Cara Memaksimalkan penggunaan RAM pada Laptop dan Komputer

AsalasahMenambahkan lebih banyak RAM ke komputer tidak selalu menghasilkan peningkatan kinerja, yang berarti Anda mungkin harus memanfaatkan yang terbaik dari yang Anda miliki. Komputer yang memiliki RAM kecil cenderung berjalan lancar, faktanya komputer sering tidak menyimpan konten ketika menjalan menggunakan program. Pengelolaan memori yang tepat dapat membantu memperbaiki kinerja sistem Anda dan memaksimalkan memori yang tersedia untuk komputer Anda.



Tutup Program yang Tidak Perlu
Setiap program berjalan mengkonsumsi memori komputer meski diminimalkan dan tidak digunakan. Microsoft menganjurkan untuk menutup semua program yang tidak perlu dibuka untuk meningkatkan kinerja RAM sistem dan CPU. Anda bisa melakukan hal-hal ini seperti hanya menggunakan satu browser Web saja; jika sebuah program membuka jendela baru di Internet Explorer dan Anda menggunakan Firefox, buka situs web yang sama di Firefox, lalu tutup IE. Juga jangan tinggalkan software editing seperti Photoshop atau Premiere terbuka setelah Anda selesai mengerjakan sebuah proyek.

Setel Memori Virtual
Komputer menggunakan memori virtual untuk menyimpan tidak aktif, membuka program untuk membebaskan RAM untuk program lain. Memori virtual mensimulasikan RAM dengan memperpanjang memori sistem ke file cache hard drive. Sementara memori virtual memperluas memori maksimum yang tersedia, bagaimanapun, ini jauh lebih lambat dari RAM sebenarnya dan tidak meningkatkan kinerja untuk program aktif. Windows menangani memori virtual sendiri secara default, namun Anda dapat meningkatkan jumlah memori virtual yang digunakan sistem dengan mencari "sistem tingkat lanjut" di bar Mantra, memilih "Lihat pengaturan sistem lanjutan," membuka tab "Lanjutan", memilih " Setelan ... "di bawah" Kinerja ", klik tab" Lanjutan ", lalu pilih" Ubah ... "di bawah" Memori Virtual ". Menu Virtual Memory memungkinkan Anda menentukan ukuran file cache.

Gunakan Menu Msconfig
Konfigurasi Sistem Microsoft, atau Msconfig, daftar utilitas dan matikan layanan latar belakang komputer. Untuk menjalankan utilitas, tekan "Windows -R," ketik "msconfig" (tanpa tanda petik), lalu tekan "Enter." Klik tab "Service" untuk menampilkan daftar semua layanan latar belakang yang berjalan pada sistem. Pergi melalui daftar dan matikan layanan yang dapat Anda identifikasi sebagai tidak penting - namun pastikan untuk menyimpan layanan jika Anda tidak tahu apa yang mereka lakukan, karena menonaktifkan layanan penting dapat menyebabkan beberapa program atau fitur berhenti bekerja. Reboot komputer agar perubahannya diterapkan.

Kelola Tugas Startup
Program dapat memuat data preload Windows saat boot untuk mengurangi waktu muat saat Anda meluncurkannya. Namun, program preloaded dapat mengkonsumsi sebagian besar RAM sistem Anda, sehingga menonaktifkan program startup yang tidak perlu dapat membantu memaksimalkan penggunaan memori. Untuk mengaktifkan program, klik kanan pada Taskbar dan pilih "Task Manager" dari menu konteks, dan kemudian buka tab "Startup". Task Manager daftar semua program yang sistem beban ketika pertama kali menyala; nonaktifkan program dari mulai saat boot dengan memilih program pada daftar, lalu klik tombol "Disable". Anda dapat menonaktifkan program apapun kecuali perangkat lunak keamanan tanpa efek buruk.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://smallbusiness.chron.com/maximizing-ram-usage-79144.html