8 Tanda Awal Ginjal Bermasalah

AsalasahGinjal adalah organ vital di tubuh kita yang berada di bawah tulang rusuk. Ginjal kita bertanggung jawab untuk detoksifikasi dan pembersihan sistem, karena mereka menyaring darah 10-150 liter setiap hari.

Fungsi mereka sangat penting bagi seluruh tubuh dan darah.

Ginjal menghilangkan jumlah limbah dan cairan dari tubuh, mendukung kesehatan tulang, menyeimbangkan elektrolit, menstabilkan tekanan darah, dan meningkatkan jumlah sel darah merah.

Akibatnya, jika fungsi mereka terancam punah, seluruh tubuh berisiko besar. Dengan ini, Anda harus tahu bagaimana membedakan gejala dan dengan demikian menghentikan masalah utama, karena kerusakan atau kegagalan ginjal.

 8 Tanda Awal Ginjal Bermasalah

Inilah tanda-tanda umum bahwa ginjal Anda dalam bahaya:

1.Canges dalam warna urine atau kebiasaan
Biasanya, air seni yang diencerkan hampir tidak berwarna. Konsentrat urin memiliki warna kuning tua. Sementara warna selain kuning dianggap abnormal.

Gejala yang paling umum dan awal meliputi:

  • Urin berbusa
  • Urin berwarna gelap, kurang kencing dan kencing dalam jumlah kecil
  • Kompulsif untuk buang air kecil di malam hari
  • Tekanan saat buang air kecil
  • Kesulitan buang air kecil
  • Warna pucat, sering buang air kecil, dan dalam jumlah besar

2. Bengkak tangan atau kaki
Dalam kasus fungsi ginjal yang memburuk, kegagalan untuk memberantas cairan ekstra dari tubuh akan menyebabkan pembengkakan dan pengisapan wajah, tungkai, dan persendian.

Ini disebut edema , pembengkakan disebabkan oleh retensi cairan - cairan ekstra terjebak di jaringan tubuh.

3. Sesak Napas
Gejala ini sering dikaitkan dengan kerusakan ginjal, terutama bila dialami sangat sering.

Sesak nafas bisa dihubungkan dengan ginjal yang bermasalah dalam dua cara. Pertama, cairan tambahan di tubuh bisa terbentuk di paru-paru.

Kedua, anemia (kekurangan sel darah merah pembawa oksigen) bisa membuat tubuh Anda kekurangan oksigen dan sesak napas.

4. Ruam pada kulit
Gagal ginjal dapat menyebabkan penumpukan limbah, dan dengan demikian menyebabkan gatal dan ruam kulit.

Sebagai limbah menumpuk di dalam darah, kulit terlihat jengkel, dehidrasi, dan tidak sehat. Masalah ini tidak mudah diatasi dengan penerapan krim dan lotion, karena penyebab masalahnya adalah internal.

5. Rasa metalik di mulut
Karena deposit sampah dalam darah, Anda mungkin memiliki bau mulut atau rasa yang berubah di mulut.

Dalam kasus kerusakan ginjal yang parah, orang tersebut mungkin mengalami perubahan yang berlebihan dalam rasa beberapa makanan, serta nafsu makan yang buruk. Kalau-kalau Anda selalu memiliki rasa logam di mulut Anda, sebaiknya segera mengunjungi dokter Anda.
 
6. Konsentrasi Buruk dan Pusing
Salah satu gejala umum gagal ginjal adalah delirium . Ini adalah keadaan mental yang ditandai dengan  kebingungan  dan agitasi .

Kekurangan oksigen di otak bisa mengarah pada anemia berat, atau gagal ginjal, yang dapat menyebabkan konsentrasi dan fokus, pusing, pingsan, dan masalah memori yang buruk.

Mendapatkan tes akan memberi Anda masalah yang tepat yang mungkin Anda miliki, ingatlah bahwa kesalahan persepsi hanyalah salah satu gejala.

7. Turunkan nyeri punggung
Gejala umum lainnya adalah nyeri di punggung bawah, di mana ginjal berada, dan rasa sakit juga bisa dikawal oleh batu ginjal dan infeksi.

Nyeri dari ginjal Anda bisa didaftarkan sebagai nyeri punggung bawah yang bisa ditemukan di bawah tulang rusuk, atau bahkan di sisi. Nyeri punggung ini mungkin sedikit sakit, sedikit mengganggu, atau bisa sangat parah sehingga membuatnya sangat menghancurkan.

8. Kelelahan
Ginjal yang sehat menghasilkan hormon yang dikenal dengan EPO (eritropoietin) , yang meningkatkan jumlah sel darah merah, yang mengangkut oksigen yang dibutuhkan.

Jika jumlah sel darah merah berkurang, itu menyebabkan kelelahan, otak dan otot bermasalah. Tanda-tanda ini juga bisa dikenali dengan anemia berat.

Karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi, sekaligus suplemen, untuk menopang fungsi ginjal, dan dengan demikian menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.meowgag.com/2017/10/18/8-signs-that-your-kidney-is-in-danger/