Apa Itu Kanker payudara, Penyebab, Deteksi dan Pengobatannya?

AsalasahRata-rata, seorang wanita meninggal karena kanker payudara setiap 13 menit di AS. Menurut National Breast Cancer Foundation, Inc. , kanker payudara adalah penyebab kematian kedua di antara wanita, sebenarnya satu dari delapan wanita akan didiagnosis dengan payudara. kanker seumur hidup mereka Diperkirakan 246.660 wanita di AS akan didiagnosis menderita kanker payudara dan lebih dari 40.000 orang akan meninggal setiap tahun. Pria tidak kebal . Bahkan, diperkirakan 2.600 pria akan didiagnosis menderita kanker payudara dan sekitar 440 akan meninggal setiap tahunnya.



APA ITU KANKER PAYUDARA?
Bentuk kanker di dalam tubuh saat DNA sel menjadi rusak. Kanker payudara secara khusus terjadi ketika sel-sel ganas terbentuk di jaringan payudara. Ketika pertumbuhan sel berjalan serba salah dan sel terbentuk dimana atau kapan seharusnya tidak, massa jaringan adalah hasilnya. Massa ini biasa disebut sebagai benjolan atau tumor. Tumor ganas bersifat kanker dan bisa bermetastasis ke seluruh tubuh jika tidak diobati.

FAKTOR RISIKO
Genetik - Faktor risiko genetik tidak dapat diubah. Kanker payudara terjadi 100 kali lebih sering pada wanita daripada pada pria; wanita berusia di atas 55 tahun didiagnosis dua pertiga lebih banyak daripada wanita yang lebih muda; Anda lebih mungkin terkena kanker payudara jika anggota keluarga memilikinya; Wanita yang menstruasi pertama terjadi sebelum usia 12 tahun berisiko tinggi terkena kanker payudara; Wanita yang memiliki anak di usia lebih tua juga berisiko tinggi; mutasi genetik menyebabkan kanker payudara; dan memiliki jaringan payudara yang padat membuat Anda berisiko tinggi terkena benjolan tersembunyi .

Lingkungan - Gaya hidup sehat sangat penting untuk mencegah kanker payudara dan faktor lingkungan memainkan peran besar. Kurangnya aktivitas fisik; Diet yang buruk; kelebihan berat badan atau obesitas; konsumsi alkohol sering; terapi radiasi sebelum usia 30; dan menggunakan Combined Hormone Replacement Therapy (HRT) untuk menopause dapat dihindari faktor risiko lingkungan yang terkait dengan kanker payudara.

PENTINGNYA DETEKSI DINI
Meski kanker payudara tidak bisa dicegah, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menemukannya lebih awal. Pemeriksaan payudara sendiri, mammogram, dan ujian klinis membantu deteksi dini. Langkah-langkah ini sangat penting jika Anda memiliki jaringan payudara padat. Jaringan payudara yang padat adalah turun-temurun dan Anda enam kali lebih mungkin menerima diagnosis kanker payudara jika Anda memiliki payudara padat .

Tingkat kematian kanker payudara laki-laki lebih tinggi daripada pada wanita karena pengobatan sering tertunda. Pria mungkin merasakan benjolan keras di bawah puting susu dan areola, tapi mungkin melewatinya sebagai sesuatu selain kanker payudara karena stigma. Dari pria yang didiagnosis dengan kanker payudara, bentuk yang paling umum adalah Infiltrasi Ductal Carcinoma (IDC) , yang mengacu pada sel-sel di dalam atau di sekitar saluran yang menyerang jaringan terdekat. Kanker payudara inflamasi , atau penyakit Paget, biasanya tidak menjadi masalah pada populasi pria.

Wanita dan pria secara teratur harus merasakan payudara mereka untuk benjolan atau sesuatu yang tidak biasa. Tingkat kelangsungan hidup untuk pria dan wanita setara dengan deteksi dini dan pengobatan.

PILIHAN PENGOBATAN
Pengobatan kanker payudara didasarkan pada stadium , tipe dan riwayat pribadi. Pembedahan adalah perawatan yang paling umum , seringkali dengan kombinasi kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, atau terapi yang ditargetkan. Pengobatan standar ada, begitu pula uji klinis.

Ada kabar baik dalam semua ini: lebih dari 2,8 juta penderita kanker payudara masih hidup di Amerika Serikat saat ini. Pelajari lebih lanjut tentang Bulan Kesadaran Kanker Payudara dan jadwalkan mammogram tahunan Anda dari Southwest OB / GYNin Houston.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.swobgyn.com/2017/10/breast-cancer-awareness-month-know/