6 GERAKAN SENAM WANITA HAMIL UNTUK MENCEGAH KEGUGURAN

Asalasah ~ GERAKAN SENAM WANITA HAMIL UNTUK MENCEGAH KEGUGURAN - Kehamilan muda pasti menjadi salah satu kabar baik. Tapi dibalik itu, wanita hamil muda akan mulai berubah fisiknya karena perubahan hormonal yang terjadi. Selain itu, embrio masa muda rentan keguguran karena perkembangan janinnya masih sangat awal, begitu juga fisik ibu mungkin belum cukup siap beradaptasi dengan kondisi baru. Dengan demikian, perlunya perawatan kesehatan bagi wanita hamil muda agar risiko buruk bisa dicegah. Apalagi morning sickness sering terjadi saat hamil muda ini.

Gerakan Senam Wanita Hamil

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan saat hamil muda adalah melakukan senam hamil muda. Meski banyak dokter yang menganjurkan senam dilakukan saat usia kehamilan sudah cukup tua, namun ada juga beberapa ahli kesehatan yang menganjurkan seorang wanita hamil muda melakukan senam saat ia hamil. Tujuannya adalah menjaga kebugaran dan mencegah keguguran.

Ibu hamil muda senam lebih banyak ditempatkan pada sistem pernapasan latihan dan juga menguatkan bagian otot punggung (termasuk otot vagina). Hal ini dilakukan agar ibu hamil dapat beradaptasi dengan pernafasan selama kehamilan, karena saat hamil tentunya suplai oksigen juga cukup untuk ibu dan janin. Selain itu, latihan pernapasan penting untuk mempersiapkan persalinan beberapa bulan ke depan. Sementara latihan otot punggung dikhususkan untuk persiapan tubuh ibu agar bisa menopang beban nantinya selama kehamilan terus bertambah. Senam hamil muda juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga Kehamilan Muda.

Inilah beberapa gerakan senam wanita hamil muda yang bisa dilakukan untuk melatih pernafasan, otot punggung, dan otot-otot vagina juga.

PUSH UP DENGAN DINDING

Banyak yang mungkin sudah tahu teknik gerakan push up ini, yakni dengan mengangkat tubuh dengan objek tangan. Gerakan push up ini juga bisa dilakukan oleh ibu hamil muda sebagai salah satu gerakan senam yang disarankan karena push up dapat membantu melatih dan menguatkan otot pernafasan dada. Namun, gerakan push up yang dilakukan tidak dilakukan di lantai seperti biasa, melainkan di dinding lurus.

Caranya adalah dengan berdiri di atas lantai menghadap dinding. Lalu buka kaki sekadarnya hingga kedua lutut jangan menempel.  Tekuk siku dan turunkan dada ke dada hingga menyentuh dinding. Tapi yang perlu diingat adalah posisi punggung Anda harus tetap lurus dan tidak boleh ditekuk. Kemudian lakukan gerakan push up berurutan sebanyak 15 kali dalam 1 hari.

JONGKOK DENGAN GERAKAN BOLA, FITNESS
Jika seorang wanita sudah menunjukkan Traits People Pregnant 1 bulan, maka segera pastikan apakah memang benar kehamilan sedang terjadi. Setelah itu, konsultasikan ke dokter jika ini bisa dilakukan gerakan jongkok. Gerakan jongkok yang biasa dilakukan dengan bantuan bola kebugaran ini bisa dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan jongkok itu sendiri bertujuan untuk melatih pernafasan pada ibu hamil dan juga melatih otot panggul agar lebih kuat sehingga ibu hamil bisa lebih siap untuk bertemu dalam perkembangan janin di kemudian hari.

Wanita hamil disarankan melakukan jongkok ini dengan gerakan bola, fitness agar lebih mudah dan aman. Caranya adalah dengan mempersiapkan 1 buah bola kebugaran. Lalu beririlah tegak dengan bola kebugaran yang diletakkan di bagian belakang belakang. Lampirkan bagian belakang bodi pada bola yang sudah disudutkan pada dinding. Buka kedua kaki selebar baru kemudian perlahan turunkan tubuh sampai posisi lutut membentuk sudut 90 derajat film dengan kaki. Dan kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 10 kali dalam sehari.

GERAKAN ANGKAT KAKI
Gerakan senam berikutnya yang bisa dilakukan yaitu mengangkat. Tujuannya adalah untuk menguatkan punggung dan perut sehingga tubuh ibu akan lebih siap untuk menopang berat janin di kemudian hari.

Caranya adalah dengan posisi tubuh seperti bayi yang sedang merangkak. Kemudian angkat satu kaki dan luruskan kembali. Posisikan kaki sejajar dengan punggung. Tahan beberapa detik. Dengan cara yang sama dan kemudian ulangi dengan kaki yang lain. Lakukan sampai 10 kali sehari.


STEP UP - Naik Tangga/kursi
Hamil muda senam selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan gerakan step up. Gerakan ini dilakukan dengan bantuan tangga. Begitulah cara regak berdiri di depan tangga. Kemudian ibu hamil bisa menggerakkan kaki kanan ke tangga depan. Setelah itu, angkat tubuh dengan mengikuti gerakan kaki. Lakukan dengan cara yang sama dengan kaki kiri. Lakukan terus menerus secara teratur setiap hari dengan jumlah yang diinginkan sendiri. Langkah ke atas ini bisa bermanfaat untuk menguatkan otot kaki, terutama selangkangan yang dekat dengan organ kewanitaan, agar lebih kuat dalam menopang janin yang akan terus berevolusi.

SENAM KEGEL
Senam kegel juga memiliki manfaat bagi wanita hamil muda. Salah satunya adalah untuk memperkuat otot vagina agar lebih kuat dan siap dalam perkembangan janin hidup, PBB untuk bertemu dan beberapa bulan ke depan. Senam juga bisa membantu mencegah keguguran karena lemahnya otot vagina. Caranya juga sangat mudah, IE dengan melakukan gerakan seperti itu menahan urine di area kewanitaan. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

YOGA
Yoga adalah serangkaian latihan yang bertujuan meringankan stres dan memberi kesan relaksasi bagi pelakunya. Ternyata wanita hamil muda juga bisa melakukan yoga senam dalam beberapa gerakan kasual untuk mendapatkan manfaat tersebut. Yoga ini akan membantu mencegah stres bagi wanita hamil muda, terutama bagi ibu yang baru pertama kali hamil. 

Karena biasanya ibu hamil yang belum pernah mengalami stres lebih mudah daripada ibu hamil yang telah hamil. Yoga juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi Mual yang berlebihan saat hamil muda. Tapi gerakan yoga ini perlu ditanyakan atau dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengantisipasi pergerakan yoga yang karenanya perlu dihindari untuk wanita hamil.

Dengan demikian beberapa jenis gerakan senam ibu hamil muda bisa melakukannya sendiri di rumah dan juga dengan instruktur senam hamil. Apakah senam hamil ini aman sehingga kehamilan tetap terjaga. Selain menghindari jenis Sport yang dilarang bagi wanita hamil seperti olahraga berat yang membahayakan. Isi jug asupan nutrisi selama kehamilan agar janin bisa berkembang secara normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.rednewhaven.com/2017/10/gymnastics-movement-of-pregnant-women.html