Apa Itu eye floaters atau Melihat Sesuatu Terbang Ke atas Ketika melamun

AsalasahPernahkah Anda mencoba melihat keluar dari sudut mata Anda dan melihat ada bintik-bintik kecil yang mengambang di sana? Atau tekan jari-jari Anda ke kelopak mata tertutup Anda, dan Anda akan melihat bintik hitam menari di sepanjang penglihatan Anda. Mata manusia adalah mekanisme yang rumit dan aneh, begitu banyak orang khawatir bahwa bintik-bintik kecil itu-atau "eye floaters" -dapat menjadi masalah serius. Tapi apa sih eye floaters itu sobat asalasah?


mata floaters bisa menjadi hal yang buruk! Mereka bukan hanya pikiran atau mata yang bermain pada Anda, tapi sebenarnya disebabkan oleh perubahan di dalam vitreous (zat seperti jelly) di dalam mata Anda. Seiring bertambahnya usia, jeli menjadi lebih cair, dan serat kecil ada di dalam rumpun vitreous. Ini benar-benar bisa membuat bayangan di retina Anda, dan pertunjukan itu adalah apa yang Anda lihat sebagai "eye floaters".

Eye floaters hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran:

  • Beberapa terlihat seperti bintik-bintik gelap atau transparan, senar ketukan yang melayang di sekitar visi Anda
  • Ada yang sangat mencolok saat Anda melihat langit biru cerah, dinding putih, atau latar belakang terang
  • Beberapa bergerak saat Anda menggerakkan mata Anda. Mereka selalu berada di luar bidang visual Anda, tapi selalu ada di sudut bidang pandang Anda.
  • Beberapa hanya melayang sebentar, lalu terjatuh dan hanyut.

Ada sejumlah eye floaters yang diharapkan. Bagaimanapun, usia adalah bagian dari kehidupan, dan tubuh manusia (seperti segala sesuatu) cenderung membusuk seiring berlalunya waktu. Tugas Anda tentu saja melindungi mata Anda dengan mengonsumsi makanan Vitamin A, memakai kacamata hitam untuk melindungi dari sinar UV, dan mengurangi ketegangan mata. Namun, tidak peduli apa yang Anda lakukan, ada sejumlah keausan yang akan terjadi.

Tapi apa yang Anda lakukan jika mata floaters muncul lebih sering, dan mereka jauh lebih terlihat? Mungkin sudah waktunya untuk menghubungi dokter mata Anda!

Ada beberapa tanda bahwa masalahnya mungkin semakin memburuk:

  • Mata floaters membesar, dan mereka lebih terlihat dari biasanya 
  • Anda mulai kehilangan sisi penglihatan Anda, dan yang bisa Anda lihat hanyalah kegelapan di tepi penglihatan Anda
  • Anda melihat kilatan yang tidak dapat dijelaskan atau denyut cahaya

Semua hal ini adalah gejala masalah mata yang lebih serius. Meskipun tidak menyakitkan, mereka mungkin menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan mata Anda. Secara khusus, detasemen retina, masalah yang bisa mengancam jika tidak segera diobati.

Kabar baiknya adalah dokter Anda biasanya bisa mengatasi masalah dengan mengatasi apa pun yang menyebabkan floaters muncul. Biasanya ada penyebab di balik pelampung mata, dan mengobati masalah ini mungkin membuat floaters hilang.

Namun, Anda mungkin harus menyesuaikan diri dengan kehidupan dengan eye floaters. Jika kerusakan itu permanen atau matamu sudah mulai merosot, mungkin tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mengatasi pelampung. Mereka mungkin merekomendasikan operasi laser (yang mengganggu pelampung dengan memecah serat bersama-sama), atau dokter sebenarnya bisa menghilangkan vitreous sama sekali. Mereka kemudian akan menggantinya dengan larutan cairan yang akan membantu mata Anda untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya. Penting untuk dipahami bahwa floaters mungkin tidak akan pernah hilang sama sekali, jadi Anda mungkin sudah terbiasa melihatnya setiap saat.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.theluxuryspot.com/what-are-eye-floaters/