Bagaiamana cara memutihkan gigi kuning yang membandel ? Ini Tipsnya

Asalasah ~ Mungkin banyak yang bertanya, Bagaiamana cara memutihkan gigi kuning yang membandel ? Pada dasarnya kita telah diberi gigi putih oleh mahakuasa, namun karena kebiasaan buruk yang membuat gigi kotor, bahkan kuning, coklat, atau mungkin kehitaman. Oleh karena itu perlu untuk memutihkan gigi, baik secara alami atau dengan perawatan dokter gigi.


Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu kampanye yang dilakukan oleh aktivis kesehatan. Itu karena gigi adalah pintu masuk untuk proses pencernaan manusia. Sebelum makanan dicerna oleh sistem pencernaan, maka makanan tersebut akan dicerna terlebih dahulu oleh gigi sehingga kebersihan gigi sangat penting untuk dijaga.

Memiliki gigi bersih dan putih tidak hanya sehat, tapi juga menambah rasa percaya diri. Seseorang yang giginya putih akan menciptakan kesan tekun dan menjaga kesehatannya. Tapi sebaliknya, gigi kotor, kuning, dan bau akan membuat kesan negatif di mata orang lain. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi ini.

Sebelum membahas Bagaiamana cara memutihkan gigi kuning yang membandel, maka kita belajar dari sumber masalahnya terlebih dahulu. Ya, dengan mengetahui penyebab gigi kuning atau kotor, maka satu langkah yang harus kita capai.

Penyebab Gigi Kuning dan Kotor

Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan kerusakan gigi? Ada banyak alasan yang membuat gigi seseorang menjadi non-putih jadi kuning atau kotor, seperti:

1. Malas sikat gigi Anda

Jangan remehkan aktivitas menggosok gigi. Ternyata ada banyak efek samping yang bisa terjadi karena malas atau menyikat gigi yang tidak benar. Merasa malas menggosok gigi akan menyebabkan gigi menjadi rusak. Akibatnya, gigi akan kotor, berongga, kuning, bahkan bisa menyebabkan karang gigi. Selain itu, menyikat gigi yang malas juga akan menyebabkan bau mulut. Ini tentu akan mengganggu pergaullan Anda.

2. Penggunaan obat tetes mata

Mungkin Anda tidak berpikir bahwa penggunaan obat-obatan seperti tetes mata akan menyebabkan gigi menjadi kuning. Itu karena ketika seseorang menggunakan obat tetes mata, maka air liur atau air liur akan turun secara otomatis. Inilah yang menyebabkan gigi menjadi kotor karena kekurangan cairan di mulut

3. Kebiasaan menggosok gigi setelah makan / minum manis

Banyak orang berpikir bahwa menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis / minuman yang baik. Karena rasa manis akan menyebabkan gigi menjadi rusak dan mudah keropos. Ternyata anggapan itu salah. Saat kita selesai mengkonsumsi makanan manis maka mulutnya akan menjadi asam. Pada saat itu, zat yang disebut enamel muncul. Zat ini berguna untuk melindungi gigi dan juga menetralisir gigi agar kembali normal seperti biasanya. Zat ini akan hilang sia-sia jika kita segera menggosok gigi sesaat setelah makan / minuman manis.

4. Konsumsi anggur putih

Anggur putih akan membuat gigi menjadi terkikis. Hal ini juga akan menyebabkan gigi menjadi kuning dan kotor.

5. Minuman energi

Pada dasarnya minuman berenergi tidak baik untuk kesehatan. Minuman energi bersifat korosif. Itu karena dalam satu minuman ini mengandung zat yang tidak baik untuk kesehatan, seperti asam, gula, dan berbagai bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Selain mempengaruhi kesehatan tubuh, minuman ini juga akan membuat gigi menjadi kuning.

6. Rokok

Jika diperhatikan, kebanyakan perokok memiliki gigi yang berwarna kuning, bahkan hitam. Inilah hasil nikotin di rokok membuat dinding gigi menjadi asam. Itulah sebabnya gigi perokok kebanyakan kotor.

Sekarang Anda hanya menyesuaikan, titik mana yang membuat gigi Anda tidak putih. Mulai sekarang Anda harus menghindari atau menghentikan kebiasaan tersebut. Selanjutnya ikuti langkah-langkah pemutihan berikut.

