Anda bisa mengonsumsi obat resep yang menurunkan tekanan darah dan bahkan tidak mengetahuinya. Pengobatan untuk mengobati depresi dan kecemasan atau obat penghilang rasa sakit dapat menurunkan tekanan darah. Selalu baca tentang potensi efek samping obat apapun, tapi pastikan untuk meminta saran dari dokter sebelum menghentikan penggunaan.

Pakai stoking kompresi. Kompresi stoking mencegah penyatuan darah di kaki. Memakai mereka bisa memastikan sirkulasi darah lebih baik dan lebih cepat kembali ke jantung dan paru-paru. Stoking yang sama ini juga digunakan untuk membantu meringankan tekanan dan rasa sakit yang terkait dengan varises.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://observer.com/2017/10/6-natural-remedies-to-raise-low-blood-pressure/