Bagaiamana cara memutihkan gigi kuning yang membandel ?

Ada berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi, dari cara modern atau dengan obat tradisional atau cara alami. Namun dalam tulisan ini hanya akan dibahas berbagai cara alami untuk memutihkan gigi, yaitu:

1. Menggunakan stroberi
elain memiliki cita rasa yang lezat dan menyegarkan, buah yang satu ini juga terbukti memiliki khasiat memutihkan gigi. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya menyaring buah stroberi ini lalu menggosokkan seluruh bagian gigi secara merata. Diamkan beberapa saat agar zat yang ada dalam buah ini bekerja untuk memutihkan gigi Anda. Setelah itu, gosok perlahan gigi untuk menghilangkan zat gula pada buah stroberi ini.

2. daun salam 
Tak hanya bisa menyedapkan masakan, daun salam juga bisa digunakan sebagai alat pemutih alami. Cara penggunaannya sangat mudah. Buatlah pasta yang terdiri dari daun salam, kulit jeruk kering, dan sedikit air. Gosok pasta ke seluruh bagian gigi sampai merata. Setelah beberapa saat, sikat gigi Anda perlahan untuk membersihkannya.

3. Kulit pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan. Selain memiliki manfaat baik untuk pencernaan, kulit buah ini juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi.
Cara mengambil sepotong kulit pisang dan gosokkan pada semua bagian gigi Anda. Diamkan sebentar agar kulit pisang bisa memutihkan gigi Anda. Setelah itu, sikat gigi perlahan sampai bersih. Lakukan ini setiap hari selama 1 - 2 minggu untuk mendapatkan gigi bersih dan putih.

4. Kulit jeruk
Bukan hanya kulit jeruk kering yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi, kulit jeruk yang masih basah atau segar bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosok bagian dalam kulit jeruk pada seluruh gigi dan diamkan sejenak. Setelah itu, sikat gigi perlahan-lahan untuk membersihkannya. Yang perlu Anda pertimbangkan jika menggunakan metode ini adalah tentang sensitivitas mulut dan gigi Anda terhadap kulit jeruk ini karena jeruk termasuk buah yang banyak mengandung vitamin C.

5. Konsumsi air secukupnya
Ada banyak manfaat dari air ini, salah satunya adalah memutihkan gigi. Air bisa membantu menetralkan gigi kembali setelah mengkonsumsi minuman berwarna dan makanan yang bisa merusak gigi. Sedikitnya konsumsi air adalah 1 liter atau 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

6. Lemon
Buah lemon telah diketahui memiliki manfaat kesehatan yang baik. Itu karena kandungan vitamin C pada buah ini sangat tinggi sehingga baik untuk pencegahan penyakit. Selain itu, buah lemon juga memiliki kadar asam sitrat yang cukup tinggi. Asam ini bisa digunakan sebagai pemutih gigi alami.

Bagi Anda yang ingin menggunakan lemon sebagai penggosok gigi alami, Anda bisa memotong potongan kecil 1 lemon. Gosok potongan lemon ke semua bagian gigi hingga merata. Tunggu beberapa saat lalu sikat gigi untuk membersihkan jenazah. Lakukan ini sampai gigi Anda putih dan bersih kembali.

7. Pasta minyak kelapa
Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk memutihkan gigi secara alami adalah dengan menggunakan pasta minyak kelapa. Bahan yang harus disiapkan adalah:


  • 3 sendok makan minyak kelapa
  • 3 sendok makan baking soda
  • 1 sachet stevi
  • 25 tetes peppermint esentian oil.

Cara membuat cukup, dengan terlebih dahulu mencampur minyak kelapa dan baking soda yang telah Anda siapkan. Setelah semua bahan dicampur dengan baik, tambahkan minyak zaitun stevi dan peppermint ke dalamnya. Campur bahan untuk membentuk pasta. Gunakan pasta minyak kelapa ini untuk memutihkan gigi Anda.

Berbagai cara memutihkan gigi secara alami diatas bisa Anda coba sesuai dengan bahan yang tersedia disekitar Anda. Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitarnya, maka akan membuat kita rajin mencipta dan menggunakannya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://ihealthfull.com/2017/09/28/how-to-teeth-whitening-naturally/